Image default
Bisnis

Ini Dia Penjelasan Pentingnya Komunikasi Bisnis. Wajib Tau!

Untuk membuat bisnis berjalan dengan baik, maka sistem komunikasi bisnis haruslah jadi hal yang diperhatikan dengan baik. Komunikasi yang jelas, yang diterapkan di perusahaan, antara karyawan, manajer, pimpinan bisnis pada pelanggan bisnis adalah hal yang penting. Bila tidak dilakukan dengan benar, ini malah bisa mengganggu jalannya bisnis, bahkan menurunnya penjualan.

Baca Juga: Manfaat Kerjasama Dalam Dunia Bisnis yang Perlu Kalian Tahu

Apa Itu Komunikasi Bisnis?

Komunikasi bisnis adalah sesuatu yang penting dalam menentukan kelancaran berjalannya suatu bisnis. Ini merupakan tindakan, yang memungkinkan terjadinya pertukaran pendapat, informasi, instruksi, yang bisa disampaikan dengan beraga, cara.

Tujuan

Ada beberapa tujuan dari komunikasi dalam sebuah bisnis, yaitu:

  • Memberi informasi yang berkaitan dengan bisnis pada pihak lain. Ini bisa dilakukan dengan berupa email, iklan ataupun website perusahaan.
  • Melakukan persuasi atau memberi pengaruh pada pihak lain. Jadi, komunikasi ini dilakukan untuk memengaruhi ataupun meyakinkan pihak lain agar punya paham yang sama ataupun setuju dengan apa yang diinginkan perusahaan.
  • Kerjasama yang baik dengan pihak lain. Kerjasama umumnya dilakukan untuk pengembangan perusahaan dan juga meningkatkan penjualan. Nah, komunikasi yang biasa dilakukan bisa dengan email, video call dan internet.
  • Mengintegrasi seluruh informasi menjadi satu. Bukan tidak mungkin adanya miss komunikasi antar masing-masing pihak, karena komunikasi yang tidak lancar. Nah, untuk itu, komunikasi ini dilakukan untuk mengintegrasi komunikasi tersebut menjadi satu, sehingga masing-masing pihak mendapatkan informasi yang jelas dan lebih dimengerti.

Jenis-Jenis

Komunikasi dalam bisnis memiliki beberapa jenis yang harus diketahui untuk dapat menerapkannya dengan baik, yaitu:

  • Komunikasi verbal. Jenis komunikasi yang dilakukan dengan bahasa verbal untuk menyampaikan informasi secara langsung, ataupun lewat telepon atau video call. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam komunikasi verbal adalah nada bicara dan cara penyampaian. Jenis komunikasi ini biasanya dilakukan untuk berdiskusi mengenai suatu ide, mengungkapkan pendapat, memberi perintah ataupun membujuk lawan bicara.
  • Komunikasi non-verbal. Penggunaan bahasa tubuh atau gestur, kontak mata dan postur ketika berkomunikasi adalah jenis komunikasi non-verbal yang wajib diperhatikan.
  • Komunikasi tertulis. Ini merupakan salah satu jenis komunikasi yang banyak dipakai dalam perusahaan untuk menyampaikan informasi. Jenis komunikasi ini bisa berupa surat fisik ataupun surat elektronik. Bahasa, pembaca surat, tingkat formalitas, dan juga gaya penulisan yang digunakan dalam jenis komunikasi ini pun harus diperhatikan.

Alasan Pentingnya Komunikasi Untuk Keberhasilan Bisnis

Komunikasi yang baik dalam sebuah bisnis adalah salah satu kunci keberhasilan bisnis. Nah, inilah beberapa alasan kenapa komunikasi dalam bisnis ini penting.

1. Meningkatkan keterlibatan karyawan

Dalam sebuah bisnis, komunikasi internal ke atas adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Seperti tim yang saling mendukung, melatih dan juga mengingatkan para pemimpin dalam berkomunikasi. Ini pun berkaitan dengan peningkatan keterlibatan karyawan.

2. Menghilangkan komunikasi yang tidak perlu

Email, dalam sebuah bisnis umumnya dipakai untuk beragam hal, mulai dari permintaan komunikasi, memberi feedback karyawan, laporan pekerjaan, memberikan tugas, komunikasi antara pelanggan dan supplier, mengundang meeting dan lainnya. Nah, komunikasi dalam bisnis ini akan mengurangi jumlah kelebihan email yang keluar dan masuk pada pihak lain, yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Baca Juga: 12 Peluang Bisnis Menjanjikan di 2021 untuk Semua Kalangan

3. Menghilangkan silo komunikasi

Silo komunikasi adalah keadaan di mana sebuah tim berbagi tugas umum, namun berdasarkan kekuasaan dan status dari kelompok mereka. Jadi mereka tidak mau berbagi sumber daya, ide ataupun masalah dari tim atau departemen lain. Padahal, berbagi sumber daya, ide ataupun masalah dengan yang lain, malah bisa meningkatkan kinerja, lho.

4. Meningkatkan produktivitas

Komunikasi bisnis internal yang terbilang efektif, sebenarnya berkaitan dengan kinerja pekerjaan seorang karyawan. Saat mereka menerima informasi yang berlebihan, mereka malah menghabiskan banyak waktu untuk mencari konten yang mereka butuhkan untuk pekerjaan mereka. Ini membuat produktivitas berkurang.

5. Meningkatkan komunikasi antar bagian atau departemen

Komunikasi antar departemen akan sangat sulit dijaga, bila strategi komunikasi yang dilakukan tidak tepat. Itulah, diperlukan komunikasi yang baik.

6. Berbagi pengetahuan

Komunikasi internal yang baik akan meningkatkan upaya untuk berbagi pengetahuan dalam sebuah bisnis. Ini diperlukan agar karyawan dapat terus tumbuh dengan mempelajari hal-hal baru.

7. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Kepuasaan pelanggan tentu berhubungan langsung dengan peningkatan pendapatan sebuah bisnis. Dengan komunikasi yang baik, tentunya kepuasan pelanggan pun akan jadi lebih baik.

8. Membangun budaya bisnis yang baik

Strategi komunikasi yang baik akan membangun sebuah budaya dan juga lingkungan tempat kerja yang juga jadi lebih baik. Perusahaan yang komunikasinya lebih transparan pun akan menghasilkan atmosfer kerja yang sehat, serta kepuasaan karyawan.

Itulah dia beberapa hal tentang komunikasi bisnis yang harus diketahui para pemilik perusahaan atau pengusaha. Pastikan bahwa komunikasi yang dilakukan sudah baik, agar bisnispun dapat berjalan dengan lancar.

Related posts

7 Alasan Pentingnya Menerapkan Manajemen Bisnis dalam Menjalankan Usaha

Risma Mualifa

8 Bisnis Anak Muda Paling Populer dengan Hasil Menjanjikan

Risma Mualifa

Strategi Promosi yang Ampuh untuk Kembangkan Bisnis

Risma Mualifa

Leave a Comment