Image default
Insight

Apa itu Produktivitas dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

Produktivitas adalah faktor yang mempengaruhi seseorang mampu bersaing dalam sebuah sistem yang mendorong mereka untuk bisa lebih unggul dibandingkan yang lain. Dengan produktivitas, seseorang akan lebih mampu menggali potensi di dalam dirinya. Lalu apa itu produktivitas dan bagaimana pengaruhnya?

Dapat dikatakan bahwa produktivitas merupakan kemampuan setiap individu, sistem hingga sebuah perusahaan dalam menghasilkan barang dan jasa. Dalam meningkatkan produktivitas ini, kehadiran SDM menjadi salah satu elemen penting yang harus diterima.

Apa itu Produktivitas?

Secara bahasa, kata produktivitas adalah kata serapan yang diserap dari bahasa Inggris yaitu kata productivity. Productivity sendiri adalah gabungan dari dua kata yaitu product dan juga activity. Jika didefiniskan, productivity merupakan bentuk kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan produk ataupun jasa.

Baca Juga: 6 Pekerjaan yang Akan Hilang di Masa Depan

Secara umum, produktivitas bisa diartikan sebagai sebuah kemampuan setiap individu, sistem ataupun perusahaan dalam menghasilkan apa yang mereka inginkan dengan menggunakan sumber daya secara efektif serta efisien.

Apa Saja Definisi Produktivitas Menurut Pakar

Apa itu produktivitas
https://www.kantorkita.co.id/blog/tips-meningkatkan-produktivitas-kerja-karyawan/

Para pakar juga memiliki definisi tersendiri terkait pengertian produktivitas. Apa saja? Berikut ulasannya untuk Anda.

Eddie Heljanto

Menurut Eddy Herjanto, produktivitas ialah nilai yang menunjukkan tentang bagaimana sebaiknya mengelolah dan menggunakan sumber daya dalam mencapai sesuatu secara optimal.

Kan H. Chen, Thomas W. Lin, Blocher Edward J

Chen, Lin dan Blocher menyebutkan bahwa produktivitas merupakan hubungan yang tekait antara hasil jumlah output dan jumlah input yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan output.

Husein Umar

Adapun Husein Umar menyampaikan jika definisi dari produktivitas ialah perbandingan antara output yang dicapai dengan penggunaan sumber daya input.

Henny Kuswanti Darianto

Sedangkan Heny Kuswanti Darianto berpendapat bahwa produktivitas merupakan konsep yang mencerminkan hubungan antara hasil dari produk serta sumber daya yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang dibutuhkan.

Muchdarsyah Sinungan

Muchdarsyah Sinungan menjelaskan produktivitas sebagai sebuah hubungan antara hasil nyata produk dengan input yang terjadi.

J. Ravianto

Sedangkan J. Ravianto mendefinisikan produktivitas berdasarkan konsep mengungkapkan hubungan antara hasil kerja dan satuan waktu yang dibutuhkan seorang pekerja untuk menciptakan suatu produk.

Apa saja Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas?

Secara umum, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas pada sebuah perusahaan. Untuk lebih jelasnya, silahkan menyimak beberapa poin penting berikut ini.

Faktor Teknis

Pada faktor teknis ini terdapat beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan. Beberapa di antaranya ialah penentuan lokasi, ukuran pabrik, mesin produksi, tata letak, penggunaan mesin dan peralatan, pengembangan hingga penerapan komputerisasi.

Dapat dikatakan bahwa faktor teknis sangat mempengaruhi tingkat produksi sebuah perusahaan. Tentu saja, penggunaan teknologi terbaru dan terupdate di era industri digital dan teknologi saat ini akan sangat memaksimalkan kinerja produksi perusahaan.

Faktor Produksi

Adapun faktor produksi terkait erat dengan penataan, perencanaan, kualitas bahan baku, pengontrolan produksi serta proses produksi yang berstandar.

Faktor Organisasi

Pada faktor organisasi sendiri terdiri atas beberapa poin penting berupa jenis organisasi yang digunakan, wewenang dan tanggung jawab individu atau departemen, keahlian pekerjaan, pembagian atau distribusi pekerjaan hingga pemahaman organisasi.

Faktor Sumber Daya Manusia (SDM)

Adapun faktor SDM meliputi penempatan posisi, kualitas individu, pelatihan bakat dan pendidikan lanjutan, peluang karir, peluang untuk memberi saran atau pendapat serta kondisi lingkungan kerja.

Faktor Keuangan

Selanjutnya ada pula yang disebut dengan faktor keuangan. Perlu Anda ketahui, kondisi finansial yang baik pada sebuah perusahaan akan mencerminkan kondisi kesehatan yang baik pula dalam perusahaan. Oleh sebab itu, penting bagi suatu perusahaan untuk mengelola keuangannya sebijak dan seefektif mungkin.

Faktor Manajemen

Kemudian, pada bagian manajemen perusahaan, perusahaan wajib memanfaatkan SDM yang ada secara optumal agar biaya produksi yang digunakan pun tidak terlalu berat. Beberapa aspek penting yang mempengaruhi faktor manajemen ialah penggunaan teknologi, lingkungan kerja yang baik, serta motivasi karyawan yang tinggi dalam bekerja.

Baca Juga: Skill yang Harus kamu Pelajari! Apa itu Mind Mapping dan Cara Membuatnya

Faktor Lokasi

Adapun faktor lokasi juga turut dipengaruhi oleh beberapa hal seperti jarak dan lokasi ke sumber bahan baku, jarak ke pasar, sarana dan prasarana, hingga kapasitas SDM itu sendiri.

Faktor Pemerintah

Peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah juga sangat berpengaruh dalam meningkatkan produktivitas perusahaan sebut saja peraturan ketenagakerjaan dan kebijakan fiskal yang tidak terlalu memberatkan perusahaan.

Nah, demikianlah informasi tentang apa itu produktivitas dan seluk-beluk di dalamnya. Semoga informasi di dalam artikel ini dapat membantu Anda untuk memahami lebih jauh lagi tentang pentingnya produktivitas perusahaan.


Agar bisnis Anda dikenal luas dengan cepat, bikin website sekarang dengan jasa pembuatan website dan dapatkan harga spesial khusus hari ini

Related posts

Skill yang Harus kamu Pelajari! Apa itu Mind Mapping dan Cara Membuatnya

Linda Arista

Wah, 5 Perusahaan Ini Sudah Menerapakan Eco Green Lho. Keren!

Laptop Bisnis Terbaik, Cocok Untuk Anda yang Berjiwa Produktif