Image default
Bisnis

Kiat Menjalankan Industri Kreatif yang Sukses

Industri kreatif merupakan industri yang bergerak di bidang penciptaan produk dengan mengandalkan bakat, keahlian, dan kreativitas sebagai kekayaan intelektual. Industri ini memiliki peranan yang penting untuk mendukung kesejahteraan perekonomian nasional.

Apalagi, kreativitas manusia merupakan sumber daya ekonomi yang utama dan industri di abad 21 ini sangat tergantung oleh produksi pengetahuan melalui inovasi dan kreativitas. Adanya sektor industri ini menawarkan beberapa manfaat seperti:

  • Memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi yang signifikan
  • Menciptakan iklim bisnis yang lebih baik
  • Membangun identitas bangsa
  • Mengembangkan sumber daya terbarukan
  • Menciptakan inovasi dan kreativitas sehingga dapat memunculkan keunggulan dari suatu bangsa.
  • Memberikan dampak sosial yang positif

Baca Juga: Hospitality Industri Adalah: Pengertian dan Potensi Bisnis Serta Karier yang Menjanjikan

Jenis Industri Kreatif

Jenis Industri Kreatif

Industri kreatif terdiri dari beberapa kategori di antaranya adalah sebagai berikut:

Periklanan

Iklan merupakan cara yang paling efisien untuk memasarkan produk/jasa, sehingga industri ini sangat potensial. Iklan juga memiliki peran untuk membentuk pola berpikir, pola konsumsi, dan gaya hidup masyarakat.

Arsitektur

Arsitektur memiliki peranan yang sangat penting karena keragaman arsitektur lokal dapat menunjukkan karakter bangsa yang beragam. Proses Arsitektur juga memiliki peranan penting untuk merancang dasar pembangunan kota.

Barang Seni

Barang seni berhubungan dengan perdagangan barang asli dari suatu daerah, barang langka, dan unik. Ada cukup banyak jenis barang seni dapat berupa kerajinan, alat musik, seni rupa, lukisan, dan film.

Kerajinan Kriya

Kriya adalah kerajinan yang terbuat dari bahan kulit, logam, kayu, keramik, kaca, dan tekstil. Produk kriya buatan Indonedia terkenal dengan konsep hand-made sehingga dapat dibanderol dengan harga yang tinggi.

Desain Produk

Masyarakat saat ini sudah mulai mengapresiasi produk yang berkualitas. Desain produk pun didukung oleh pelaku industri yang andal. Desainer produk dapat menggali dan mengangkat keragaman bidaya Indonesia dan kearifan lokal dalam setiap karyanya.

Fashion

Fashion memiliki trend yang terus berubah. Hal ini karena para desainer fashion yang inovatif dan terus merancang model-model baru sehingga kini semakin banyak anak muda yang tertarik menekuni industri ini.

Film, Video dan Fotografi

Ini adalah jenis industri yang mengalami pertumbuhan cukup signifikan di Indonesia. Apalagi film, video dan fotografi juga berkaitan dengan industri kreatif lainnya misalnya untuk mendukung periklanan.

Saat ini semakin banyak yang tertarik menekuni bisnis kreatif karena menjanjikan keuntungan yang besar. Beberapa bisnis periklanan, kerajinan, desain, film, dan berbagai kegiatan kreatif lainnya mulai dilirik dan ditekuni oleh generasi saat ini. Dengan semakin banyaknya pekerja kreatif, persaingan pasar di industri ini pun semakin meningkat setiap hari.

Baca Juga: Memahami Break Even Point (BEP) dan Cara Menghitungnya

Cara Dalam Menekuni Industri Kreatif

Perkembangan Industri Kreatif
Source: Indiekraf.com

Bagi para pelaku usaha yang saat ini baru terjun di industri kreatif, berikut ini adalah beberapa cara atau tips untuk menekuni industri kreatif.

Tentukan Segmen yang Potensial

Dalam menjalankan usaha, Anda wajib menentukan segmen pasar yang akan dibidik. Hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap strategi pemasaran, desain produk, kisaran harga, dan rencana pengembangan produk ke depan. Pada akhirnya konsumen pun akan tertarik untuk membeli produk yang ditwarkan.

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Produk

Setiap usaha tentu memiliki kompetitor yang bergerak di bidang serupa. Jadi kenali kelebihan dan kekurangan produk/jasa yang Anda tawarkan dibandingkan produk lainnya yang serupa. Beberapa faktor yang dapat dibandingkan antara lain kualitas produk, desain, dan harga. Jadi, Anda dapat menonjolkan keunikan produk sehingga membedakannya dari produk serupa dari kompetitor.

Utamakan Kualitas

Saat ini hampir semua pelaku usaha berusaha menawarkan diskon besar-besaran dan produk dengan harga yang murah untuk menjaring calon pelanggan. Namun, Anda tidak harus mengikuti hal ini karena dapat menghilangkan ciri khas usaha yang dibangun. Pasalnya untuk menurunkan harga penawaran, pelaku usaha menurunkan kualitas produk seperti menggunakan bahan baku yang lebih murah. Untuk menyiasatinya, ciptakan produk yang unik dengan kualitas yang bagus sehingga konsumen tetap memilih produk Anda.

Terus Berinovasi

Para pelaku industry kreatif tentu memiliki banyak wawasan untuk memunculkan ide-ide segar yang dapat semakin mengembangkan kreasi produk. Agar dapat berinovasi dengan berbagai kreativitas, caranya adalah terus mempelajari hal-hal baru seperti mengamati tren pasar, membaca, dan bertemu orang-orang baru untuk bertukar ide.

Menjalankan industri kreatif menjadi hal yang sangat potensial untuk terus dikembangkan. Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, Anda tentu akan dapat semakin mengembangkan usaha kreatif yang sudah dibangun.


Agar bisnis Anda dikenal luas dengan cepat, bikin website sekarang dengan jasa pembuatan website dan dapatkan harga spesial khusus hari ini

Related posts

5 Bisnis Menguntungkan yang Bisa Di Coba Para Newbie

Rostina Alimuddin

Bisnis Konsultan Adalah: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

Linda Arista

Kenali Aspek Pemasaran Berikut Dalam Menjalankan Bisnis