Image default
Bisnis

10 Motivasi Bisnis Untuk Diterapkan Dalam Kehidupan

Menjalankan apalagi memulai suatu bisnis memang bukanlah hal yang mudah. Kadang ada-ada saja masalah yang membuat kita sulit untuk melangkah lebih maju. Rintangan dan hambatan tentu akan selalu ada dalam setiap proses menuju kesuksesan. Oleh sebab itu, untuk mengimbangi rasa down seperti ini maka Anda juga membutuhkan yang namanya motivasi bisnis.

Motivasi dalam berbisnis yang terus dipegang teguh akan membantu Anda untuk terus semangat mengejar kesuksesan. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah menyerah dan mundur begitu saja saat mengalami kegagalan demi kegagalan.

Jika Anda sedang berada di fase-fase down dalam menjalankan sebuah bisnis, maka cobalah menerapkan beberapa motivasi bisnis berikut ini. Dijamin, Anda akan lebih on fire lagi untuk mewujudkan mimpi Anda!

1. Membangun Visi dan Misi Bisnis

Motivasi bisnis akan muncul ketika kamu memiliki visi misi

Visi dan misi merupakan sebuah pondasi awal yang sangat amat penting bagi sebuah bisnis. Tanpa visi dan misi yang jelas maka Anda bisa kesulitan untuk membawa bisnis tersebut ke arah mana untuk langkah selanjutnya. Cobalah untuk memiliki visi dan misi perusahaan yang tak hanya sekedar mencari untung dan ketenaran saja.

Fokuslah untuk melebarkan dan mengembangkan jejaring bisnis agar bisnis yang Anda miliki tak hanya mendapatkan banyak cuan tetapi juga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Tak hanya itu saja, sebuah bisnis yang baik juga mampu memberikan terobosan sekaligus solusi dari permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

Baca Juga: Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian dan Fungsinya dalam Perusahaan

2. Menjalin Komunikasi dan Interaksi

Menjalin hubungan yang baik dengan rekan bisnis akan membuat koneksi bisnis Anda semakin meluas. Pada dasarnya, kompetitor bisnis tak hanya menjadi pesaing Anda, mereka bahkan bisa menjadi rekan bisnis yang menguntungkan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk menjalin kerja sama dengan pebisnis lainnya. Selain memperluas jaringan bisnis, rekan bisnis tersebut bisa menjadi tempat sharing terbaik untuk saling berbagi pengalaman dalam urusan bisnis. Kisah mereka dalam merintis sebuah bisnis juga bisa Anda jadikan motivasi tersendiri.

3. Ingat Tujuan Awal Anda

Ingat Selalu Tujuan Anda

Motivasi bisnis selanjutnya yang patut Anda ingat saat sedang merasa down ialah dengan selalu mengingat tujuan awal saat memulai bisnis tersebut. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa setiap pelaku bisnis pasti pernah berada dalam keadaan yang terpuruk. Terlebih saat keadaan telah memaksa mereka untuk menyerah dan berhenti saja. Jika Anda berada di fase seperti ini maka ingat-ingatlah kembali alasan Anda membangun bisnis tersebut dari awal. Kembalilah pada prinsip dan tujuan awal Anda saat memulai semuanya.

4. Ikuti Rencana Anda

Tak ada bisnis yang menghasilkan keuntungan secara instan. Semuanya membutuhkan proses yang lama dari yang Anda bayangkan. Oleh sebab itu, saat jenuh dan terus bertanya-tanya tentang kapan Anda akan meraih kesuksesan maka cobalah untuk beristirahat sejenak. Jangan pernah memaksakan hasil besar dalam waktu yang sangat singkat.

Ingat, bisnis yang sukses tidak diukur dari seberapa cepatnya ia berkembang. Bisnis yang dibangun secara perlahan dan sesuai rencana akan lebih baik jika dibandingkan membangun bisnis dengan tujuan mendapatkan keuntungan secara cepat tanpa rencana yang matang. Rencana jangka panjang tetap perlu Anda perhitungkan. Oleh sebab itu, buatlah rencana yang jelas dan lebih terperinci. Jadilah pribadi yang realistis dan tetaplah berjalan sesuai dengan rencana yang telah Anda susun.

Baca Juga: Pengertian Cross Selling dan Up Selling, Contoh dan Perbedaannya

5. Memotivasi Diri Untuk Lebih Berinovasi

Melanjutkan poin dari nomor 4, Anda juga perlu memotivasi diri Anda dalam mengembangkan inovasi-inovasi terbaru yang belum pernah ada sebelumnya. Jika berbicara soal bisnis maka Anda wajib mengikuti selera pasar atau trend yang sedang terjadi saat ini. Jangan pernah lelah untuk belajar dan jangan pernah malu untuk bertanya kepada siapapun.

6. Kerja Keras

Kerja Keras Akan terus mendorong motivasi

Tak hanya persoalan inovatif dan kreatif, dalam menjalankan sebuah bisnis, kerja keras juga tetap diperlukan. Jika Anda memang serius untuk mendapatkan kesuksesan maka Anda tidak akan segang-segang untuk bekerja lebih keras dari biasanya. Usaha yang lebih tentu akan memberikan hasil yang lebih pula. Kerja keras juga akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih siap dalam menerima rintangan dan hambatan apapun di kemudian hari.

7. Menjadi Pribadi Yang Selalu Optimis

Tak hanya para pebisnis pemula, para pelaku usaha yang sudah lama berada di pusaran dunia bisnis pun kerap kali menemukan kesulitan dalam mengembangkan usahanya. Tak jarang ketika menghadapi situasi sulit tersebut kepala Anda akan dikerumuni oleh pertanyaan-pertanyaan hingga pernyataan-pertanyaan pesimis. Di saat-saat seperti ini Anda perlu memotivasi diri Anda untuk menjadi pribadi yang lebih optimis. Tetaplah berpikiran positif dan jauhkan pikiran-pikiran negative yang belum tentu akan terjadi. Teruslah berjalan dan tetap mempercayai bahwa keputusan yang telah Anda ambil bukanlah langkah yang sia-sia.

8. Selalu Berpikiran Terbuka

Selalu berpikiran terbuka

Pribadi yang open minded atau berpikiran terbuka sangat perlu dimiliki oleh para kalangan pebisnis. Jika Anda adalah pebisnis pemula maka belajarlah untuk terbuka dengan berbagai kondisi yang sedang Anda hadapi. Dunia yang terus berkembang tentu akan memberikan banyak perubahan-perubahan pula. Oleh sebab itu, jangan terlalu menutup diri dengan berbagai perubahan yang terus terjadi ini. Menjadi pribadi yang open minded tidak hanya berlaku terhadap perubahan situasi di sekitar kita, Anda juga perlu menjadi pribadi yang terbuka dengan segala kritikan dan komentar dari orang-orang. Setiap komentar ataupun kritikan yang diberikan oleh orang-orang juga tidak harus diterima begitu saja. Anda juga wajib menyaring semua bentuk kritikan dan komentar tersebut. Pilihlah mana yang memang pantas untuk dijadikan bahan evaluasi.

9. Berdoa dan Berusaha

Try and pray, ungkapan ini ternyata memang benar adanya. Selain berusaha, Anda juga perlu untuk berdoa agar segala urusan dan rencana yang telah Anda susun dapat berjalan dengan lancar. Namun, berdoa hanya akan menjadi sia-sia belaka tanpa adanya usaha yang menyertainya. Begitupun sebaliknya, usaha yang telah dilakukan sejauh apapun juga akan menjadi sia-sia tanpa diiringi doa di dalamnya. Berusaha dan berdoa adalah dua hal yang harus selalu dilakukan untuk mencapai apa yang diinginkan.

10.Berada Di Lingkungan Positif

Lingkungan Positif

Motivasi dalam mendirikan sebuah bisnis tak hanya berasal dari dalam diri, dukungan positif dari keluarga juga menjadi motivasi bisnis yang sangat tak ternilai harganya. Ketika circle Anda mendukung penuh ide-ide atau inovasi bisnis yang dimiliki maka tentu Anda akan menjadi lebih bersemangat lagi dalam menjalankannya. Tidak bisa dipungkiri jika dukungan positif dari orang-orang sekitar merupakan support system terbaik bagi diri setiap orang. Sehingga saat berada di titik terendah atau jenuh Anda tidak akan gampang menyerah dan putus asa begitu saja.

Baca Juga: Tentang Supplier Dalam Bisnis: Pengertian, Tugas, Jenis, dan Cara Kerjanya

Pada dasarnya, motivasi bisnis berasal dari faktor eksternal dan juga internal. Faktor eksternal yang dimaksud dapat berupa dukungan dari keluarga dan juga kerabat di sekitar Anda. Sedangkan faktor internal ini sendiri berasal dari diri pribadi Anda, sebut saja rasa optimis hingga menjadi pribadi yang open minded. Ketika kedua faktor ini bisa Anda manfaatkan dengan baik maka yakin dan percayalah, Anda akan menjadi pribadi yang lebih siap untuk menghadapi tantangan.


Agar bisnis Anda dikenal luas dengan cepat, bikin website sekarang dengan jasa pembuatan website dan dapatkan harga spesial khusus hari ini

Related posts

Memahami Break Even Point (BEP) dan Cara Menghitungnya

Marsyaviani Darestuti

7 Aspek Kelayakan Bisnis, Pebisnis Wajib Tahu!

Rostina Alimuddin

Hospitality Industri Adalah: Pengertian dan Potensi Bisnis Serta Karier yang Menjanjikan

Marsyaviani Darestuti