Image default
Uncategorized

Cara Mudah Manage Uang Agar Hidup Lebih Tenang

Cara mudah manage uang memang tidaklah segampang yang dibayangkan. Mengelola keuangan tidak hanya berlandaskan teori dengan membaca atau mempelajari kiat-kiatnya lewat buku atau mungkin melalui internet. Hal paling penting di antara semuanya ialah dengan mempraktekkannya secara langsung dan berkomitmen terhadap prinsip mengatur keuangan.

Tidak bisa dipungkiri jika setiap orang memiliki jumlah pemasukan dan pengeluaran yang berbeda-beda. Terlebih gaya hidup di kota-kota besar berbeda dengan gaya hidup di kota kecil atau di pedesaan. Oleh karena itu, setiap orang mesti bijak dalam mengelola keuangannya. Jika kalian adalah seorang karyawan lama atau mungkin karyawan baru yang baru saja memulai dunia kerja dan bingung dengan cara mengelola keuangan setiap bulannya, mungkin beberapa tips berikut dapat membantu kalian.

1. Gunakan Prinsip 50-20-30

Cara mudah manage uang dengan prinsip 50-20-30
Source: Cermati.com

Cara manage uang yang pertama ialah dengan menerapkan prinsip 50-20-30 setiap gajian. Mungkin banyak yang belum tahu dan paham dengan pola mengatur keuangan yang satu ini. Padahal prinsip keuangan 50-20-30 ini sudah membantu banyak orang untuk hidup yang lebih hemat. Jadi, maksud 50-20-30 ini ialah, kalian harus mengalokasikan 50 persen jumlah gaji kalian setiap bulannya untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Sebut saja untuk belanja makanan, biaya transportasi, biaya tagihan listrik, pulsa, air hingga untuk membayar sewa kosan atau rumah.

Adapun 20 persennya kalian gunakan  untuk menabung dan berinvestasi. Jangan lupa untuk menyimpan pendapatan kalian untuk dana darurat. Dana darurat ini sangat berguna dalam berbagai situasi yang tak terduga seperti kecelakaan hingga biaya perbaikan kendaraan atau barang-barang penting lainnya yang rusak. Selain itu, gunakan juga sebagian gaji kalian untuk keperluan investasi di beberapa instrument seperti reksadana pasar uang, obligasi atau reksadana saham.

Untuk anggaran 30 persen yang tersisa bisa kalian gunakan untuk kebutuhan hiburan dan liburan. Uang tersebut bisa dibelanjakan untuk keperluan belanja baju atau membeli gadget idaman. Pada dasarnya, kalian juga bisa mengecilkan atau bahkan memperbesar pola prinsip 50-20-30 ini. Entah itu, 60-20-20 atau 40-40-20, semuanya tergantung dari pemasukan dan pengeluaran yang memang kalian perlukan.

2. Kurangi Tagihan Bulanan

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya bahwa kalian bisa mengatur pola prinsip keuangan sesuai kebutuhan hidup kalian. Anggaran keuangan yang mungkin bisa kalian kurangi ialah dengan membatasi jumlah belanja pakaian dan hiburan setiap bulannya. Begitu halnya untuk kebutuhan pokok sehari-hari, kalian bisa berbelanja di gerai-gerai yang lebih murah dan punya banyak diskon dibandingkan berbelanja di supermarket besar.

3. Berhenti Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit memang semacam penyelamat bagi banyak orang. Namun, kartu kredit juga justru bisa menjadi boomerang untuk para penggunanya. Bagaimana tidak, para pengguna kartu kredit yang lupa diri hanya akan terus menumpuk banyak hutang. Tanpa mereka sadari, kartu kredit tersebut akan mengontrol kebutuhan hidup para penggunanya. Pada akhirnya, mereka pun tidak memiliki tabungan untuk mencapai tujuan keuangannya. Oleh sebab itu, berhentilah memanfaatkan kartu kredit mulai dari sekarang.

4. Menyisihkan Tabungan Setiap Minggu

Berapapun besar pendapatan yang kalian dapatkan, tetaplah menyisihkan tabungan setiap minggunya. Meskipun jumlahnya hanya sedikit, akan tetapi menabung secara bertahap setiap minggunya akan menghasilkan nominal yang cukup banyak ketika kalian kumpulkan di akhir bulan atau mungkin di akhir tahun. Uang tabungan setiap minggu ini tentu bisa kalian gunakan untuk membeli barang keperluan atau mungkin untuk kebutuhan liburan.

5. Berkomitmen Pada Tabungan

Komitmen pada tabungan menjadi kunci manage uang dengan mudah
Source: Liputan.com

Punya banyak gaji tapi tetap boros sama saja dengan berperilaku miskin. Akan lebih baik memiliki pendapatan kecil tapi pandai mengelola keuangan. Berkomitmen terhadap tabungan yang dimiliki adalah salah satu cara dalam memanage keuangan sayangnya, banyak yang kesulitan untuk menerapkannya. Oleh karena itu, pertahankanlah komitment kalian untuk tetap tidak berperilaku boros sehingga tabungan kalian pun akan tetap terlindungi.

6. Tingkatkan Dana Pensiun

Saat kalian telah mendapatkan gaji tetap setiap bulannya, usahakan untuk fokus dalam meningkatkan dana pensiun. Dana pensiun masih dianggap enteng oleh sebagian orang sehingga banyak dari mereka yang menghabiskan uangnya untuk keperluan yang tidak amat penting. Padahal, dengan adanya dana pensiun maka kalian sudah selangkah lebih maju untuk hari tua kalian.

7. Temukan Sumber Penghasilan Tambahan

Cara mudah manage uang juga dipengaruhi dengan jumlah pendapatan. Penghasilan bulanan yang tinggi tentu akan membuat kalian lebih mudah dalam mengelola pengeluaran. Namun, jika pendapatan yang kalian dapatkan dirasa masih kurang untuk kebutuhan hidup maka ada baiknya untuk menemukan peluang usaha sampingan.

8. Tingkatkan Keterampilan Kerja

Skill di zaman serba digital ini memang banyak diperlukan. Terutama untuk industri digital dan juga kreatif. Agar tidak ketinggalan maka tingkatkanlah keterampilan kerja kalian. Selain meningkatkan skill dan pengalaman, kalian juga bisa mendapatkan penghasilan lewat skill yang kalian punya itu. Saat ini juga sudah banyak jenis kursus dari pemerintah untuk meningkatkan keterampilan kerja tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Jika masih sanggup, kalian juga bisa memilih opsi untuk melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi. Ijazah dan sertifikat yang kalian dapatkan tentu akan sangat berguna dalam jenjang karir kalian selanjutnya.

9. Negosiasikan Bunga saat Mengajukan Pinjaman

Saat mengajukan pinjaman untuk keperluan kalian jangan lupa untuk melakukan negosiasi bunga pinjaman. Untuk pengajuan negosiasi ini maka silahkan datang langsung ke bank bersangkutan. Setelah itu pihak bank akan berdiskusi terkait bungan dan tenor pinjaman kalian. Dengan melakukan langkah ini maka kalian bisa menjaga kondisi keuangan kalian secara menyeluruh.

10. Menabung Uang Receh

Yuk menabung uang receh
Source: Kompas.com

Uang receh memang kadang disepelehkan. Padahal uang receh yang kalian dapatkan dari kembalian saat berbelanja bisa menjadi dana darurat yang kalian butuhkan sewaktu-waktu. Oleh sebab itu, saat kembali berbelanja, taruhlah uang receh tersebut pada wadah tabungan khusus uang receh. Seiring berjalannya waktu, jumlah uang receh ini akan bertambah dan bisa menambal kebutuhan tiba-tiba kalian. Sebut saja saat akhir bulan di mana kalian lagi butuh-butuhnya untuk jajan atau mungkin sekedar membeli pulsa.

11. Mencatat Pendapatan Dan Pengeluaran

Hal penting lainnya untuk mengelola keuangan dengan bijak ialah dengan mencatat semua pendapatan dan pengeluaran kalian. Mungkin terdengar cukup rempong untuk melakukan pencatatan, akan tetapi hal ini bertujuan untuk melacak ke mana perginya uang kalian setiap bulannya. Oleh karena itu selepas gajian, buatlah daftar pengeluaran seperti membeli kebutuhan sehari-hari hingga tagihan bulanan yang harus dibayarkan. Kelompokkanlah daftar pengeluaran kalian untuk kategori mingguan hingga bulanan. Dengan demikian, kalian bisa mengatur pengeluaran yang melebih budget untuk bulan selanjutnya.

Nah, itulah beberapa tips mudah atau cara mudah manage uang yang perlu kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mengelola keuangan secara bijak juga akan membantu kalian untuk mencapai tujuan keuangan. Kurangi gaya hidup yang berlebihan serta fokus pulalah pada portofolio investasi kalian, dengan begitu kalian juga bisa mencapai kebebasan finansial dengan lebih cepat.

Related posts

Cara Menerapkan Digital Marketing Untuk Bisnis dan Manfaatnya

Mengenal Digital Marketing Fundamentals Untuk Pemula

Rostina Alimuddin

Cara Mengubah Gaya Hidup Konsumen yang Konsumtif

Marsyaviani Darestuti

Leave a Comment