Image default
Bisnis

Apa Itu Strategi Pemasaran Produk, Fungsi dan Tips Membuatnya

Strategi pemasaran produk adalah hal yang wajib dimiliki sebuah brand maupun perusahaan untuk tetap eksis di dunia bisnis yang digeluti. Berangkat dari ide atau gagasan awal yang dikembangkan untuk mencari hasil terbaik.

Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, strategi pemasaran produk harus memiliki kompetensi yang dapat mencakup banyak aspek seperti ide, konsep, pengembangan, pengujian pasar, penetapan harga, pelatihan SDM, dan pelaksanaan promosi.

Sebagai pelaku bisnis, Anda harus mulai memahami dan menerapkan strategi bisnis yang sekiranya mampu membuat perusahaan maupun bisnis Anda tetap berdiri kokoh. Maka dari itu artikel ini akan membahas tuntas mengenai strategi pemasaran, fungsi dan juga tips membuatnya.

Apa Itu Strategi Pemasaran Produk

Strategi Pemasaran Produk

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya strategi pemasaran produk memiliki peranan yang teramat penting bagi sebuah bisnis, bisa dibilang kegiatan ini adalah langkah atau upaya pengenalan produk pada publik guna kebutuhan pemasaran produk.

Strategi pemasaran produk mencakup setiap departemen dalam perusahaan mulai dari teknik dan desain hingga distribusi dan penjualan. Kegiatan ini akan memfasilitasi kegiatan promosi dan penjualan produk baru ke pasar sasaran.

Baca Juga: Yuk Coba! 5 Produk Jualan Online Paling Laris

Upaya yang dilakukan bertujuan untuk membuat semua orang mengenal dan pada akhirnya membeli produk yang dipasarkan. Dengan cara tetap fokus pada basis kepuasan pelanggan dan segmen pasar bisnis atau produk.

Strategi ini mengharuskan perusahaan mencari tahu kebutuhan pasar. Mengatur langkah terbaik untuk memasarkan produk tersebut. Strategi yang maksimal dan efektif pada sebuah perusahaan belum tentu berhasil pada perusahaan lain, maka dari itu strategi menjadi kunci sukses untuk bisnis atau perusahaan yang Anda kembangkan.

Fungsi

Fungsi dari Strategi Pemasaran Produk

Fungsi utama dari strategi pemasaran untuk produk adalah untuk meningkatkan potensi penjualan produk. Dengan treatment yang tepat strategi yang dibuat akan memenuhi fungsi-fungsi dibawah ini:

  •         Meningkatkan potensi produk maupun kinerja perusahaan.
  •         Media pengawasan kegiatan pemasaran.
  •         Meningkatkan motivasi kerja dan pengembangan bisnis.
  •         Meningkatkan efisiensi kerja dan koordinasi antar divisi.
  •         Memetakan cara mencapai tujuan perusahaan.
  •         Meningkatkan angka penjualan.
  •         Menunjukkan eksistensi pada pihak bersangkutan (kompetitor, konsumen, investor dan lain sebagainya).

Tips Membuat Strategi

Ada banyak aspek yang harus diperhatikan saat membuat dan menentukan strategi bisnis terbaik untuk perusahaan atau pemasaran produk yang Anda jual. Berikut beberapa diantaranya:

1. Kenali Niche Pasar Terlebih Dahulu

Tips pertama adalah mengenali niche pasar dari produk yang Anda jual. Niche pasar sendiri adalah target pasar yang lebih spesifik yang berpotensi untuk membeli produk yang Anda jual.

2. Riset Pasar

Selanjutnya ada riset pasar yang akan membantu Anda mengetahui kebutuhan pasar, minat pasar, dan kemampuan beli konsumen dengan analisis kompetitif. Dari riset tersebut Anda akan menemukan apa yang harus Anda perbuat dengan produk Anda.

3. Riset Kompetitor

Saling menganalisa sesama pebisnis dengan produk yang serupa dapat menumbuhkan jiwa kompetitif. Selain itu dengan meneliti apa yang dilakukan kompetitor Anda bisa menentukan strategi terbaik untuk bisa tetap bersaing dengan produk yang mereka jual.

4. Pengujian Produk

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah pengujian produk di lapangan, Anda bisa melakukan survey, memberikan tester dan meminta pendapat konsumen untuk tahu apa yang harus diperbaiki dari produk yang akan Anda luncurkan.

5. Optimasi Sosial Media

Dengan mengoptimasi sosial media produk maupun bisnis Anda, strategi akan terbentuk mengikuti kondisi dan antusias dari audience atau calon pelanggan. Anda harus senantiasa mengawasi grafik pertumbuhan minat audience pada produk yang akan Anda luncurkan.

6. Buat Dana Anggaran Promosi

Sudah menjadi rahasia umum, jika promosi adalah langkah pemasaran produk paling kronis, dimana langkah ini dapat membawa pengaruh besar pada penjualan produk. Maka dari itu dalam membuat strategi pemasaran , pembuatan dana anggaran promosi wajib dicanangkan.

Baca Juga: 7 Cara Mudah dan Sukses Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

7. Menyediakan Platform dan Sistem Informasi Untuk Pelanggan

Menyediakan platform dan sistem informasi seperti fanspage, website, toko online dan lain sebagainya dapat membantu Anda menentukan strategi terbaik dalam pemasaran produk. Selain itu dengan adanya kemudahan mendapatkan informasi, hubungan bisnis dengan pelanggan secara tidak langsung akan membaik.

Nah, itu dia pengertian singkat dari strategi pemasaran produk dan juga tips membuatnya. Semoga artikel ini bisa menambah referensi Anda agar bisa meningkatkan penjualan dari produk atau layanan yang Anda tawarkan.


Agar bisnis Anda dikenal luas dengan cepat, bikin website sekarang dengan jasa pembuatan website dan dapatkan harga spesial khusus hari ini

Related posts

Dilihat dari Beberapa Sisi, Ternyata Seperti Ini Beda Bisnis dan Usaha

Risma Mualifa

Ini Dia Penjelasan Pentingnya Komunikasi Bisnis. Wajib Tau!

Marsyaviani Darestuti

7 Aspek Kelayakan Bisnis, Pebisnis Wajib Tahu!

Rostina Alimuddin