Image default
Bisnis

Penting untuk Seller, Inilah Cara Membuat Diskon di Shopee

Shopee adalah salah satu marketplace yang populer di Indonesia. Penggunanya mencapai jutaan orang yang tersebar di seluruh daerah, mulai dari perkotaan hingga pedesaan. Lengkapnya pilihan barang serta berbagai fitur menarik menjadikan Shopee sebagai pilihan mudah dalam berbelanja online. Kesempatan inipun dimanfaatkan oleh para seller atau penjual untuk meraup untung besar dari shopee. Salah satu fitur yang bisa dioptimalkan penjual untuk mendapat untung besar dari penjualan adalah cara membuat diskon di Shopee.

Memasang harga coret alias harga diskon merupakan salah satu strategi penjual untuk menarik minat pembeli. Pasalnya tidak jarang pembeli di Shopee terlebih dahulu melakukan perbandingan harga dari beberapa seller sebelum membeli. Tentu saja harga yang paling murah akan dipilih pembeli. Shopee sangat mendukung usaha para seller untuk memperbesar keuntungan melalui beberapa cara untuk membuat harga promo seperti berikut ini.

Baca Juga: 7 Ide bisnis rumahan Untuk Anak Millenial

1. Promo Toko

Cara Membuat Promo Shopee
Source: Shopymatic.com

Promo toko adalah fitur dari Shopee yang memungkinkan penjual mengatur promo untuk tokonya sendiri. Membuat promo toko juga bisa menjadi langkah jitu untuk menarik banyak pengikut. Dengan toko promo, seller bisa menjadikan tokonya lebih eksklusif karena memberikan penawaran yang berbeda. Berikut adalah cara membuat diskon di Shopee melalui fitur promo toko.

  • Login ke halaman Shopee Seller Center dengan menggunakan username dan password.
  • Klik Promosiku dan pilih opsi Promo Diskon Baru di pojok kanan atas.
  • Isi kolom rincian promo, meliputi nama promo dan harga diskon.
  • Lanjutkan dengan mengatur masa promo. Pastikan tidak ada kesalahan dalam mengatur masa promo karena masa tersebut tidak bisa diperpanjang, namun hanya bisa dipersingkat.
  • Klik tombol Simpan & Lanjutkan.
  • Pilih produk yang akan diikutsertakan dalam promo dengan cara memberi tanda centang di bagian depan foto produk.
  • Klik Konfirmasi.
  • Jika ingin membatasi jumlah pembelian, atur pada opsi Batas Pembelanjaan. Lalu klik Selesai apabila semua pengaturan sudah benar.

2. Voucher Tokoku

Cara membuat Voucher Tokoku untuk Membuat Diskon di Shopee Seller Centre
Source: Shopymatic.com

Selain cara membuat diskon di Shopee dengan fitur Promo Tokoku, seller juga bisa memanfaatkan fitur lain yang bernama Voucher Tokoku. Berbeda dengan fitur sebelumnya, Voucher Tokoku memberikan akses khusus pada pembeli apabila ingin menikmati potongan harga. Hanya pembeli yang berhasil mengklaim voucher yang akan mendapatkan diskon. Beginilah caranya mengatur voucher potongan harga untuk toko di Shopee.

Baca Juga: 6 Buku Digital Marketing Terbaik yang Ditulis oleh Pakarnya

  • Login ke Shopee Seller Center dengan password dan username.
  • Klik Promosiku dan pilih Voucher Tokoku.
  • Klik Buat Voucher Baru.
  • Seller dapat mengatur rincian yang berkaitan dengan penggunaan voucher, meliputi masa promosi, minimal pembelian dan kuota voucher yang tersedia.
  • Setelah selesai dibuat, voucher toko bisa disebarluaskan ke follower.

3. Promo Shopee

Cara Membuat Promo untuk Memberikan diskon di Shopee
Source: Aameguchi.com

Dua cara membuat diskon di Shopee yang telah dibahas sebelumnya memberikan kebebasan pada seller untuk mengaturnya sendiri. Sementara untuk cara yang berikut ini, seller tidak bisa mengatur sendiri karena semuanya telah ditentukan oleh pihak Shopee. Seller hanya bisa mengajukan produknya untuk ikut dalam program ini. Kelebihan dari program ini adalah memungkinkan produk dikenal lebih banyak pengguna Shopee. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan.

  • Login pada aplikasi Shopee dengan password dan username.
  • Klik Promo Shopee dan tentukan promo mana yang ingin diikuti.
  • Pilih produk yang sesuai dengan promo dan ajukan penawaran.
  • Setelah pengajuan selesai, pihak Shopee akan melakukan tinjauan.
  • Periksa kembali saat periode promo sudah berakhir untuk melihat apakah produk yang diajukan mendapat persetujuan dari Shopee atau tidak.

Ketiga cara di atas memang bisa dicoba semua seller Shopee. Peluang untung dari harga diskon juga lumayan besar bahkan berpeluang untuk meningkatkan kepercayaan pembeli. Namun seller tidak bisa hanya berdiam diri setelah mengatur harga diskon melalui fitur Shopee. Seller juga harus aktif mempromosikan diskon produknya ke berbagai platform lain, seperti media sosial. Dengan begitu, maka akan lebih banyak orang yang tahu dan itu akan memperluas kemungkinan terjadinya penjualan yang lebih banyak.

Pastikan telah menentukan harga diskon di Shopee dengan bijak. Hindari mengatur harga diskon hanya karena kalah bersaing dari seller lain sebab itu malah akan membuahkan kerugian. Cara membuat diskon di Shopee akan menjadi trik penjualan yang sangat bermanfaat apabila dimanfaatkan dengan penuh pertimbangan.

Related posts

Kumpulan Ide Bisnis Rumahan Dengan Penghasilan Tinggi

Rostina Alimuddin

Manfaat Kerjasama Dalam Dunia Bisnis yang Perlu Kalian Tahu

Rostina Alimuddin

Ini Dia Penjelasan Pentingnya Komunikasi Bisnis. Wajib Tau!

Leave a Comment