Image default
Bisnis

Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian dan Fungsinya dalam Perusahaan

Sebuah perusahaan tentulah membutuhkan yang namanya manajemen sumber daya manusia atau sering juga disingkat dengan manajemen SDM. Di perusahaan, divisi yang menangani urusan ini dikenal dengan sebutan Human Resource atau HR. Bagian inilah yang memiliki tanggung jawab penuh dalam berbagai urusan dan kegiatan perusahaan agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Tanpa adanya MSDM, sebuah perusahaan akan sulit untuk berjalan secara maksimal. Untuk mengetahui seberapa pentingnya urusan sumber daya manusia ini dalam sebuah perusahaan atau organisasi maka silahkan menyimak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Peraturan Lembur Depnaker Terbaru yang Wajib Kamu Tahu!

Pengertian Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia

Menurut Rivai (2005), kehadiran manajemen sumber daya manusia sangat penting bagi perusahaan untuk mengelola, mengatur, mengurus dan menggunakan sumber daya manusia sehingga bisa berfungsi secara efektif, produktif, serta efisien dalam mencapai tujuan perusahaan.

Flippo (1976) juga memiliki definisi tersendiri tentang MSDM ini, yaitu “Personnel management is the planning organizing, directing, and controlling of the procurement, development, compensation, integration and maintenance of the people for the purpose of contributing to organizational, individual and social goals”.

Secara keseluruhan manajemen sumber daya manusia ini dapat diartikan sebagai salah satu fungsi dalam perusahaan atau organisasi yang memiliki fokus untuk setiap kegiatan, baik untuk dalam proses perekrutan, pengelolaan hingga pengarahan untuk orang-orang yang terlibat di dalam sebuah perusahaan. HR atau divisi Human Resource inilah yang memiliki tanggung jawab pada setiap pelaksanaan tersebut. Tugas HR bisa dikatakan cukup berat karena mereka harus memastikan bahwa orang-orang di dalam perusahaan memiliki kinerja yang kompeten serta mampu bekerja sama di dalam tim.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Fungsi Manajemen Sumber daya manusia

Mengatur Keanggotaan

Fungsi pertama dalam pengelolaan sumber daya manusia ini ialah untuk mengatur keanggotaan. Terdapat tiga bagian penting dalam keanggotaan ini di antaranya ialah proses perencanaan, penarikan dan seleksi. Seperti yang telah diketahui bahwa sebuah perusahaan yang bagus tentu ditentukan pula oleh orang-orang yang kompeten di dalamnya, oleh sebab itu untuk mendapatkan kriteria pekerja yang kompeten sesuai dengan keahliannya masing-masing maka divisi sumber daya manusia ini perlu mengatur keanggotaan lewat proses tes, wawancara dan lain sebagainya.

Evaluasi

Manajemen sumber daya manusia juga memiliki fungsi sebagai alat evaluasi. Evaluasi yang dimaksud ialah proses pelatihan hingga penilaian. Divisi SDM pada umumnya akan memberikan pelatihan dan penilaian guna mendapatkan hasil evaluasi dari para pekerja di dalam perusahaan.

Kepuasan

Fungsi selanjutnya ialah kepuasan atau dikenal juga dengan istilah pemberian reward. Reward di dalam perusahaan berkaitan erat dengan kinerja yang dimiliki oleh para karyawannya. Pihak sumber daya manusia di sebuah perusahaan biasanya akan mengurus urusan reward ini lewat perkembangan struktur gaji yang baik. Untuk mendapatkan reward ini maka pihak manajer perusahaan harus mengumpulkan evaluasi kinerja penentuan gaji yang akan didapatkan oleh para karyawan yang bersangkutan.

Membangun Relasi

Manajemen sumber daya manusia juga berperan penting dalam hal networking atau membangun relasi di dalam perusahaan. Salah satu contohnya ialah kemampuan networking lewat proses negosiasi dengan pihak perserikatan pekerja. Hubungan yang baik antara pekerja, serikat pekerja dan perusahaan akan menghasilkan keseimbangan di dalam perusahaan. Sehingga, tujuan dari perusahaan pun dapat dicapai  secara maksimal. Oleh sebab itu, pihak SDM berperan penting dalam menjaga ikatan ini.

Menciptakan Kondisi Aman dan Sehat

Adapun fungsi lain dari keberadaan manajemen SDM ini ialah untuk menciptakan kondisi yang aman dan sehat. Dengan begitu, perusahaan dapat menghindari terjadinya resiko kecelakaan yang bisa dialami oleh para karyawan. Untuk menciptakan kondisi yang aman dan sehat di lingkungan perusahaan maka divisi sumber daya manusia perlu melakukan pelatihan khusus berupa pelatihan keselamatan kerja. Tak hanya itu saja, pihak SDM juga wajib untuk membuat laporan setiap mendapatkan kecelakaan kerja di lingkungan perusahaan.

Baca Juga: Pengertian Pemutusan Hubungan Kerja adalah Sebagai Berikut

Mendalami Masalah

Manajemen sumber daya manusia juga memiliki fungsi sebagai problem solver atau penemu solusi dari setiap masalah-masalah yang terjadi di dalam perusahaan. Sebut saja jika terdapat pegawai atau karyawan yang malas datang atau sering datang terlambat. Pada kasus seperti ini, pihak sumber daya manusia harus turun tangan untuk menemukan solusi dari permasalahan yang dialami oleh para pekerjanya.

Hingga hari ini, HR atau Human Resource merupakan pihak yang bertanggung jawab penuh dalam urusan manajemen sumber daya manusia. Oleh sebab itu, mereka harus bekerja secara maksimal untuk tetap menjaga kondisi dan keadaan perusahaan agar tetap berada dalam


Agar bisnis Anda dikenal luas dengan cepat, bikin website sekarang dengan jasa pembuatan website dan dapatkan harga spesial khusus hari ini

Related posts

Ini 4 Cara Memulai Bisnis yang Baik

Ide Green Bisnis yang Harus Dipertimbangkan Setiap Pengusaha

Arif Darmaji

Bisnis Konsultan Adalah: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

Linda Arista