Image default
Profesi

Berkenalan dengan Profesi Personal Assistant, Jenis, Tugas dan Skill yang Diperlukan

Profesi personal assistant (PA) atau yang juga dikenal sebagai asisten pribadi, seringkali dianggap menjadi orang kepercayaan yang mengurus seluruh kebutuhan atasannya, baik kebutuhan yang berkaitan dengan pekerjaan ataupun kehidupan pribadi atasan mereka.

Melansir laman Indeed, asisten pribadi ini punya bagian penting pada posisi eksekutif ataupun pekerjaan profesional yang lainnya. tugas utama dari seorang asisten pribadi adalah memastikan jadwal, pengorganisasian serta perencanaan dengan tepat. Mereka pun bertanggung jawab dengan beragam tugas administratif yang mana mendukung perusahaan ataupun individu, dan juga bekerja di lingkungan bisnis ataupun jarak jauh.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, asisten pribadi juga punya tanggung jawab pada tugas pribadi, di mana ini mendukung orang tertentu. Nah, untuk lebih mengenal profesi personal assistant, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diketahui.

Baca Juga: Mengintip Gaji Digital Marketing dan Tugas-tugasnya

Jenis Profesi Personal Assistant

Jenis Profesi Personal Assistant

Seorang PA bisa bekerja di bidang apapun, menyesuaikan industri dari atasannya. Personal Assistant pun memiliki beberapa jeni berdasar praktik serta tempat mereka bekerja, yaitu:

  • Private Personal Assistant; mereka yang bekerja sebagai private personal assistant ini berarti bekerja kepada seseorang untuk mengurus kehidupan pribadi orang tersebut. Seperti menyusun kegiatan harian, jadwal pertemuan dengan rekan kerja ataupun mengurus acara keluarga. Jenis PA ini bisa saja dibutuhkan oleh beragam kalangan, misalnya pejabat, manajer perusahaan dan lainnya.
  • Personal Assistant Eksekutif; PA ini bekerja dengan orang yang punya jabatan pada bisnis tertentu, seperti direktur, CEO dan lainnya. Untuk menjadi seorang PA Eksekutif ini, dibutuhkan pengalaman serta wawasan yang baik tentang bidang bisnis yang digeluti oleh atasan. PA juga harus tau tentang orang-orang penting yang memiliki jabatan di perusahaan ataupun instansi.
  • Personal Assistant Public Figure; seperti namanya, mereka adalah seorang PA bagi para public figure, baik itu artis, influencer dan lainnya. Seorang PA public figure akan dituntut untuk terus menemani atasan kemanapun dan kapanpun. Bahkan bisa saja Anda akan bekerja 24 jam dan menemani artis tersebut untuk bekerja ke luar kota ataupun luar negeri. Untuk menjadi PA public figure, Anda harus punya kemampuan berkomunikasi yang baik.

Tugas Profesi Personal Assistant

Ada beberapa tugas dari personal assistant, yang berkaitan dengan kehidupan profesional ataupun pribadi dari atasannya, yaitu:

  • Menjadi perantara komunikasi atasan dengan klien, partner ataupun orang lainnya.
  • Mengatur jadwal agar dapat berjalan dengan baik, termasuk mengatur pertemuan dan perjalanan.
  • Mengarsipkan serta mengorganisir dokumen.
  • Membuat notulen rapat.
  • Menyiapkan kebutuhan untuk perjalanan ataupun dinas.
  • Mengingatkan atasan bila ada jadwal pertemuan atau perjalanan, tugas yang penting dan tenggat waktu.

Skill yang Diperlukan Untuk Profesi Personal Assistant

Skill yang Diperlukan Untuk Profesi Personal Assistant

Karena PA adalah orang kepercayaan yang biasanya mengurusi banyak hal, baik persoalan kerjaan ataupun pribadi, maka ada beberapa skill yang wajib dimiliki, yaitu:

  1. Kemampuan berkomunikasi yang baik

Seorang PA akan jadi kontak pertama dan perantara komunikasi dari atasan dengan klien, partner bisnis, dan lainnya. Karena itulah, skill komunikasi yang baik adalah hal yang wajib dimiliki, baik berkomunikasi secara verbal ataupun tulisan.

  1. Time management yang baik

Tugas seorang PA adalah menyusun segala jadwal dari atasan, maka Anda harus punya time management yang baik. Anda juga harus paham mengenai kegiatan mana yang harus jadi prioritas, dan membuat seluruh kegiatan tidak bentrok. Kemampuan ini akan membantu atasan Anda untuk bisa bekerja dengan teratur dan juga efisien.

  1. Teliti

Tingkat ketelitian yang tinggi adalah syarat wajib bagi para personal assistant. ketelitian ini akan berkaitan dengan banyak hal, misalnya ketika membuat jadwal kegiatan agar tidak bentrok, memastikan seluruh pekerjaan diselesaikan dengan baik dan sesuai deadline, dan lainnya.

  1. Dapat menjaga rahasia

Sebagai orang kepercayaan dari orang-orang penting, apapun bidangnya, Anda akan seringkali dihadapkan pada hal-hal sensitive, seperti rahasia perusahaan, informasi yang sifatnya pribadi dan lainnya. Karena itulah, Anda diharapkan dapat menjaga seluruh rahasia yang ada, bersikap bijaksana dan bereaksi dengan tenang.

Baca Juga: Jenis Pengangguran di Indonesia, Kamu yang Mana?

Beberapa hal tentang profesi personal assistant di atas, menunjukkan bahwa pekerjaan ini terbilang bukanlah hal yang mudah dan sederhana seperti yang biasa diketahui. Apalagi Anda akan jadi orang kepercayaan dari orang-orang penting, seperti pejabat, pemimpin perusahaan, artis dan lainnya.


Agar bisnis Anda dikenal luas dengan cepat, bikin website sekarang dengan jasa pembuatan website dan dapatkan harga spesial khusus hari ini

Related posts

Gaya Kepemimpinan Transformasional: Pengertian, Karakteristik, dan Tips-tipsnya

Peraturan Lembur Depnaker Terbaru yang Wajib Kamu Tahu!

Rostina Alimuddin

Pengertian Pemutusan Hubungan Kerja adalah Sebagai Berikut

Risma Mualifa