Image default
Bisnis

Manajemen Strategi: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Manajemen strategi merupakan sebuah istilah yang berkaitan erat dengan kegiatan manajemen dan proses pengambilan keputusan di dalam organisasi, kelompok ataupun perusahaan. Setiap perusahaan perlu menerapkan strategi ini untuk mencapai target yang diinginkannya. Untuk mencapai tujuan itu maka setiap orang atau divisi menjalankan perannya masing-masing.

Manajemen yang baik di dalam sebuah perusahaan tentu akan berdampak positif pada kinerja keuangan perusahaan. Dengan demikian, kekuatan bisnis pun akan semakin berlipat ganda. Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi tentang seluk beluk manajemen strategi ini maka silahkan menyimak ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Pengertian Cross Selling dan Up Selling, Contoh dan Perbedaannya

Pengertian Manajemen Strategi

Pengertian manajemen Strategi

Manajemen strategi dapat didefinisikan sebagai proses atau rangkaian aktivitas pengambilan keputusan yang sifatnya mendasar, menyeluruh, serta disertai dengan penetapan cara pelaksanaannya. Pelaksanaan  dibuat oleh pimpinan organisasi atau perusahaan yang kemudian diimplementasikan kepada seluruh divisi di dalam perusahaan untuk mencapai tujuan bersama.

Pada dasarnya di fokuskan untuk benar-benar mencapai tujuan dan target sebuah perusahaan ataupun organisasi. Pelaksanaan strategi yang baik serta tepat sasaran akan memudahkan pencapaian tujuan dari perusahaan. Oleh sebab itu, sangat penting menjalankan strategi ini secara terorganisir agar visi dan misi perusahaan bisa terlaksana sesuai dengan target.

Pengertian Menurut Para Ahli

Beberapa ahli juga memberikan defenisinya masing-masing terkait pengertian dari manajemen strategi ini. Untuk lebih jelasnya silahkan menyimak penjelasannya dari ketiga ahli di bidang ilmu manajemen berikut ini.

1. J. David Hunger

J. David Hunger menyebutkan bahwa manajemen strategi merupakan serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja sebuah perusahaan untuk jangka waktu yang lama. Pada intinya, menurut J. David Hunger ini ialah sebuah tindakan yang berisikan perencanaan-perencanaan serta pengaturan strategi yang efektif untuk mencapai tujuan bisnis. Tentu saja sebuah bisnis yang berjalan dengan baik akan berlangsung dalam waktu yang sangat lama.

2. Thomas Wheelen and Co

Adapun pengertian manajemen strategi menurut Thomas Wheelen and Co yaitu merupakan serangkaian keputusan manajerial serta kumpulan berbagai kegiatan yang menentukan kesuksesan sebuah perusahaan untuk waktu jangka panjang. Kegiatan yang dimaksudkan di antaranya berupa perumusan/perencanaan strategi, pelaksanaan/implementasi strategi dan evaluasi.

3. Nawawi

Sedangkan menurut Nawawi, manajemen strategi merupakan sebuah perencanaan berskala besar yang berorientasi untuk mencapai tujuan masa depan dan didefinisikan sebagai keputusan yang fundamental.

Tujuan Manajemen Strategi

Tujuan

Setelah mengenal definisi dari manajemen strategi dari berbagai ahli selanjutnya mari membahas tentang tujuan nya agar Anda bisa memahaminya dengan baik. Seperti yang telah diketahui dari setiap defenisi yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam pelaksanaannya dibutuhkan manajer yang bertugas untuk menyusun serangkaian strategi perusahaan. Untuk mengetahui lebih detail tentang tujuan-tujuan dari  silahkan menyimak beberapa poin berikut.

1. Memberikan Arah dalam Mencapai Tujuan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kehadiran manajer sangat penting untuk memberikan arahan kepada setiap divisi di dalam perusahaan. Dengan demikian, berbagai kegiatan di dalam perusahaan bisa terkontrol dan terlaksana dengan baik. Arah kegiatan yang jelas dan teratur akan mendukung tercapainya tujuan perusahaan secara efektif.

2. Menjaga Kepentingan Berbagai Pihak

Manajer juga berfungsi dalam menjaga kepentingan berbagai pihak di dalam perusahaan. Pihak-pihak yang dimaksud di antaranya seperti staff, pemegang saham, supplier, perbankan hingga konsumen dan masyarakat.

3. Mengantisipasi Setiap Perubahan Secara Merata

Pelaksanaan manajemen strategi juga bertujuan untuk mengantisipasi berbagai setiap perubahan yang terjadi dalam perusahaan. Dengan demikian, berbagai pihak memiliki persiapan untuk melakukan pengendalian berbagai resiko yang mungkin akan terjadi.

Manfaat Manajemen Strategi Dalam Bisnis

Manfaat Manajemen Strategi

Pada dasarnya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan dalam menerapkan manajemen strategi. Salah satunya ialah untuk mengevaluasi hasil kinerja perusahaan satu tahun sebelumnya. Tak hanya itu saja, perusahaan juga dapat terhindar dari resiko kerugian dan kebangkrutan karena telah memiliki tujuan yang jelas serta memiliki sumber daya yang bekerja secara maksimal.

Baca Juga: 7 Karakteristik Kewirausahaan, Kunci Sukses Bagi Pemula

Hal ini diperlukan untuk mengembangkan sekaligus meningkatkan kualitas perusahaan agar tetap bisa bertahan di tengan ketatnya persaingan di dunia usaha dan bisnis.


Agar bisnis Anda dikenal luas dengan cepat, bikin website sekarang dengan jasa pembuatan website dan dapatkan harga spesial khusus hari ini

Related posts

Wow, Ternyata Ini Dia 5 Tambang Emas Terbesar Di Indonesia

12 Peluang Bisnis Menjanjikan di 2021 untuk Semua Kalangan

Rostina Alimuddin

7 Tips Jitu agar Bisnis Tidak Ditinggal Konsumen