Image default
Profesi

Gaya Kepemimpinan Transformasional: Pengertian, Karakteristik, dan Tips-tipsnya

Pemiliki gaya kepemimpinan transformasional dikenal sebagai sosok yang pandai dalam menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Selain itu, mereka juga cenderung aktif dan antusias saat bekerja di dalam tim. Kira-kira, apakah ada di antara teman atau rekan kerja Anda yang memiliki sosok seperti ini? Atau mungkin Anda adalah penganut gaya transformasional itu sendiri.

Pengertian Kepemimpinan Transformasional

Secara keseluruhan, model kepemimpinan transformasional merupakan gaya kepemimpinan yang dimiliki oleh orang-orang karismatik serta memiliki tekad yang kuat yaitu untuk mencapai tujuan atau target utama di dalam lembaga ataupun organisasi.

Baca Juga: 7 Karakteristik Kewirausahaan, Kunci Sukses Bagi Pemula

Berikut adalah beberapa pengertian dari kepemimpinan transformational dari para ahli:

Bass

Kepemimpinan transformasional merupakan gaya kepemimpinan di mana para pengikut pimpinan tersebut memiliki rasa kepercayaan, kesetiaan hingga hormat terhadap pemimpinnya. Mereka juga merasa lebih termotivasi untuk melakukan berbagai pekerjaan demi mencapai target dan tujuan.

Robbins dan Judge

Menurut Robert dan Judge, gaya kepemimpinan transformasional merupakan model kepemimpinan yang mampu menginspirasi para pengikutnya untuk menyampingkan kepentingan pribadi mereka demi kebaikan organisasi dan mampu memiliki pengaruh yang luar biasa pada diri para pengikutnya.

Danim

Adapun menurut Danim, model transformasional adalah kemampuan seorang pimpinan saat menjalankan pekerjaannya atau saat bekerja melalui orang lain demi mendapatkan sumber daya yang optimal di dalam organisasi dalam rangka mencapai tujuan yang bermakna sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Karakteristik Kepemimpinan Transformasional

https://www.publictechnology.net/articles/news/sunak-encourages-young-people-return-office

Beberapa pakar juga memiliki pandangan yang berbeda-beda terkait karakteristik dari gaya kepemimpinan transformasional. Berikut merupakan kumpulan ciri-ciri kepemimpinan transformasional dari para ahli.

Luthans

Luthans membagi ciri-ciri kepemimpinan transformasional menjadi beberapa bagian seperti berikut ini:

• Pemimpin adalah sosok yang visioner
• Pemimpin memiliki sifat yang dilandasi oleh nilai-nilai
• Pemimpin memiliki kepercayaan kepada setiap orang
• Pemimpin mampu menghadapi berbagai situasi ambiguitas, kompleksitas dan situasi yang tidak pasti
• Pemimpin adalah sosok pembelajar sepanjang hidup
• Pemimpin merupakan sosok yang mengidentifikasi dirinya sebagai agent of change
• Pemimpin memiliki keberanian dalam mengambil setiap resiko

Robbins dan Judge

Robbins dan Judge memiliki empat ciri-ciri utama dalam kepemimpinan transformasional. Keempat karakteristik tersebut di antaranya ialah sebagai berikut:

Pertimbangan Individual (Individualized Consideration)

Seorang pemimpin yang memiliki karakter seperti ini akan memperlakukan setiap anggotanya secara berbeda antara satu individu dengan individu lainnya. Hal ini dilakukan untuk melihat karakter setiap anggota dari setiap sisi yang berbeda tanpa memberikan perlakuan yang sama karena pada dasarnya setiap individu memiliki sifat dan pola bekerja yang berbeda pula.

Motivasi Inspirasional (Inspirational Motivation)

Karakter pemimpin yang satu ini mempunyai kemampuan dalam berkomunikasi kepada setiap anggotanya. Umumnya, pemimpin dengan skill komunikasi yang bagus akan menggunakan simbol-simbol menarik kepada anggotanya agar mereka lebih termotivasi dan terinspirasi untuk mencapai tujuan di dalam lembaga atau organisasi.

Pengaruh Ideal (Idealized Influence)

Pengaruh ideal juga dimiliki oleh para pemimpin yang berjiwa karismatik. Hal ini dikarenakan pemimpin mampu membagikan visi dan misi dengan cara yang karismatik kepada para anggotanya. Sehingga, para anggota pun memiliki kepercayaan penuh kepada pimpinan tersebut.

Stimulasi Intelektual (Stimulasi Intelektual)

Stimulasi intelektual merupakan kemampuan seorang pemimpin dalam meningkatkan kecerdasan hingga mengembangkan inovasi kepada para pengikutnya. Dengan begitu, organisasi pun akan dipenuhi oleh sosok-sosok intelektual.

Baca Juga: Manager Adalah: Pengertian, Peranan dan Tugas Manager

Tips Menerapkan Gaya Kepemimpinan Transformasional

Berikut adalah beberapa kiat yang bisa Anda lakukan agar bisa menerapkan gaya kepemimpinan transformasional di dalam sebuah organisasi:

• Jangan mudah putus asa dan jangan cepat puas. Teruslah bereksplorasi dan bereksperiment.
• Terus berusaha mencari peluang dalam memperbaiki suatu hal. Bagaimanapun juga, perubahan tetaplah diperlukan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa setiap perubahan yang akan dilakukan harus tetap memperhatikan kepentingan tim.
• Berani bertanggug jawab atas setiap keputusan yang diambil. Dalam mengubah sebuah keadaan tetap perlu mempertimbangkan kesanggupan setiap pemimpin untuk mengembang tanggung jawab tersebut.
• Selalu menghargai dan menghormati setiap ide dan gagasan yang diberikan oleh rekan-rekan Anda. Prioritaskan ide dengan nilai dan inovasi yang tinggi.

Setelah membaca artikel tentang gaya kepemimpinan transformasional di atas, apakah Anda sudah menemukan sosok pemilik gaya transformasional di sekitar Anda? Atau jangan-jangan Anda memiliki potensi menjadi pemimpin transformasional.

Related posts

Pengertian Pemutusan Hubungan Kerja adalah Sebagai Berikut

Risma Mualifa

Mengintip Gaji Digital Marketing dan Tugas-tugasnya

Rostina Alimuddin

Peraturan Lembur Depnaker Terbaru yang Wajib Kamu Tahu!

Rostina Alimuddin