Image default
Bisnis

Kenali Aspek Pemasaran Berikut Dalam Menjalankan Bisnis

Aspek pemasaran menjadi salah satu bagian penting saat ingin memulai sebuah bisnis. Kehadiran aspek pemasaran akan menjadi tolak ukur utama apakah bisnis yang dijalankan layak untuk dilanjutkan atau tidak.

Tak hanya itu, aspek pemasaran juga akan membantu Anda dalam menganalisa pasar serta memahami kebutuhan pasar yang sedang berlangsung. Dalam hal ini, diperlukan juga beragam strategi marketing untuk bisa menguasai pangsa pasar sehingga perusahaan pun bisa meraih profit yang ditargetkan

Tujuan Aspek Pemasaran

Dalam dunia kewirausahaan, aspek pemasaran merupakan sesuatu hal yang digunakan untuk memahami kebutuhan atau keinginan produk yang dibuat oleh perusahaan, dengan begitu Anda pun bisa menjual produk yang dibutuhkan oleh para konsumen.

Secara umum, tujuan utama aspek pemasaran ialah untuk meraih keuntungan sebanyak-banyaknya dengan cara menghadirkan produk yang diinginkan dan dibutuhkan oleh para pelanggan. Untuk mendapatkan profit, tentu Anda perlu memasarkan produk dengan melakukan berbagai macam strategi marketing.

Pemasaran dan promosi yang bagus akan menjadi daya tarik tersendiri di mata konsumen. Dengan begitu, tujuan utama aspek pemasaran ini pun dapat tercapai.

Baca Juga: 6 Buku Digital Marketing Terbaik yang Ditulis oleh Pakarnya

Macam-Macam Aspek Pemasaran

Jenis-Jenis Aspek pemasaran
https://www.forbes.com/

Segmentasi Pasar

Pembagian segmentasi pasar umumnya dibagi ke dalam beberapa kategori yaitu pembagian demografi, psikografis, kelas sosial, tingkat pendapatan, hingga keadaan konsumen. Pembagian ini dilakukan untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan pasar sehingga, perusahaan pun bisa mendapatkan keuntungan.

Produk yang tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar tentu lambat laun akan ditinggalkan oleh konsumen. Hal ini bisa berdampak pada terjadinya kerugian hingga resiko gulung tikar.

Promosi

Promosi merupakan strategi pemasaran yang wajib dilakukan oleh setiap pelaku bisnis. Strategi Promosi yang bagus dan menarik akan mempengaruhi daya beli konsumen terhadap produk yang dipasarkan. Namun, dalam menjalankan kegiatan promosi juga dibutuhkan inovasi dan kreatifitas bagi para pebisnis untuk menggaet para konsumen.

Beberapa strategi yang cukup ampuh untuk menarik konsumen di antaranya berupa diskon, buy two get one hingga melakukan give away. Anda juga bisa memanfaatkan kehadiran berbagai jenis sosial media saat ini untuk meningkatkan brand awareness produk yang Anda jual di pasaran.

Menganalisa Para Kompetitor

Menjalankan bisnis tentulah tidak mudah. Terlebih jika produk atau jasa yang Anda miliki sudah marak dijual di pasaran. Agar bisa bersaing dengan para kompetitor lainnya, Anda perlu melakukan berbagai macam strategi marketing hingga membuat terobosan terbaru untuk menarik perhatian para konsumen.

Oleh sebab itu, temukan value dan keunikan lain di dalam produk Anda yang tidak ditemukan pada produk kompetitor lannya. Dalam hal analisa kompetitor, umumnya terdapat dua jenis pesaing yang perlu Anda ketahui yaitu kompetitor langsung dan kompetitor tidak langsung. Pesaing langsung merupakan jenis kompetitor yang memasarkan produk atau jasa yang sama dengan milik Anda. Salah satu contohnya ialah para pemilik bisnis air mineral.

Adapun kompetitor tidak langsung merupakan jenis pesaing yang tidak memasarkan produk dan jasa yang sama akan tetapi pesaing tersebut mampu memenuhi kebutuhan para konsumen. Sebagai contoh, Anda adalah supir taksi, maka pesaing utama Anda adalah para driver online yang menawarkan harga lebih murah dan sering memberikan beragam promo dan cashback.

Situasi dan Kondisi Pasar

Situasi dan kondisi pasar juga menjadi element penting di dalam sebuah aspek pemasaran. Analisa pasar juga dibutuhkan untuk memahami situasi dan kondisi pasar sehingga produk yang dijual bisa tepat sasaran.

Untuk bisa memahami kondisi pasar ini, cobalah menganalisa lebih jauh tentang berbagai produk yang diminati oleh masyarakat akhir-akhir ini. Sebagai contoh, jika Anda ingin menjual produk minuman maka analisalah produk minuman yang sejenis dengan produk Anda.

Anda bisa membandingkan harga, bahan yang digunakan hingga promosi yang dilakukan. Saat menentukan harga, pastikan harga yang Anda pasang sesuai dengan kondisi pasar. Jika target Anda adalah kalangan menengah ke bawah maka jangan menawarkan harga yang terlalu tinggi. Hal ini justru akan membuat konsumen meninggalkan produk Anda dan beralih ke produk milik kompetitor yang menawarkan harga yang lebih terjangkau.

Baca Juga: Memahami Strategi Distribusi Dalam Bisnis

Aspek pemasaran sangat berpengaruh terhadap kelayakan produk yang akan Anda pasarkan. Pastikan juga untuk menerapkan strategi marketing yang tepat untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Dengan begitu, bisnis Anda pun dapat mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan.

Related posts

Manfaat Kerjasama Dalam Dunia Bisnis yang Perlu Kalian Tahu

Rostina Alimuddin

Memahami Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Marsyaviani Darestuti

8 Bisnis Anak Muda Paling Populer dengan Hasil Menjanjikan

Risma Mualifa