Image default
Bisnis

Pentingnya Penilaian Pasar dan Manfaatnya untuk Bisnis

Bayangkan jika ada seorang konsumen yang melihat iklan produk dari bisnis kamu dan konsumen tersebut berpikir “Wah, inilah yang kubutuhkan!”. Di sinilah pentingnya penilaian pasar yakni untuk menarik perhatian konsumen. Untuk itu, kamu selaku pemilik bisnis harus membuat skenario pemasaran produk yang jitu melalui riset atau penilaian pasar yang strategis.

Selain itu, apa saja pentingnya penilaian pasar? Apa saja manfaatnya untuk perkembangan bisnis kamu? Temukan jawabannya di sini!

Apa Itu Penilaian Pasar?

Apa itu penilaian pasar?
Apa itu penilaian pasar? Source: Pexels.com

Penilaian pasar adalah proses dimana pemasar produk mengumpulkan informasi tentang preferensi pasar dan penggunanya. Proses ini memainkan peran penting dalam pemasaran produk. Dengan melakukan penilaian pasar, tim sales maupun marketing bisa lebih memahami tren pasar, membangun produk baru, dan meningkatkan produk yang ada.

Baca Juga: Kenali Aspek Pemasaran Berikut Dalam Menjalankan Bisnis

Sementara itu, manajer pemasaran dapat mendukung perusahaan dalam membedakan produknya dari pesaing dalam industri. Maka dari itulah, penilaian pasar menjadi bagian penting dari strategi bisnis apa pun, baik itu bisnis B2B, B2C, berskala besar atau kecil, baru atau lama.

Penilaian pasar memungkinkan perusahaan kamu untuk memahami kebutuhan dan permintaan dan penawaran di pasar. Hal ini mencakup rincian tentang peluang pasar, pendukung dan hambatan pertumbuhan, struktur biaya industri, saluran distribusi, tren pasar, faktor kunci keberhasilan, daya saing pasar, dan preferensi konsumen.

Mengapa Penilaian Pasar Penting untuk Bisnis Kamu?

Pentingnya penilaian pasar untuk bisnis
Source: Pexels.com

Penilaian pasar memungkinkan bisnis kamu untuk:

  • Mengidentifikasi potensi pasar dari bisnis dengan memahami dinamika pasar dan konsumen.
  • Memprediksi penjualan dengan mengevaluasi ukuran basis konsumen yang ada dan potensial.
  • Akses modal dengan menunjukkan potensi pasar produk atau layanan yang kamu tawarkan.
  • Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan bisnis jangka pendek dan jangka panjang
  • Menilai kinerja bisnis dengan membandingkan penawaran produk kamu dengan penawaran pesaing.
  • Menentukan harga penawaran produk dengan menganalisis kebutuhan konsumen dan kesediaan mereka untuk membayar.
  • Menilai peluang untuk ekspansi ke pasar yang berdekatan dan mengembangkan penawaran bisnis.

Manfaat Penilaian Pasar untuk Perkembangan Bisnis

Penilaian Terhadap Bisnis
Manfaat Penilaian Pasar

Riset atau penilaian pasar dapat memberikan manfaat yang besar bagi bisnis kamu. Inilah beberapa manfaat penelitian pasar yang paling berdampak dalam bisnis:

1. Membantu Kamu Mengidentifikasi Basis Pelanggan

Tidak mungkin membangun brand awareness yang sukses kecuali kamu menjalin komunikasi dan interaksi dengan calon pelanggan. Dan interaksi dengan calon pelanggan tidak akan berjalan baik tanpa kamu mengetahui karakteristik target audiens kamu. Lantas, bagaimana cara untuk memperoleh data tersebut? Jawabannya adalah melakukan penilaian atau riset pasar.

Pastikan identifikasi basis pelanggan kamu dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  • Kepada siapa produk kamu ditujukan?
  • Siapa buyer persona kamu?
  • Fitur apa yang audiens inginkan dari produk kamu?
  • Berapa harga yang bersedia pelanggan bayar untuk membeli produk kamu?

Dari pertanyaan di atas, kamu bisa mengetahui bahwa proses riset pasar memungkinkan kamu untuk memperoleh gambaran dengan jelas tentang pelanggan ideal (melalui jenis kelamin, usia, lokasi, pendapatan, dan lain-lain) dan produk yang akan kamu buat, seperti yang ditentukan oleh kebutuhan pelanggan. Dengan begitu, kamu menyesuaikan strategi pemasaran agar sukses.

2. Menjangkau Pelanggan

Ketika kamumemahami target pelanggan kamu dengan lebih baik, artinya kamu akan lebih mudah menjangkau mereka dengan lebih efektif. kamu tidak perlu membuang waktu dan uang untuk trial and error saat strategi pemasaran yang tepat.

3. Penilaian Pasar Dapat Mencegah Risiko

Sebelum meluncurkan produk, penting untuk melakukan penelitian dan pengujian yang ketat, untuk mengurangi risiko. Biarkan calon pembeli mengujinya terlebih dahulu, sehingga kamu dapat memperbaiki kekurangannya dengan melakukan riset pasar.

Tidak disarankan untuk membuat keputusan berdasarkan insting karena jika terjadi kesalahan, kamu akan menyesal tidak melakukan pengujian terhadap produk. Inilah pentingnya penilaian pasar, yakni untuk mencegah terjadinya kesalahan yang berakibat pemborosan dana perusahaan.

4. Menganalisa Persaingan

Salah satu pentingnya penilaian pasar yang tidak boleh kamu abaikan adalah membantu kamu untuk menganalisa persaingan. Dengan melakukan riset atau penilaian pasar, kamu bisa mengetahui kelemahan dan kelebihan pesaing bisnis kamu, sehingga bisa membuat produk yang lebih baik dan menyusun strategi pemasaran produk yang lebih efektif.

Baca Juga: Mengenal Hubungan Industri: Pengertian Hingga Penyelesaian Perselisihan

5. Identifikasi Peluang untuk Pertumbuhan Bisnis

Pentingnya penilaian pasar bukan hanya langkah penting saat perusahaan yang meluncurkan produk baru. Melakukan penilaian pasar secara berkala dapat membantu menemukan peluang baru agar bisnis kamu semakin berkembang. Misalnya peluang untuk bermitra dengan bisnis lain, menjangkau lebih banyak segmen pasar, dan mengembangkan produk.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pentingnya penilaian pasar bukan cuma untuk pemasaran produk saja, tapi juga untuk perkembangan bisnis secara keseluruhan. Sudahkah kamu melakukan riset atau penilaian pasar?

Related posts

Pengertian, Manfaat dan Elemen Penting Dalam Bisnis Model Canvas

Daftar Bisnis Franchise Makanan dan Minuman Kekinian Paling Recommended!

Rostina Alimuddin

Menjajal Peluang Bisnis Bunga Hias Plastik. Perhatikan Hal Penting Ini!