Image default
Bisnis

Ini 4 Cara Memulai Bisnis yang Baik

Tidak sedikit orang yang ingin memulai bisnisnya sendiri, namun muncul keraguan karena merasa berbisnis bukanlah hal yang mudah. Sekalipun bukan hal mudah untuk dilakukan, namun dengan mengetahui cara memulai bisnis yang baik serta apa saja yang harus diperhatikan saat memulai bisnis dari nol, Anda pun dapat menjalaninya dengan efektif dan efisien, serta dapat mengembangkan bisnis hingga menjadi lebih besar.

Cara Memulai Bisnis

Dalam memulai bisnis dari nol, yang perlu Anda persiapkan bukan hanya sekedar modal. Namun Anda pun harus memiliki wawasan tentang bisnis serta mental yang kuat. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda terapkan ketika akan memulai bisnis sendiri:

1. Menentukan jenis usaha

Cara Memulai Bisnis Yang baik adalah tentukan jenis usaha

Sebagai langkah awal, dalam cara memulai bisnis yang baik, Anda harus terlebih dulu menentukan jenis usaha yang akan Anda jalani. Jika Anda belum memiliki bayangan bisnis apa yang akan Anda pilih, Anda bisa mencoba melakukan riset. Misalnya, Anda dapat melihat tren pasar saat ini, adakah bisnis yang sedang tren. Anda juga dapat memulai bisnis dari hal-hal yang Anda sukai, seperti Anda yang suka dengan fashion, bisa mulai usaha menjual produk-produk fashion, baik itu pakaian, aksesoris dan lainnya.

Baca Juga: 7 Tips Jitu agar Bisnis Tidak Ditinggal Konsumen

Yang perlu jadi perhatian bagi Anda dalam menentukan jenis usaha adalah pastikan bahwa usaha yang akan Anda pilih ini tidak musiman. Dengan kata lain, di beberapa tahun ke depan, bisnis tersebut masih relevan atau bahkan semakin disukai banyak orang. Karena tidak sedikit dari mereka yang memulai usaha, terutama berkaitan dengan usaha yang sedang tren di suatu waktu, beberapa tahun setelahnya bisnis tersebut malah mengalami penurunan karena dianggap sudah ‘tidak musimnya’.

Dalam menentukan bisnis apa yang akan Anda jalani, ada baiknya Anda fokus pada satu peluang. Bisa dibilang, makin berkembangnya internet, peluang bisnis pun jadi semakin terbuka lebar dan banyak macamnya. Namun, terlalu banyak peluang ini juga bisa memunculkan rasa bingung untuk memilih peluang bisnis apa yang akan Anda coba. Karena itulah, Anda harus fokus pada satu peluang bisnis. Dengan begini, ide dan pikiran Anda untuk mengembangkan bisnis pun akan jadi lebih terarah, apalagi untuk Anda yang baru memulainya.

2. Tentukan visi dan misi bisnis

Cara Memulai Bisnis yang baik adalah tentukan visi misi

Menentukan visi dan misi dari bisnis Anda, juga jadi salah satu cara memulai bisnis yang baik, guna memahami kelebihan yang bisnis Anda miliki dibandingkan kompetitor Anda.

Dengan mengetahui kelebihan dari bisnis Anda, Anda jadi lebih paham tentang apa yang akan Anda ‘jual’ kepada calon konsumen Anda. Anda pun paham tentang nilai lebih dari bisnis Anda, sehingga Anda dapat menerapkan strategi marketing yang tepat.

Dengan adanya visi dan misi inipun, Anda punya gambaran dan tujuan yang akan dicapai di masa mendatang.

3. Menyiapkan modal

Menyiapkan modal

Untuk menyiapkan modal, tentu Anda harus terlebih dulu membuat rincian anggaran yang berkaitan dengan keperluan bisnis Anda nantinya, mulai dari membeli peralatan, biaya sewa tempat, renovasi toko, dan lain-lainnya. Membuat anggaran terkait bisnis ini adalah cara yang efektif agar tidak terjadi pembengkakan budget atau modal Anda ketika memulai bisnis.

Yang perlu diperhatikan dalam membuat anggaran ini adalah pastikan Anda memasukkan seluruh kebutuhan esensial dari bisnis Anda. Anda tidak perlu terburu-buru untuk membuatnya sempurna di awal merintis usaha. Karena, saat Anda memulai dengan modal yang terlalu besar, untuk sesuatu yang tidak penting, maka Anda akan kesulitan untuk mendapatkan untung.

Setelah anggaran modal ini sudah dibuat dengan baik, maka saatnya Anda menyiapkan modal tersebut. Modal ini bisa dari tabungan yang Anda miliki, yang memang dikhususkan untuk bisnis Anda. Atau Anda juga dapat melakukan pinjaman modal usaha. Namun, pastikan segalanya sudah dipertimbangkan dengan baik, sebelum Anda mengajukan pinjaman.

4. Mulai bisnis Anda

mulai bisnis Anda

Setelah semua sudah siap, maka Anda dapat memulai bisnis Anda. Memulai bisnis ini berarti Anda dapat membeli peralatan untuk bisnis, menyewa tempat, dan lainnya, yang berkaitan dengan kelangsungan bisnis Anda nanti.

Baca Juga: Pentingnya Penilaian Pasar dan Manfaatnya untuk Bisnis

Ketika Anda sudah memulai bisnis ataupun saat bisnis Anda telah berjalan, pastikan kalau seluruh pengeluaran, aset yang dimiliki, serta pendapatan, dicatat dengan baik. Catatan keuangan ini akan berguna untuk pengembangan bisnis Anda ke depannya

Itulah cara memulai bisnis yang baik untuk Anda yang berniat memulai usaha Anda sendiri dari nol. Tidak perlu terburu-buru untuk memulai bisnis, karena ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan dengan baik.

Related posts

Wow, Ternyata Ini Dia 5 Tambang Emas Terbesar Di Indonesia

Memahami Strategi Distribusi Dalam Bisnis

Pengertian Marketing Manajemen, Fungsi dan Tujuannya

Risma Mualifa