Image default
Bisnis

7 Tips Jitu agar Bisnis Tidak Ditinggal Konsumen

Memiliki bisnis memang tidaklah semudah yang terlihat. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi demi mempertahankan kesuksesan dalam bisnis. Kesalahan sedikit saja ternyata bisa mendatangkan kerugian. Agar bisnis tidak ditinggal konsumen maka Anda perlu melakukan langkah yang tepat.

Saat bisnis Anda sedang surut, maka jangan berdiam diri saja. Lakukanlah evaluasi untuk membangkitkan bisnis Anda kembali. Anda harus mempertahankan pelanggan yang ada serta mencari cara untuk menggaet konsumen baru.

Mempertahankan Kualitas

Kualitas adalah segalanya bagi kebanyakan konsumen. Konsumen tentu tidak akan kabur dan mencari produk lain jika produk yang Anda tawarkan memang berkualitas. Sebaliknya, jika Anda menurunkan kualitas barang, para konsumen justru akan beralih kepada kompetitor lainnya.

Baca Juga: 8 Bisnis Anak Muda Paling Populer dengan Hasil Menjanjikan

Kalaupun Anda terkendala oleh harga bahan yang mahal, maka menurunkan kualitas barang bukanlah solusinya. Akan lebih baik untuk menaikkan harga barang atau dengan mengurangi ukuran produk.

Menjaga Kualitas Pelayanan

Menjaga kualitas agar bisnis tidak ditinggal konsumen

Tak hanya dari segi kualitas produk, agar bisnis tidak ditinggal konsumen Anda juga harus menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan. Pelayanan yang cepat, praktis dan responsif tentu akan lebih digemari oleh para konsumen. Sebagai contoh, Anda bisa menyediakan layanan delivery atau bermitra dengan layanan dompet digital agar konsumen lebih mudah melakukan transaksi.

Jangan lupa untuk menghadirkan layanan call center yang responsif. Pastikan untuk memiliki admin yang bertugas untuk menjawab segala pertanyaan, saran hingga keluhan konsumen.

Mengetahui Kebutuhan Konsumen

Sebuah produk atau jasa dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen di pasar. Oleh sebab itu, dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda harus tahu dan paham betul tentang kebutuhan dari para konsumen. Pilihlah jenis produk yang paling banyak dicari setelah itu produksi dan kembangkanlah produk tersebut.

Namun, saat memasarkan sebuah produk, pastikan untuk mempertimbangkan kemampuan dan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Utamakanlah kualitas dibandingkan kuantitas jenis produk. Akan lebih baik fokus pada satu atau dua produk dibandingkan harus memproduksi banyak jenis produk.

Memberikan Penawaran Istimewa

Salah satu trik untuk membuat konsumen semakin betah pada bisnis Anda ialah dengan menghadirkan berbagai macam penawaran menarik. Anda bisa memberikan diskon, voucher, cashback hingga melakukan give away.

Tak perlu setiap hari, Anda bisa memberikan penawaran seperti diskon atau cashback sekali sebulan atau beberapa bulan sekali. Cara seperti ini tentu akan menarik perhatian para pelanggan maupun calon konsumen baru.

Jangan Mengumbar Janji

Terlalu mengumbar janji juga bisa membuat pelanggan Anda kabur. Jadi, pastikan untuk selalu amanah kepada para konsumen Anda. Sebagai contoh, jika Anda menjanjikan pelanggan untuk membawa barang yang dipesan pada hari Senin maka pastikan untuk mengirim barang tersebut sesuai hari yang telah ditentukan. Pembatalan pengiriman secara tiba-tiba tentu akan membuat pihak konsumen merasa dirugikan.

Melatih Skill Karyawan

Pelayanan yang baik juga berasal dari para staff yang profesional. Sebagai pemimpin dalam perusahaan, ada baiknya jika Anda juga turun tangan dalam melatih skill para karyawan. Namun, tentu akan lebih baik lagi jika Anda mengikutkan para karyawan dalam sebuah training. Hal ini akan menjadi bekal mereka dalam meningkatkan kualitas pelayanan bisnis.

Pelatihan yang dimaksud tak hanya seputar masalah skill, tetapi juga mengenai attutide yang baik dan benar saat melayani pelanggan. Saat ini, banyak sekali bisnis yang bermasalah dan menjadi viral karena pelayanan yang dihadirkan oleh karyawannya sangatlah mengecewakan pelanggan.

Memanfaatkan Media Sosial

Di tengah kemajuan industri teknologi dan digital saat ini, Anda seharusnya memaksimalkan berbagai platform sosial media dalam mempromosikan bisnis. Anda bisa mempromosikan berbagai jenis produk terbaru lewat sosial media hingga memberikan give away dan penawaran istimewa lainnya.

Baca Juga: 7 Cara Bisnis Online Ini Penting untuk Dimaksimalkan Agar Berhasil Meraup Untung Besar

Memanfaatkan media sosial juga menjadi bagian dari strategi marketing yang terbilang efektif saat ini. Anda bahkan bisa menemukan konsumen terbaru karena jangkauan sosial media yang terbilang lebih luas jika dibandingkan melakukan promosi secara manual.

Beberapa langkah di atas merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisnis tidak ditinggal konsumen. Inovasi dan evaluasi memang menjadi hal yang sangat penting dalam mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda. Oleh sebab itu, diperlukan langkah-langkah yang tepat untuk menjaga citra bisnis di mata konsumen.


Agar bisnis Anda dikenal luas dengan cepat, bikin website sekarang dengan jasa pembuatan website dan dapatkan harga spesial khusus hari ini

Related posts

Bisnis Konsultan Adalah: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

Linda Arista

Inilah 3 Manfaat Merencanakan Keuangan Bisnis

Arif Darmaji

12 Peluang Bisnis Menjanjikan di 2021 untuk Semua Kalangan

Rostina Alimuddin