Image default
Work Life

Cara Terbaik Meningkatkan Produktivitas Saat Bekerja Jarak Jauh

Saat ini trend pekerjaan jarak jauh menarik dalam banyak hal, masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi. Dua tantangan terbesar adalah menjaga keseimbangan kehidupan kerja dan tetap produktif. Anda mungkin merasa selalu bekerja karena tidak ada pemisahan fisik antara pekerjaan dan rumah.

Selain itu lebih banyak gangguan di rumah yang dapat menyebabkan penurunan produktivitas. Tetapi dengan sedikit usaha, Anda dapat menciptakan keseimbangan kehidupan kerja yang sesuai untuk Anda.

Apakah Anda seorang veteran jarak jauh yang berpengalaman (seperti saya) atau baru dalam transisi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang tepat. Ada juga beberapa strategi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja dari rumah.

Cara meningkatkan produktivitas

Kiat untuk menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang tepat saat bekerja dari jarak jauh yaitu

1. Menetapkan Beberapa Batasan

Langkah pertama adalah menetapkan beberapa batasan dan tentukan jam berapa Anda akan tersedia untuk bekerja, dan patuhi itu.

Ini mungkin berarti mematikan notifikasi ponsel Anda atau menyetel waktu tertentu untuk check-in dengan tim Anda. Penting juga untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri di luar pekerjaan. Jadwalkan istirahat teratur sepanjang hari dan luangkan waktu untuk aktivitas yang Anda nikmati di luar pekerjaan.

2. Komunikasi

Kunci lain untuk keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik saat bekerja dari rumah adalah komunikasi. Pastikan tim Anda mengetahui ketersediaan Anda dan kapan Anda dapat berbicara. Dengan menetapkan batasan ini dan berkomunikasi dengan tim Anda, Anda akan dapat bekerja dari mana pun yang paling nyaman bagi Anda. Dan disinilah Anda bisa mulai

Inilah tips tepat agar terus bisa produktif bekerja WFH atau dari jarak jauh

Bekerja dari jarak jauh bisa menjadi cara yang bagus untuk memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam jadwal kerja Anda, tetapi juga bisa sulit untuk tetap produktif saat Anda tidak di kantor. Berikut adalah beberapa tips untuk tetap di jalur saat bekerja dari rumah:

1. Buat jadwal dan patuhi itu

Saat Anda bekerja dari rumah, mudah untuk membiarkan diri Anda terganggu oleh tugas-tugas rumah tangga atau hal-hal lain yang perlu dilakukan. Tetapi jika Anda ingin menjadi produktif, penting untuk menyisihkan jam tertentu untuk bekerja dan menaatinya.

2. Temukan tempat yang tenang untuk bekerja

Mungkin tergoda untuk bekerja dari tempat tidur atau sofa, tetapi jika Anda ingin menjadi produktif, Anda memerlukan ruang kerja khusus di mana Anda dapat fokus pada tugas Anda tanpa gangguan.

3. Beristirahatlah

Studi menunjukkan bahwa istirahat sejenak sepanjang hari dapat membantu Anda menjadi lebih produktif. Jika Anda terjebak dalam kebiasaan atau tidak menyelesaikan banyak hal, coba bagi pekerjaan Anda menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.

4. Ubah lingkungan kerja Anda

Jika Anda mendapati diri Anda semakin terganggu oleh ruang kerja Anda, cobalah untuk mengubahnya dan mencari lokasi lain. Jika Anda terjebak pada sebuah proyek di rumah, pertimbangkan untuk bekerja di garasi atau bahkan di luar.

5. Jangan multitask

Multitasking bisa menjadi hal yang baik, tetapi ketika Anda mencoba mengerjakan sesuatu yang penting, lebih baik jangan beralih tugas saat jari Anda berada di keyboard. Sebuah studi dari National University of Singapore menemukan bahwa multitasking sebenarnya merugikan kinerja Anda.

6. Hindari gangguan

Hindari TV, hindari media sosial, senyapkan notifikasi yang tidak penting, dan patuhi jadwal yang Anda buat. Sehingga Anda tetap bisa mencapai target pekerjaan Anda secara maksimal dan bisa tetap fokus.

Kesimpulan

Anda akan menemukan pekerjaan jarak jauh menantang dan bermanfaat. Dibutuhkan sedikit waktu untuk membiasakan diri walaupun begitu jika Anda berkomitmen, maka Anda akan baik-baik saja. Ingatlah bahwa bekerja dari jarak jauh bukan hanya hak istimewa tetapi itu sebenarnya adalah tanggung jawab yang luar biasa bagi siapa saja yang diberi peran dari jarak jauh.

Jika Anda tetap setia pada keyakinan, nilai, dan tujuan Anda, pekerjaan jarak jauh akan membantu meningkatkan kehidupan Anda baik secara pribadi maupun profesional. Yang paling penting tetap konsisten dan patuhi.


Agar bisnis Anda dikenal luas dengan cepat, bikin website sekarang dengan jasa pembuatan website dan dapatkan harga spesial khusus hari ini

Related posts

Pahami Apa Itu Budaya Hustle Culture dan Dampaknya

Linda Arista

3 Tips Memisahkan Kehidupan Kerja dari Kehidupan Personal

Arif Darmaji

4 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Eropa