Image default
Career

Trik Jitu Belajar Coding untuk Pemula

Belajar coding untuk pemula tentunya memiliki porsi dan treatment yang berbeda, dengan peningkatan skill untuk programmer kawakan. Setidaknya ada beberapa hal yang harus dilakukan seorang pemula. Penasaran apa saja yang harus dilakukan pemula untuk mempelajari coding? Simak artikel ini sampai habis ya!

Sekilas Tentang Coding

Sekilas tentang coding
Source: Pexels.com

Secara garis besar coding merupakan sebuah alat komunikasi manusia dengan komputer. Secara singkatnya komputer memiliki sebuah bahasa untuk melakukan segala aktivitasnya, bahasa tersebut adalah kode biner yang terdiri dari deretan angka 1 dan 0.

Baca Juga: Ini Dia 7 Job Desk Digital Marketing Dalam Sebuah Perusahaan

Dengan adanya coding, manusia dapat memberi perintah pada komputer tanpa perlu memahami kode biner. Caranya adalah melalui Bahasa pemrograman komputer, yang dikembangkan melalui serangkaian kode numerik atau alfabet. 

Pembuatan rangkaian code tersebut yang kemudian dikenal sebagai coding, yang memiliki fungsi menginstruksikan mesin untuk menyelesaikan sebuah tugas atau tindakan. 

Coding akan memberi tahu mesin, tindakan mana yang harus dilakukan dan bagaimana menyelesaikan tugas. Dari rangkaian kode tersebut para programmer kemudian mengembangkan berbagai sistem seperti situs web, aplikasi, dan teknologi berbasis komputer lainnya. 

Trik Jitu Belajar Coding Untuk Pemula

trik jitu belajar coding
Belajar Coding. Source: Pexels.com

Dalam proses belajar coding untuk pemula, pemahaman adalah kunci utama yang harus kamu pegang. Namun ada beberapa trik jitu, yang bisa bikin kamu lebih cepat untuk mempelajari ilmu komputer ini. 

1. Belajar Bahasa Inggris

Bagi sebagian orang mungkin merasa bingung, kenapa belajar komputer harus juga belajar bahasa inggris. Jadi pada dasarnya bahasa pemrograman yang digunakan hampir di seluruh dunia, menggunakan basic bahasa internasional yaitu Inggris.

Dengan mempelajari dan memperbanyak kosa kata bahasa Inggris, kamu bisa lebih cepat memahami alur sebuah pemrograman dengan bekal bahasa Inggris. Perbanyak perbendaharaan kata pada kalimat perintah, kosa kata what if, dan dunia komputer atau digital.

2. Pahami Dasar dan Alur Pemrograman

Untuk mempelajari pemrograman, setidaknya kamu harus mempelajari beberapa ilmu dasar pemrograman yaitu algoritma, flowchart, proses bisnis, data base dan bahasa pemrograman yang digunakan.

Pahami alur pembuatan sebuah program, berawal dari identifikasi masalah. Dari masalah tersebut, kemudian kamu harus bisa menganalisa solusi yang dibutuhkan. Jika kamu sudah menemukan solusi, selanjutnya kamu perlu membuat desain algoritma dan representatif. Setelah itu bisa lanjut ke tahap pembuatan dan pengujian sistem.

3. Pilih Bahasa Pemrograman yang Friendly pada Pemula

Dalam membuat sebuah proses, kamu bisa memulai dengan memilih bahasa pemrograman pertama yang akan kamu pelajari. Pasalnya kamu harus mulai mempertimbangkan bahasa pemrograman mana yang akan kamu tekuni. 

Dalam memilih bahasa pemrograman, ada baiknya kamu mengamati tingkat kesulitan yang dimiliki. Untuk saran terbaik, kamu bisa memulai dengan bahasa pemrograman Python, JavaScript, PHP, dan C#. Beberapa bahasa pemrograman tersebut memiliki tingkat kesulitan yang rendah, serta komunitas yang berkembang di seluruh dunia.

Baca Juga: Technopreneurship Adalah Peluang Bisnis Era Digital, Cek Informasi Selengkapnya di Sini!

4. Nimbrung di Komunitas Offline maupun Online

Cara terbaik untuk belajar coding untuk pemula, adalah dengan menciptakan lingkungan yang mendukung. Salah satu caranya adalah dengan ikut komunitas offline maupun online. Selain mempelajari banyak hal dari beberapa topik yang dibahas, kamu juga berkesempatan memperbanyak koneksi.

Jangan malu untuk bertanya dan meminta saran pada para senior programing, kamu juga harus siap untuk menerima kritik dan saran walaupun menyakitkan. Kebanyakan pemula biasanya lemah terhadap kritikan keras yang sebenarnya sangat membangun, maka dari itu kamu juga harus menyiapkan mental.

5. Perbanyak Praktek dengan Membuat Sistem yang Ringan

Dalam memperdalam ilmu coding, kamu harus siap untuk terus membuat dan mengembangkan sistem baru setiap harinya. Semakin banyak kamu menemukan kendala atau bug, kamu akan menemukan metode baru dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Oleh karena itu, penting hukumnya untuk memperbanyak jam terbang sebagai programmer pemula. Apalagi kini sudah banyak video atau web tutorial yang membahas tentang ilmu programming. Dengan begitu Anda bisa mencoba membuat berbagai sistem dan program sebanyak yang kamu mau.

Nah itulah beberapa trik jitu belajar coding untuk pemula, untuk bisa menguasai suatu hal terus berlatih dan memperdalam ilmu adalah hal yang wajar. Jangan takut untuk bertanya dan mencoba hal baru, dengan begitu kamu akan secara berangsur memahami style codingmu sendiri.

Related posts

Tugas Digital Marketing, Pembagian Kerja dan Kemampuan yang Perlu Dikuasai

Risma Mualifa

Manager Adalah: Pengertian, Peranan dan Tugas Manager

Pentingnya Memiliki Kemampuan Inisiatif dalam Dunia Kerja

Risma Mualifa