Image default
Bisnis

Apa itu Wirausaha? Ini Dia Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Menjadi Wirausahawan Sukses

Kata wirausaha mungkin sudah sering kita dengar. Sulitnya mencari pekerjaan dan juga keinginan untuk memiliki bisnis sendiri, membuat banyak orang kini memilih berwirausaha. Tapi sebenarnya apa itu wirausaha? Bagaimana ciri-cirinya, dan bagaimana untuk menjadi wirausahawan yang sukses?

Apa Itu Wirausaha?

Sebelum berlanjut lebih jauh berkaitan dengan wirausaha, Anda harus tau dulu pengertian wirausaha. Wirausaha adalah kegiatan usaha atau bisnis mandiri yang sumber daya dan juga kegiatannya dilakukan oleh pelaku usaha itu sendiri. Bisa dibilang, bila Anda berwirausaha, maka Anda akan memulai usaha sendiri, membuat produk baru, menentukan cara produksi produk Anda, Menyusun promosi dan pemasaran produk dan juga mengatur modal bisnis Anda sendiri.

Pengertian wirausaha menurut para ahli, seperti Burgess (1993), wirausaha adalah orang yang melakukan pengelolaan, mengorganisasikan dan juga berani dalam menanggung risiko dalam menciptakan peluang usaha yang baru.

Sedangkan menurut Cunningham dan Lischeron (1991), kewirausahaan adalah rangkaian kegiatan belajar yang menitikberatkan kepada fungsi sentral dalam mengelola perusahaan.

Bisa dibilang, wirausaha ini penting, terutama bagi lingkungan sekitar. Alasannya adalah dengan adanya wirausaha, maka akan membantu menurunkan tingkat pengangguran, karena lapangan pekerjaan pun akan bertambah. Hal ini pun tentu akan berpengaruh pada peningkatan ekonomi bangsa.

Bukan hanya itu saja, banyaknya wirausahawan juga akan membuat terjadinya perubahan. Di mana para wirausahawan ini tentu akan memiliki ide-ide baru, pengembangan dan peningkatan produk atau layanan tertentu yang akhirnya memberikan perubahan yang lebih baik dalam segala aspek.

Sedangkan tujuan wirausaha adalah menghasilkan sesuatu yang punya nilai lebih tinggi dibanding sebelum diolah, mendorong semangat dan mensosialisasikan pengaruh wirausaha ke orang lain, membantu membangun karakteristik wirausaha yang baik, menghasilkan wirausaha yang berkualitas, dan juga membangun kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Tak Hanya Berpenghasilan dari Dunia Entertainment, Ini Dia 6 Perusahaan Milik Artis

Ciri-Ciri Wirausaha dan Wirausahawan

Apa itu Wirausaha dan Ciri-Cirinya

Setelah mengetahui tentang apa itu wirausaha, Anda juga harus paham tentang ciri-ciri serta karakteristik wirausaha dan wirausahawan. Wirausahawan adalah orang yang punya keberanian dalam mengambil risiko dan juga keputusan, punya ide, kreasi dan juga inovasi tinggi, berpikir jangka panjang, punya jiwa kepemimpinan, semangat, kemampuan analisis yang baik dan tidak konsumtif.

Sedangkan karakteristik dari wirausaha adalah adanya aktivitas ekonomi, inovasi atau ide-ide baru, kemauan untuk menanggung risiko, dan juga keuntungan.

Keuntungan dan Kekurangan Bila Menjadi Wirausahawan

Menjadi wirausahawan, bisa dibilang Anda dapat merasakan keuntungan-keuntungan, seperti punya kesempatan yang lebih dalam mengatur pekerjaan sendiri seperti jam kerja dan juga libur, bisa mengasah kemampuan dan meningkatkan kreativitas, bisa melihat potensi diri Anda seperti menjadi pemimpin dan pebisnis, dan Anda dapat membantu membuka lapangan pekerjaan untuk orang yang membutuhkannya.

Walaupun begitu, jangan anggap menjadi wirausahawan adalah hal yang mudah. Karena wirausahawa juga sangat berisiko kehilangan investasi, beban yang lebih berat, serta tidak ada waktu pasti kapan hasil akan didapat.

Cara Menjadi Wirausahawan Sukses

Menjadi Wirausahan Sukses

Bila Anda tertarik untuk menjadi wirausahawan sukses, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Punya skill menjadi pengusaha

Skill dan mental menjadi pengusaha adalah modal utama untuk menjadi wirausahawan sukses. Skill ini dapat berupa paham target pasar, paham kebutuhan pasar, bisa membaca kesempatan, punya kemampuan berkomunikasi yang baik dan lainnya.

2. Punya akses permodalan

Selain skill dan mental, Anda juga akan butuh modal. Punya akses modal yang baik, tentu akan membantu bisnis yang Anda jalani akan lancar dan cepat berkembang. Modal ini bisa saja Anda dapat dari manapun, seperti dari uang pribadi Anda, investor ataupun pinjaman dari Bank.

3. Dapat menjadi solusi untuk masyarakat

Bila Anda ingin bisnis Anda sukses dan dicari banyak orang, maka Anda harus hadir sebagai solusi bagi masyarakat. Dengan begitu, produk atau jasa yang Anda jual akan menjadi kebutuhan bagi banyak orang, dan tentunya ini akan membuat bisnis Anda lebih mudah diterima oleh masyarakat.

4. Cerdik dalam mengambil kesempatan

Persaingan dalam dunia bisnis bisa dibilang sangat ketat. Karena inilah, Anda harus bisa cerdik dalam mengambil kesempatan yang datang agar bisnis Anda bisa lebih maju selangkah di depan kompetitor. Walaupun begitu, Anda tetap harus mempertimbangan segala hal yang berkaitan agar usaha Anda tetap lancar.

Baca Juga: 10 Motivasi Bisnis Untuk Diterapkan Dalam Kehidupan

Setelah membaca penjelasan tentang apa itu wirausaha, ciri-cirinya, keuntungan dan kekurangannya, serta cara menjadi wirausahawan yang sukses, semoga dapat memberikan Anda pemahaman lebih mengenai wirausaha. Terutama bagi Anda yang tertarik untuk mulai berwirausaha.


Agar bisnis Anda dikenal luas dengan cepat, bikin website sekarang dengan jasa pembuatan website dan dapatkan harga spesial khusus hari ini

Related posts

Kumpulan Ide Bisnis Rumahan Dengan Penghasilan Tinggi

Rostina Alimuddin

Mengenal Potensi Kekayaan Alam Indonesia Yang Melimpah

Pengertian Pasar Modern, Ciri, Serta Kelebihan dan Kekurangannya