Image default
Bisnis

Pengertian Manajemen Strategis, Tujuan, Tahapan dan Manfaat Dalam Bisnis

Agar bisnis dapat berkembang dan berjalan dengan baik di tengah persaingan yang kian ketat, diperlukan manajemen strategis sehingga tujuan bisnis dapat tercapai. Karena itulah, para pebisnis seharusnya paham mengenai pengertian manajemen strategis, dan hal penting lain yang berkaitan dengan manajemen strategis, seperti tujuan, tahapannya serta manfaatnya.

Manajemen Strategi Pada Bisnis

Pengertian Manajemen Strategis

Arti manajemen strategis menurut buku Manajemen Strategis dari Retina Sri Sedjati yaitu didefinisikan dari arti kata manajemen dan strategis. Manajemen berarti kegiatan yang berkaitan dengan usaha planning, organizing, staffing, coordinating, dan juga controlling pekerjaan orang lain untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan kata strategi diambil dari kata ‘stratogos’ yang berarti ilmu para jenderal dalam memenangkan pertempuran dengan sumber daya yang terbatas.

Kemudian diartikan bahwa manajemen strategis adalah proses ataupun rangkaian aktivitas pengambilan keputusan yang berisfat mendasar dan menyeluruh, seperti cara pelaksanaannya untuk mencapai sebuah tujuan bersama.

Sedangkan dari buku Strategic Management yang merupakan karya Nicholas S. Majluk dan Arnoldo C. Hax, manajemen strategis punya arti sebagai cara memandu perusahaan untuk mencapai sasaran-sasaran yang ditentukan, mulai dari nilai dan juga tanggung jawab perusahaan, kapabilitas manajerial, sampai sistem administrasi yang terkait pengambilan keputusan strategis dan juga operasional di berbagai tingkat hierarki.

Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa manajemen strategis adalah seluruh rangkaian keputusan dan tindakan yang mendasar yang berasal dari manajemen tertinggi, yang diaplikasikan oleh seluruh anggota organisasi, bisnis atau perusahaan demi terwujudnya tujuan dari organisasi, bisnis ataupun perusahaan tersebut.

Baca Juga: Memahami Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Pengertian Manajemen Strategis

Tujuan Manajemen Strategis

Ada beberapa tujuan dari manajemen strategis, yaitu:

  • Memberi arah jangka panjang yang akan dicapai perusahaan
  • Membantu perusahaan untuk beradaptasi pada perubahan
  • Menjaga kepentingan berbagai pihak agar tidak ada yang dirugikan dalam pengambilan keputusan
  • Meninjau ulang kelebihan dan juga kelemahan serta mencari peluang dan juga ancaman bisnis
  • Membuat strategi baru guna menyesuaikan dengan perkembangan lingkungan
  • Membuat kinerja perusahaan agar lebih efektif

Tujuan Manajemen

Tahapan Manajemen Strategis

Berikut adalah tahapan dalam penerapan manajemen strategis di dalam sebuah bisnis:

1. Tahap formulasi

Dalam tahapan pertama ini dilakukan pembuatan misi dan perumusan strategi, menentukan kekuatan serta kelemahan internal, identifikasi peluang serta tantangan eksternal dan juga merumuskan tujuan jangka panjang, strategi alternatif dan strategi khusus dalam mencapai tujuan tersebut.

2. Tahap implementasi

Di tahapan ini perusahaan akan melakukan implementasi strategi yang sudah dibuat sebelumnya. Perusahaan juga akan membuat sasaran tahunan, memotivasi pegawai, membuat kebijakan, alokasi sumber daya, pengarahan pemasaran, menciptakan struktur perusahaan yang lebih efektif dan juga mengembangkan budaya yang dapat sejalan dengan strategi perusahaan.

3. Tahap evaluasi

Seperti namanya, di tahapan ini, perusahaan akan mengevaluasi strategi yang sudah dibuat dan diimplementasikan. Ini mencakup segala penilaian dan pemerolehan informasi, dengan tujuan untuk mengetahui faktor internal serta eksternal perusahaan, sehingga perusahaan dapat beradaptasi dengan baik pada hal-hal tersebut. Juga mencakup pengukuran kinerja dan menentukan langkah perbaikan.

Evaluasi Manajemen pada Bisnis

Baca Juga: Pengertian Marketing Manajemen, Fungsi dan Tujuannya

Manfaat Manajemen Strategis Dalam Bisnis

Setelah mengetahui tentang pengertian manajemen strategis beserta tujuan dan tahapan yang dilalui, Anda juga harus paham pentingnya manfaat manajemen strategis untuk bisnis Anda.

  • Proses yang dilakukan dalam manajemen strategis akan menghasilkan keputusan yang paling baik bagi organisasi atau perusahaan.
  • Perumusan strategi dapat membantu meningkatkan kemampuan organisasi atau perusahaan dalam menghadapi tantangan yang mungkin akan terjadi.
  • Implementasi manajemen strategis akan membuat perusahaan pun jadi lebih peka pada ancaman eksternal.
  • Membantu mencegah masalah yang asalnya dari internal ataupun eksternal.
  • Proses operasional perusahaan akan lebih efektif dan juga efisien.
  • Membantu perusahaan untuk dapat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.
  • Penerapan manajemen strategis juga akan membuat keuntungan atau profit yang maksimal untuk perusahaan.
  • Mengurangi risiko yang mungkin bisa terjadi
  • Meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan
  • Memiliki fokus tujuan yang lebih jelas

Dari beberapa hal yang sudah disebutkan sebelumnya, mulai dari pengertian manajemen strategis, tujuan, tahapan dan juga manfaatnya, dapat dikatakan bahwa proses ini adalah suatu hal yang penting dalam sebuah bisnis. Itulah mengapa, pebisnis harus paham mengenai hal ini, agar bisnisnya dapat berjalan dengan baik.


Agar bisnis Anda dikenal luas dengan cepat, bikin website sekarang dengan jasa pembuatan website dan dapatkan harga spesial khusus hari ini

Related posts

Memahami Strategi Distribusi Dalam Bisnis

Cara Mendapatkan dan Menumbuhkan Pelanggan Modern Untuk Bisnis

Arif Darmaji

Pengertian, Ciri, Tujuan, Serta Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Liberal