Image default
Jobs

6 Pekerjaan yang Akan Hilang di Masa Depan

Zaman yang semakin serba digital, sebenarnya menjadikan segalanya jadi serba mudah dan cepat. Namun hal ini juga ternyata dapat membuat banyaknya lapangan pekerjaan yang akan hilang. Alasannya tentu saja untuk efisiensi, di mana beberapa sektor pekerjaan menggantikan sumber daya manusianya dengan teknologi yang lebih canggih, misalnya dengan penggunaan robot.

Deretan Pekerjaan yang Di Prediksi Hilang

Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang diperkirakan akan hilang di masa depan:

1. Travel agent

travel agent jadi salah satu Pekerjaan yang Akan Hilang

Agen perjalanan atau travel agent mungkin sekarang pun sudah sulit sekali ditemukan, ya. Ini terjadi ketika semakin banyaknya online travel agent (OTA) yang sebenarnya menawarkan solusi berupa kemudahan dan juga kecepatan dalam hal merencanakan perjalanan, membeli tiket pesawat, kereta, ataupun tiket hotel.

Dengan adanya OTA ini, calon wisatawan dapat mengecek dan memesan paket wisata ataupun booking perjalanan sendiri secara online. Hal inipun didukung oleh penyedia layanan OTA yang memberi kenyamanan serta keamanan bagi para calon wisatawan, tanpa harus ribet atau takut mencari travel agent terpercaya dan harga yang sesuai.

Baca Juga: 9 Cara Mencapai Kepuasan Kerja Karyawan untuk Kemajuan Perusahaan

2. Kasir

kasir jadi salah satu Pekerjaan yang Akan Hilang

Semakin berkembangnya teknologi, juga semakin memudahkan orang dalam hal pembayaran, baik itu di restoran, pusat perbelanjaan dan lainnya. Kasir, kemungkinan akan jadi pekerjaan yang akan hilang di masa depan, seiring dengan semakin meluasnya kebiasaan cashless. Karena, secara logika, ketika semua pembayaran bisa dilakukan mandiri atau tanpa kontak fisik dan tanpa uang tunai, maka seorang kasir tidak lagi diperlukan.

Sebenarnya dengan kebiasaan cashless membuat masyarakat tidak perlu repot membawa uang tunai, karena mereka bisa membayar apapun dengan menggunakan smartphone. Apalagi, orang-orang zaman sekarang lebih menyukai sesuatu yang praktis.

3. Pertanian, perikanan dan kehutanan tradisional

pertanian tradisional jadi salah satu Pekerjaan yang Akan Hilang

Hilangnya pekerjaan ini di masa depan bukan hanya terkait dengan terbatasnya lahan yang dapat digunakan untuk Bertani, budi daya ikan ataupun hutan, namun juga karena semakin canggihnya mesin-mesin yang modern, yang membuat kerja pun jadi lebih efektif dan efisien. Segala hal yang masih tradisional, dirasa akan semakin mulai ditinggalkan beberapa tahun ke depan.

Apalagi, dengan menggunakan mesin-mesin modern ini dapat menghemat waktu pengerjaan, produktivitasnya terbilang tinggi dan juga hemat biaya.

4. Buruh pabrik manufaktur tanpa sistem otomasi

buruh pabrik jadi salah satu profesi yang tidak dibutuhkan

Buruh pabrik manufaktur baik yang memproduksi produk otomotif, tekstil atau garmen, makanan atau minuman, elektronik dan lainnya, juga bisa jadi pekerjaan yang akan hilang di masa depan seiring dengan berkembangnya sistem otomasi yang dilakukan pabrik dalam industri manufaktur.

Sistem otomasi atau automasi ini artinya adalah menjadikan segalanya jadi otomatis, tidak lagi dilakukan secara manual. Tentu ini juga berkaitan dengan perkembangan teknologi yang kian canggih. Ini juga dilakukan demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Di mana dengan sistem otomasi ini segala proses produksi akan jadi lebih cepat dan produk yang dihasilkan pun jadi lebih banyak.

Baca Juga: Calon Karyawan & Karyawan Harus Tahu Apa Itu Kesehatan Kerja

5. Sales atau telemarketer

telemarketer jadi salah satu Pekerjaan yang Akan Hilang

Pekerjaan sales ataupun telemarketer juga konon akan hilang di masa depan. Alasannya tentu saja karena semakin terdepannya teknologi, di mana lebih banyak diterapkannya pemasaran jarak jauh.

Selain itu, seiring berkembangnya zaman juga tentu saja perusahaan ingin menerapkan suatu hal yang lebih efektif. Sejalan dengan berkembangnya teknologi voice recognition, yang mana pekerjaan yang berkaitan akan tergantikan dengan mesin canggih.

6. Tenaga jasa transportasi

supir

Lagi-lagi, pekerjaan seperti supir, masinis ataupun pilot ini kemungkinan akan tergantikan dengan teknologi otomatis. Sekarang inipun mobil listrik sudah mulai menerapkan teknologi otomatis, di mana pengemudi tidak perlu lagi mengendalikan kemudi kendaraan sendiri, karena sudah terdapat pengaturan otomatis dalam sistem. Yang kemungkinan juga hal ini akan segera diterapkan secara luas.

Bukan tidak mungkin juga, di masa depan nanti pekerjaan seperti supir, masinis, ataupun pilot akan digantikan oleh robot.

Itulah beberapa pekerjaan yang akan hilang di masa depan, seiring dengan semakin berkembangnya teknologi. Tidak dipungkuri, seiring berjalannya waktu, manusia pun harus mau untuk beriringan dengan perkembangan teknologi.

Meskipun pekerjaan tersebut hilang, teknologi yang semakin canggih, akan membuat adanya pekerjaan-pekerjaan baru, yang tentunya juga berkaitan teknologi. Misalnya, yang sekarang ini juga sudah banyak sekali dicari adalah pekerjaan sebagai digital marketing, digilat content creator, software dan game developer dan lainnya.


Agar bisnis Anda dikenal luas dengan cepat, bikin website sekarang dengan jasa pembuatan website dan dapatkan harga spesial khusus hari ini