Image default
Bisnis

7 Karakteristik Kewirausahaan, Kunci Sukses Bagi Pemula

Saat membangun bisnis, seorang pengusaha sangat perlu memunculkan karakter entrepreneur yang ia miliki. Karakteristik kewirausahaan akan menjadi modal kuat bagi seseorang untuk membangun bisnis dengan gaya kepemimpinannya sendiri. Karakteristik kewirausahaan akan menjadi kunci membangun budaya perusahaan.

Banyak faktor yang digunakan untuk memulai bisnis yang sukses, termasuk konsep yang kuat dan beberapa pendanaan awal. Mungkin unsur terpenting bagi calon pengusaha adalah rasa tanggung jawab untuk mengubah ide mereka menjadi bisnis yang beroperasi penuh.

Jika kamu memiliki ide dan berencana untuk mengembangkannya, jangan khawatir tentang hal-hal yang harus dipersiapkan. Untuk menjadi seorang wirausahawan agar bisnis melejit dan sukses, hal pertama yang harus dimiliki adalah karakteristik kewirausahaan. Yuk simak penjelasan berikut.

Baca Juga: 5 Bisnis Menguntungkan yang Bisa Di Coba Para Newbie

1. Memiliki Semangat Tinggi yang Stabil

Pengusaha sukses memiliki gairah untuk apa yang mereka lakukan. Apakah itu penemuan baru, peningkatan pada produk yang sudah ada, atau layanan revolusioner, pengusaha sukses percaya bahwa penawaran mereka mengubah permainan dan mereka tahu mengapa. Mereka juga tahu bagaimana menyampaikan gairah ini kepada orang lain.

2. Memiliki Ilmu Dasar Berbisnis

Sebagai seorang pengusaha, kamu perlu melakukan secuil pengorbanan atau bahkan mengusahakan segalanya dalam bisnismu, setidaknya menanamkan karakteristik kewirausahaan ini di awal perjuanganmu. Bahkan saat kamu tumbuh dan mempekerjakan staf, kamu harus memiliki rasa ingin tahu akan apa saja yang berubah di bidang akuntansi, pemasaran, pembelian, dan di tempat lain.

Jika kamu belum memiliki pengetahuan ini, maka cara lainnya adalah mendapatkan gelar bisnis yang dapat sangat membantu. Program gelar khusus bisnis dapat mengajarkan kamu tentang semua aspek bisnis, memberi Anda dasar yang luas untuk membangun. Di beberapa sekolah, kamu bahkan dapat berspesialisasi dalam kewirausahaan untuk membantu mewujudkan impianmu. Memiliki semua pengetahuan yang diberikan oleh gelar bisnis dapat membantu memastikan usaha baru kamu dimulai dengan sebaik mungkin.

3. Memiliki Rasa Percaya Diri

Karakteristik Kewirausahaan dengan memiliki kepercayaan diri

Percaya diri adalah salah satu ciri utama seorang wirausahawan. Karakteristik kewirausahaan yang satu ini berjalan seiring dengan gairah. Pengusaha sejati percaya bahwa mereka memiliki kemampuan untuk membawa produk mereka ke pasar. Terkadang ini berarti mencoba pendekatan baru jika yang pertama tidak berhasil, serta memiliki kemampuan untuk mengatasi rintangan yang pasti akan menghadang bisnismu.

4. Memiliki Rencana Matang

Ada satu ungkapan “Tidak ada yang berencana untuk gagal, mereka hanya gagal untuk merencanakan.” Tidak ada yang lebih benar daripada saat memulai bisnis. Hampir tidak mungkin untuk merencanakan bisnis bagi pemula secara berlebihan. Maka ungkapan tadi dapat dimaknai agar bersiaplah untuk rencana dalam membuat suatu perubahan. Pengusaha harus cukup fleksibel untuk membuang rencana yang terbukti tidak dapat dijalankan dan menukarnya dengan rencana lain.

Baca Juga: Dilihat dari Beberapa Sisi, Ternyata Seperti Ini Beda Bisnis dan Usaha

5. Aktif

Salah satu karakteristik kewirausahaan ini merupakan hal terpenting seorang wirausahawan. Kemampuan memasarkan dan jaringan seringkali ini menjadi ciri kepribadian—beberapa orang secara alami ramah, dengan kemampuan untuk berbicara dengan siapa pun. Tetapi jika kamu lebih dari seorang introvert, jangan khawatir. Ini adalah keterampilan yang bisa dipelajari.

Hal pertama yang kamu butuhkan untuk mempelajari karakteristik kewirausahaan ini adalah dengan memasarkan secara efektif adalah memiliki elevator pitch. Yaitu kegiatan pidato singkat tentang produk kamu serta alasan mengapa itu menarik. Pikirkan tentang apa yang akan kamu katakan jika kamu berada di lift dengan calon investor. Apa yang kamu ingin dia ketahui dalam 45 detik atau lebih yang diperlukan sebelum keluar lift?

Setelah kamu memiliki elevator pitch, gunakan itu dimanapun. Pada setiap orang yang kamu temui. Beritahu temanmu, tetanggamu dan siapapun termasuk orang-orang yang ikut andil dalam kehidupan sehari-harimu. Jangan takut untuk langsung menelepon atau mengirim email kepada orang yang dapat membantu usaha kamu.

6. Mampu Mengelola Keuangan

Mampu mengelola uang adalah karakteristik kewirausahaan yang tidak kalah penting dari seorang wirausahawan. Memiliki gelar bisnis dapat memberi kamu cukup landasan dalam akuntansi dan keuangan untuk mengelola uang sendiri di awal.

7. Pantang Menyerah

Membawa produk atau layanan ke pasar adalah salah satu bentuk usaha dan kerja keras. Karena kamu sudah memiliki semangat dan kepercayaan diri, itu mungkin tidak tampak seperti pekerjaan bagimu, tetapi akan ada saatnya kamu berpikir bahwa kamu telah melakukan semua yang kamu bisa.

 

Saat itulah kamu harus selalu semangat dan bangkit kembali, mengerahkan pengetahuan, keahlian, semangat, dan komitmen yang kamu miliki, dan mencobanya sekali lagi.


Agar bisnis Anda dikenal luas dengan cepat, bikin website sekarang dengan jasa pembuatan website dan dapatkan harga spesial khusus hari ini

Related posts

12 Peluang Bisnis Menjanjikan di 2021 untuk Semua Kalangan

Rostina Alimuddin

Kenali Aspek Pemasaran Berikut Dalam Menjalankan Bisnis

7 Alasan Pentingnya Menerapkan Manajemen Bisnis dalam Menjalankan Usaha

Risma Mualifa