Image default
Bisnis

Hospitality Industri Adalah: Pengertian dan Potensi Bisnis Serta Karier yang Menjanjikan

Pernah mendengar atau membaca tentang Hospitality Industri? Secara definisi, mungkin tidak banyak orang yang memahami tentang hal ini. Namun jika berbicara tentang potensi bisnis yang masuk dalam industri ini, tentunya Anda sudah sangat familiar. Nah, untuk lebih mengenal dekat dengan industri yang bukan hal baru lagi di sekitar kita ini, berikut adalah ulasannya.

Pengertian Hospitality Industri

Hospitality Industry adalah setiap atau segala pekerjaan yang punya hubungan dengan keramah-tamahan, pelayanan ataupun hiburan terhadap tamu atau pengunjung. Segala pekerjaan yang ada di dalamnya tentunya tidak lepas dari bagaimana kita memberikan kepuasan pada pelanggan atau tamu.

Hospitality sendiri bukan hanya sekedar standar operasional yang harus dijalankan para pekerja di bidang ini, namun ini lebih kepada tindakan dalam menyambut serta melayani orang lain dengan ketulusan.

Bila banyak orang yang selalu mengaitkan hospitality ini dengan bisnis perhotelan, nyatanya, ada banyak sekali jenis-jenis bisnis di dalamnya yang juga berkaitan dengan hospitality.

Karakteristik Hospitality Industri

Karakteristik Hospitality Industri

Karakteristik hospitality industri adalah:

  • Tidak dapat dipisahkan. Bila barang biasa akan diproduksi lalu dijual dan dikonsumsi, sedangkan jasa akan dijual terlebih dulu dan lalu diproduksi serta dikonsumsi di waktu serta tempat yang sama ketika jasa tersebut diproduksi.
  • Tidak berwujud. Jasa adalah sebuah tindakan, pengalaman, proses, kinerja dan juga usaha, di mana jasa tidak memiliki wujud seperti halnya barang. Kualitas jasa hanya bisa diketahui setelah jasa tersebut digunakan.
  • Kejadian di waktu yang bersamaan. Maksudnya adalah jasa dibuat untuk bisa digunakan secara bersamaan, di waktu jasa tersebut dibuat.
  • Berubah-ubah. Jasa punya banyak variasi bentuk, jenis dan kualitas, tergantung pada siapa, kapan dan di mana jasa dibuat. Karena, jasa akan melibatkan manusia dalam prosesnya, sehingga bagaimana nantinya jasa tersebut, tidak bisa diprediksi dan akan berubah-ubah.
  • Tidak tahan lama. Jasa ini tidak tahan lama dan tidak bisa disimpan.
  • Tidak dapat dipindahkan. Karena jasa tidak dapat dipindahkan, maka pelanggan harus datang langsung di mana jasa tersebut dihasilkan.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Perusahaan Ekstraktif

Potensi Hospitality Industri

Potensi Bisnis Hospitality Industri

Industri hospitality pun sekarang ini semakin populer dan dikenal masyarakat. Karena inilah, bisa dibilang potensi atau prospek bisnis serta karier di dunia hospitality ini sangat menjanjikan. Ini pun berkaitan dengan bisnis dalam industri hospitality yang terbilang sustainable atau berkelanjutan.

Ada beberapa bisnis serta karier dalam hospitality, yang bisa dibilang punya potensi bagus untuk ke depannya, yaitu:

1. Penginapan

Ini berkaitan dengan segala akomodasi atau tempat menginap untuk jangka waktu tertentu. Mulai dari perkemahan, hostel, hotel, dan lainnya, yang di mana dalam bisnis ini mereka menawarkan dan menyediakan tempat bagi orang untuk menginap.

Target pasar yang biasanya dituju dalam bisnis penginapan ini yaitu turis liburan, turis bisnis, maskapai penerbangan dan lainnya.

Adapula peluang karier yang berkaitan dengan bisnis penginapan, mulai dari resepsionis hotel housekeeper ataupun porter.

2. Travel & Tourism

Travel & Tourism Masuk Dalam Jajaran Hospitality Industri

Berikutnya, prospek bisnis dalam hospitality industri adalah Travel & Tourism, yang mana berkaitan dengan memberikan jasa bagi masyarakat yang ingin berpergian, baik itu menawarkan jasa pembelian tiket dan akomodasi, ataupun memberikan jasa trip. Bahkan adapula yang menawarkan layanan pemandu wisata bagi mereka yang ingin berpergian ke suatu tempat.

Target pasarnya pun bisa dalam kawasan domestik bahkan internasional. Yang pasti, tujuan Travel & Tourism ini adalah memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanan.

3. Food & Beverages

Segmen terbesar di dalam hospitality industri adalah sektor makanan dan juga minuman. Tujuan utama bisnis satu ini adalah menyediakan serta menawarkan beragam menu makanan serta minuman, meningkatkan kepuasan pelanggan dari sisi pelayanan industri F&B, meningkatkan reputasi dan juga kredibilitas dalam pelayanan, dan memperoleh profit.

Beberapa peluang karier berkaitan dengan F&B pun bisa terbilang menjanjikan, seperti pelayan, order taker, barista, kasir, supervisor restoran. Profesi-profesi ini bisa dibilang berkaitan dengan hospitality, karena tugasnya mengatur makanan serta minuman yang akan disajikan untuk pelanggan atau tamu sesuai standar yang berlaku. Mereka pun juga harus dapat melayani tamu ketika tamu ingin memberi kritik ataupun saran tentang makanan dan minuman yang disajikan.

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Minimarket Budget Minimalis!

4. Rekreasi

Rekreasi pun masuk dalam kategori hospitality industry, karena ini berkaitan dengan memberikan jasa hiburan bagi tamu atau pelanggan, seperti arena bermain anak, taman rekreasi dan juga bioskop.

Itu dia beberapa hal terkait bisnis dalam dunia hospitality industry, yang ternyata punya potensi baik, begitupun dalam hal peluang karier.


Agar bisnis Anda dikenal luas dengan cepat, bikin website sekarang dengan jasa pembuatan website dan dapatkan harga spesial khusus hari ini

Related posts

Ide Bisnis Pertanian Anak Muda yang Menguntungkan. Tertarik Mencoba?

7 Alasan Pentingnya Menerapkan Manajemen Bisnis dalam Menjalankan Usaha

Risma Mualifa

Cara Menerapkan Digital Marketing Untuk Bisnis dan Manfaatnya

Rostina Alimuddin