Image default
Bisnis

7 Cara Mudah dan Sukses Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Mendapat keuntungan, tentunya adalah tujuan yang ingin dicapai para pengusaha atau pelaku bisnis. Untuk membuat tujuan ini dapat tercapai, maka Anda harus punya strategi yang dapat membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda. Bagaimanakah strategi marketing bisnis untuk menaikkan penjualan bisnis? Ini dia cara mudah dan sukses yang bisa Anda lakukan:

Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis

1. Memprioritaskan kualitas produk yang Anda jual

Perhatikan Kualitas saat ingin Meningkatkan Penjualan Bisnis

Kualitas dari produk yang Anda jual adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan agar penjualan dapat meningkat. Kualitas produk ini akan berkaitan dengan kepuasan pelanggan, yang akhirnya mereka bisa saja melakukan pembelian ulang ataupun merekomendasikan produk Anda pada orang lain. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan promosi gratis, yang akhirnya penjualan Anda pun akan meningkat.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Strategis, Tujuan, Tahapan dan Manfaat Dalam Bisnis

2. Meningkatkan kekuatan brand Anda

Tingkatkan Kekuatan Brand

Kebanyakan pelanggan akan lebih suka membeli produk yang sudah dikenal, karena produk tersebut dirasa lebih terpercaya. Ini adalah salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan bila Anda memperkuat brand yang Anda miliki.

Sekalipun harga yang Anda tawarkan lebih murah dibanding kompetitor, namun bila brand Anda tidak kuat dan pelanggan belum menaruh kepercayaan pada brand Anda, maka penjualan pun tidak akan meningkat.

Yang bisa Anda lakukan di awal adalah membangun brand awareness audiens. Buat masyarakat mengenal produk Anda, dan buat audiens menaruh percaya pada brand Anda, misalnya dengan membangun ‘kedekatan’ di media sosial. Selain membangun kesadaran merek atau brand awareness, Anda juga harus pastikan kalau Anda memberikan pelayanan dan kualitas yang terbaik. Dengan begini Anda akan memiliki nilai lebih dibanding kompetitor.

3. Memperluas target

Perluas Target Penjualan agar meningkat

Semakin luas target bisnis Anda, maka semakin tinggi juga potensi Anda untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Anda dapat melebarkan target bisnis Anda dengan mencari target pasar baru. Yang terpenting, awali car aini dengan melakukan riset pasar seperti produk yang dibutuhkan atau diinginkan konsumen, harga yang sesuai dan juga kenali persaingan yang ada. Bila riset yang Anda lakukan tepat, maka meningkatkan keuntungan pun bukan hal yang mustahil.

Anda juga dapat memeperluas platform penjualan Anda, sehingga akan lebih banyak orang yang tau tentang bisnis Anda. Misalnya seperti melakukan penjualan secara online. Cara ini efektif untuk menjangkau calon pelanggan sekalipun mereka berada jauh dari toko Anda. Apalagi, kebanyakan orang sekarang ini lebih memilih untuk melakukan pembelian secara online, sehingga tentunya dengan memperluas platform penjualan, Anda pun bisa merasakan keuntungannya.

4. Memberi promo

Jangan Lupa Memberikan Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Bisa dibilang, mungkin tidak ada orang yang tidak menyukai promo atau diskon. Adanya promo atau diskon pun akan menambah keantusiasan pelanggan pada produk bisnis Anda. Ini adalah salah satu strategi yang tepat untuk Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan.

Anda juga dapat memberikan promo dengan batas waktu tertentu. Cara ini dapat mendorong pelanggan untuk cepat melakukan action, yaitu melakukan pembelian.

5. Meninjau ulang harga yang Anda tawarkan

Tinjau Ulang Harga

Tidak ada salahnya untuk melakukan peninjauan kembali perihal harga produk dari bisnis Anda. Lakukan riset atau survey pada masyarakat yang berkaitan dengan produk dan harga dari produk Anda. Bila harga yang Anda tawarkan terlalu murah, Anda bisa menaikkan harga dan memberikan edukasi tentang manfaat dan nilai lebih dari produk Anda.

6. Menjaga kesetiaan pelanggan

Terus Menjaga Kesetiaan pelanggan

Bila bisnis yang Anda jalani adalah bisnis retail, mendapatkan alamat email ataupun informasi kontak pelanggan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Cara ini terbilang efektif dalam meningkatkan penjualan bisnis. Dengan memiliki email dan kontak pelanggan, Anda dapat memberi informasi terkait program-program menarik ataupun promo dan diskon dari bisnis Anda.

Jika Anda memiliki bisnis dengan sistem business-to-business, usahakan untuk menyimpan kontan rekan bisnis Anda agar Anda bisa dengan mudah untuk follow up lanjutan.

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan juga rekan bisnis Anda membuat bisnis Anda lebih berkembang, karena mereka bisa saja memberikan masukan tentang bisnis Anda.

Baca Juga: 10 Motivasi Bisnis Untuk Diterapkan Dalam Kehidupan

7. Beriklan

Memasang Iklan Bisa Meningkatkan Penjualan Bisnis

Jika Anda punya budget lebih, maka Anda bisa melakukan budgeting untuk iklan. Dengan beriklan, bisnis Anda bisa lebih dikenal dan diketahui banyak orang. Agar iklan yang Anda buat ini bisa efektif, cobalah menggunakan kata-kata serta tampilan visual yang menarik, dan tentunya tetap relevan dengan bisnis Anda.

Beberapa cara meningkatkan penjualan bisnis di atas dapat Anda lakukan agar Anda bisa mencapai tujuan bisnis Anda yaitu mendapatkan keuntungan.


Agar bisnis Anda dikenal luas dengan cepat, bikin website sekarang dengan jasa pembuatan website dan dapatkan harga spesial khusus hari ini

Related posts

Strategi Promosi yang Ampuh untuk Kembangkan Bisnis

Risma Mualifa

Memahami Strategi Distribusi Dalam Bisnis

7 Aspek Kelayakan Bisnis, Pebisnis Wajib Tahu!

Rostina Alimuddin