Image default
Technology

16 Jenis & Fungsi Bisnis Yang Membutuhkan Aplikasi Seluler

“Klik di sini untuk mengunduh aplikasi seluler kami” ini ungkapan yang sering dilihat konsumen akhir-akhir ini di situs web perusahaan dan di email pemasaran. 

Dengan semakin banyaknya dari kita yang memilih untuk menjalankan bisnis online di perangkat seluler, tidak mengherankan jika begitu banyak perusahaan mengembangkan aplikasi seluler khusus dan ingin mempromosikannya.

Faktanya, para pakar teknologi mengatakan bahwa ada banyak industri dan fungsi bisnis yang mutlak harus memiliki aplikasi seluler tidak hanya untuk bersaing tetapi juga dan yang lebih penting untuk memberikan layanan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih mudah diakses. 

Di bawah ini, 16 anggota Dewan Teknologi Forbes berbagi industri dan fungsi bisnis yang pasti membutuhkan aplikasi seluler, dan alasannya.

16 jenis dan fungsi bisnis yang membutuhkan aplikasi

1. Tempat Acara

Tempat umum besar seperti pusat konvensi, stadion, arena, dan lokasi konser dan festival memerlukan aplikasi yang mendukung kendaraan, vendor, pengunjung, barang, dan sumber daya saat mereka bernavigasi masuk dan keluar dari fasilitas ini. 

Kompleksitas pergerakan konstan membutuhkan satu perangkat lunak terintegrasi yang melayani berbagai departemen (seperti keamanan, operasi, logistik, dan sumber daya manusia). – Bill Edwards, Membangun Intelijen

2. E-Commerce

Dengan persentase penjualan e-niaga yang signifikan yang dilakukan melalui perangkat seluler, situs e-niaga harus memiliki aplikasi yang memfasilitasi ini atau setidaknya tata letak situs web yang ramah seluler. 

Strategi ini membangun loyalitas dan keterikatan pelanggan karena mengoptimalkan kenyamanan pengalaman berbelanja. SMS juga membuat komunikasi tetap sederhana, di satu tempat dan terukur bagi merchant. 

3. Jasa Keuangan

Layanan keuangan khususnya, layanan yang dihadapi konsumen seperti perbankan. Mereka membutuhkan aplikasi seluler untuk bertemu orang-orang di tempat mereka berada dalam kehidupan sehari-hari, dan itu dimulai dengan aksesibilitas. 

Karena industri jasa keuangan bekerja menuju demokratisasi dan memenuhi kebutuhan yang kurang terlayani, memiliki aplikasi seluler sangat penting untuk menempatkan layanan inklusif di tangan orang biasa. 

4. Manajemen Layanan Lapangan

Dalam industri manajemen layanan lapangan, karyawan bergerak setiap hari, dan banyak solusi masih berbasis kertas, seringkali membuat pelaporan waktu nyata menjadi tidak mungkin. 

Aplikasi seluler memungkinkan karyawan untuk terhubung ke tim dan mengakses informasi yang penting agar pekerjaan diselesaikan secara efisien, tidak hanya memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik tetapi juga membantu mengelola kenaikan biaya layanan. 

5. Instansi Pemerintah Negara Bagian Dan Lokal

Agensi negara bagian dan lokal dapat menciptakan pengalaman pengguna yang lebih nyaman dan efisien dengan menambahkan lebih banyak aplikasi seluler ke penawaran mereka. 

Bayangkan melengkapi formulir sekolah, formulir perpanjangan SIM, atau aplikasi paspor Anda menjadi proses yang mudah yang dapat diakses langsung di ujung jari Anda. 

Ini akan menghemat waktu dan kemudahan publik serta menyediakan lingkungan kerja yang lebih ramah bagi para pekerja yang sering difitnah di kantor-kantor publik. 

6. Layanan Pelanggan

Agen layanan pelanggan tidak hanya harus memiliki aplikasi seluler tetapi juga harus mengutamakan seluler. Masa depan pekerjaan semakin tanpa meja. 

Agen, pengusaha, dan lainnya harus dapat membantu pelanggan dengan cepat, jauh dari meja mereka, menggunakan teknologi dengan hambatan masuk yang rendah. 

Millennial dan Gen-Z khususnya, mereka berharap untuk bekerja di mana saja dan akan merasa frustasi dengan pekerjaan mereka jika mereka tidak dapat melayani pelanggan dari mana saja. 

7. Real Estate

Di real estate, aplikasi seluler dapat mendorong industri ke depan. Aplikasi sudah membantu konsumen menemukan rumah di sekitar tetapi juga dapat memberikan pengalaman belanja rumah yang imersif dan memungkinkan pengguna berjalan melalui rumah secara virtual dan bahkan melihat bagaimana tampilan furniture mereka. 

Perusahaan real estate yang berinvestasi dalam aplikasi seluler yang inovatif dapat membedakan diri mereka dan mendefinisikan kembali pengalaman membeli rumah.

8. Kepegawaian Dan Perekrutan

Agen kepegawaian dan perekrutan membutuhkan aplikasi seluler karena smartphone semakin menjadi alat komunikasi utama masyarakat. Perusahaan kehilangan minat pelamar yang signifikan ketika orang-orang tidak dapat melamar menggunakan perangkat seluler mereka atau jika proses lamaran kerja sepertinya sudah dimulai sejak 1993. 

9. Penelitian Ilmiah

Salah satu aplikasi paling keren dari aplikasi seluler yang pernah saya alami adalah pengumpulan data ilmiah, juga dikenal sebagai “ilmu warga”. Sains didasarkan pada penguraian cara kerja sistem dari sejumlah besar pengamatan yang dikalibrasi dengan baik.

Rangkaian sensor yang kaya hadir dalam perangkat seluler modern menyediakan metode mudah untuk mengumpulkan data. Salah satu contohnya adalah aplikasi Globe Observer NASA, yang mengundang pengguna untuk berbagi foto dan pengamatan mereka tentang lingkungan, termasuk awan dan tutupan lahan. 

10. Rekayasa Dan Konstruksi

Aplikasi seluler augmented reality untuk teknik dan konstruksi akan sangat bermanfaat bagi sektor ini. Penggunaan lidar dan representasi visualnya pada aplikasi seluler akan memungkinkan para insinyur dan pekerja konstruksi untuk memvisualisasikan ruang dan mengembangkan rencana kerja mereka. 

Manfaat tambahan adalah pengamatan risiko kerja dan keselamatan waktu nyata, pengurangan limbah material dan peningkatan pemanfaatan sumber daya. 

11. Kesehatan

Sebagai seorang dokter, tujuan keuangan Anda adalah untuk memaksimalkan efisiensi dan memberikan hasil kesehatan yang berkualitas kepada sebanyak mungkin pasien. 

Layanan telehealth dan alur kerja otomatis memungkinkan peningkatan aliran pasien dan perawatan yang lebih tepat. Sebuah aplikasi untuk antarmuka antara pasien dan penyedia adalah langkah pertama untuk merangkul digitalisasi. 

12. Pendidikan

Saat ini akses ke hampir semuanya hanya dengan sekali klik. Untuk tugas dan pembaruan harian, aplikasi praktis dan nyaman. Pendidikan merupakan salah satu sektor yang dapat diuntungkan dari hal ini. 

Aplikasi dengan antarmuka pengguna sederhana yang berfokus pada pengurangan redundansi akan memposisikan pendidik dan siswa untuk sukses karena mereka terlibat secara teratur sepanjang hari. 

13. Perjalanan / Travel

Industri perjalanan adalah salah satu yang pasti membutuhkan aplikasi seluler untuk menjadi kompetitif. 

Di zaman di mana orang selalu bepergian maka penting bagi perusahaan di industri perjalanan untuk memiliki aplikasi seluler yang memungkinkan pelanggan memesan pengaturan perjalanan dengan cepat dan mudah. 

14. Pemasaran Digital

Industri pemasaran influencer dan pemasaran digital memerlukan aplikasi seluler untuk memungkinkan pemasar memanipulasi kampanye iklan di mana saja. 

Dalam ekosistem digital modern maka ada milyaran transaksi yang terjadi setiap jam. Jika pemasar hanya dapat mengakses kampanye mereka dari komputer, kemungkinan mereka akan kehilangan hal-hal sensitif waktu seperti menanggapi komentar dengan cepat atau mengubah tawaran dalam kampanye yang mereka kelola. 

15. Pasar Petani

Menuju ke pasar petani lokal hanya untuk mengetahui bahwa vendor tidak menunjukkan atau kehabisan barang yang saya harapkan untuk diambil adalah hal yang mengecewakan, dan masalah itu adalah sesuatu yang kemungkinan besar dapat ditingkatkan oleh teknologi (dan proses). 

Jika ada aplikasi seluler untuk industri pasar petani lokal, saya pasti belum pernah mendengarnya! – Sean Steele, Infolock

16. Setiap Bisnis yang Menghadapi Pelanggan

Setiap bisnis yang berhadapan dengan pelanggan terutama pengecer membutuhkan aplikasi seluler. Koneksi dan interaksi pribadi lebih penting dari sebelumnya, jadi berada di saku pelanggan, bukan hanya di komputer mereka atau di lingkungan mereka, sangat penting untuk membangun pengalaman yang terasa individual dan pribadi. Aplikasi ini juga harus menyertakan rekomendasi produk bertenaga AI untuk meningkatkan taruhan. 


Agar bisnis Anda dikenal luas dengan cepat, bikin website sekarang dengan jasa pembuatan website dan dapatkan harga spesial khusus hari ini

Related posts

Digital Marketing adalah Strategi Kekinian untuk Kembangkan Bisnis, Inilah Manfaatnya

Risma Mualifa

Serupa Tapi Tak Sama, Ternyata Ini Beda Blog dan Website!

Aplikasi Video Conference Terbaik Untuk Mendukung Kerja Dari Rumah Lebih Lancar