Image default
Bisnis

Menjajal Peluang Bisnis Bunga Hias Plastik. Perhatikan Hal Penting Ini!

Para pecinta tanaman hias seperti bunga-bungaan, bisa dibilang sedang banyak sekali. Hal ini pun ternyata berlaku pula pada penyuka bunga hias plastik. Karena banyaknya antusiasme dari masyarakat inilah, ada peluang bisnis bunga hias plastik yang layak dan menarik untuk dicoba.

Ide bisnis satu ini semakin menarik, banyaknya orang yang ingin memperindah bagian rumahnya, namun tidak ingin ribet dalam hal perawatan. Selain itu, bunga hias plastik juga bisa digunakan di momen-momen tertentu seperti hari ulang tahun, pernikahan, dan lainnya.

Itulah kenapa, banyak orang yang lebih memilih bunga hias plastik dibanding bunga hias hidup yang butuh perawatan seperti pemilihan tanah, lingkungan sekitar tanaman dan juga harus rutin disiram agar tetap hidup. Sedangkan bunga hias plastik tidak membutuhkan itu semua.

Apalagi bunga hidup umumnya mengharuskan kita untuk mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, baik itu saat pembelian pertama kali ataupun biaya perawatannya.

Baca Juga: 8 Bisnis Anak Muda Paling Populer dengan Hasil Menjanjikan

Target market dari bisnis bunga hias plastik inipun beragam, dari ibu rumah tangga ataupun anak muda. Keindahan bunga hias plastik yang menyerupai aslinya inipun membuatnya semakin diminati. Selain itu, bunga plastik pun bisa dirangkai, seperti layaknya bunga hidup. Rangkaian bunga plastik dengan pot warna-warni yang cantik, membuatnya nilai jualnya semakin tinggi dibandingkan bunga plastik yang tidak dirangkai.

Peluang Bisnis Bunga Hias Plastik

Keuntungan dan Kelemahan Bisnis Bunga Hias Plastik

Untuk memulai bisnis ini, Anda sebaiknya mengetahui terlebih dulu keuntungan dan juga kelemahan bisnis yang akan Anda jalani. Ini diharapkan agar Anda pun bisa memikirkannya dengan matang untuk memulai usaha ini.

Keuntungan dalam memulai bisnis satu ini tentunya adalah karena bunga plastik dinilai banyak orang lebih awet dan juga tahan lama. Apalagi harganya pun cenderung lebih murah daripada bunga hidup. Akan tetap ada banyak orang yang selalu mencari bunga hias plastik ini, baik untuk dekorasi rumah pribadinya, ataupun acara-acara tertentu.

Tapi, di balik keuntungan tersebut, ada juga kelemahan dalam bisnis ini, apalagi bila Anda tidak cukup jago dalam hal berkreasi ataupun melakukan promosi.

Anda harus bisa kreatif dalam merangkai bunga-bunga plastik yang Anda jual. Teknik yang diperlukan pun mungkin bisa saja sederhana, dan bisa juga sangat sulit serta memerlukan ketelitian. Karena, Anda harus pandai mengkombinasikan bunga dan juga warna bunga, agar terlihat indah. Kecuali bila bunga yang Anda jual adalah bunga yang sudah memiliki rangkaian tertentu, dan Anda hanya tinggal membuatnya rapi sebelum dijual pada pembeli.

Selain itu, tidak sedikit juga usaha satu ini menghasilkan omzet yang tidak besar. Karena banyaknya penjual yang belum merambah dunia digital, seperti berjualan di e-commerce ataupun media sosial. Padahal dengan menjual dagangan mereka di e-commerce dan media sosial, bisa membantu mereka untuk mengenalkan produk yang mereka jual, dan juga menjangkau pasar yang lebih luas, tanpa terkendala waktu dan jarak.

Keuntungan dan Kelemahan Bisnis Bunga Hias Plastik

Tips Memulai Bisnis Bunga Hias Plastik

Bila Anda memutuskan untuk mencoba memulai bisnis satu ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan harus Anda lakukan, agar bisnis dapat berjalan lancar dan sukses.

Pertama, Anda harus menentukan konsep penjualan produk Anda. Bila Anda ingin menjual sesuatu yang berbeda, unik, dan membuat orang tertarik, sebaiknya buat produk Anda berbeda dari yang orang lain jual.

Anda dapat menjual bunga hias plastik yang Anda rangkai sendiri dalam hal pemilihan bunganya, warna bunga, dan juga vas atau pot yang digunakan. Ini akan menjadi nilai tambah dari produk yang Anda jual. Bila memungkinkan, Anda juga bisa membuka jasa custom rangkaian bunga, di mana pembeli bisa memilih sendiri bunga hias plastik yang mereka inginkan. Selain itu, pastikan Anda menjual beraneka ragam bunga, sehingga orang pun punya pilihan yang banyak.

Baca Juga: Ide Bisnis Pertanian Anak Muda yang Menguntungkan. Tertarik Mencoba?

Kemudian, pastikan Anda melakukan promosi dan penjualan di internet, seperti media sosial dan juga e-commerce. Buat akun media sosial bisnis Anda semenarik mungkin. Ini akan membuat calon pembeli pun melihat bisnis Anda lebih terpercaya, hingga akhirnya melakukan pembelian.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memulai usaha bunga hias plastik.

Related posts

Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian dan Fungsinya dalam Perusahaan

Rostina Alimuddin

Yuk Coba! 5 Produk Jualan Online Paling Laris

Isthar Pelle

Ide Bisnis Pertanian Anak Muda yang Menguntungkan. Tertarik Mencoba?

Leave a Comment