Seiring dengan penerapan WFH atau Work From Home yang saat ini dilakukan oleh sebagian besar perusahaan, maka untuk tetap menjaga komunikasi antar tim, kebutuhan akan penggunaan aplikasi video conference pun jadi semakin tinggi.

Kelebihan video conference seperti ini dapat membuat tatap muka tetap bisa dilakukan, sekalipun terpisah oleh jarak. Dengan begitu, koordinasi dalam pekerjaan antar tim pun tetap mudah dilakukan.

Aplikasi video conference sendiri merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan para penggunanya melakukan pertemuan tatap muka, tanpa harus berada di satu lokasi secara bersamaan. Teknologi ini bukan hanya mempermudah, namun juga membantu menghemat waktu dan biaya.

Baca Juga: Cara Menerapkan Digital Marketing Untuk Bisnis dan Manfaatnya

Berikut ini adalah beberapa aplikasi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mendukung kerja dari rumah:

1. Google Meet

Aplikasi Video Conference dari Google

Salah satu perusahaan teknologi raksasa dunia, Google, punya aplikasi untuk mendukung kebutuhan video conference Anda, yaitu Google Meet. Layanan yang diberikan Google Meet bisa menampung hingga 100 orang dalam menggelar meeting. Selain itu, ketika Anda perlu melakukan banyak meeting, maka Anda diharuskan membuat room baru di setiap meeting-nya.

Selain memudahkan komunikasi, aplikasi satu ini juga dapat dipakai untuk membagikan layar pengguna, sehingga Anda dapat lebih mudah mempresentasikan sesuatu. Google Meet juga bisa Anda sikronisasikan dengan Google Calendar, yang akan memungkinkan Anda menerima notifikasi ketika rapat akan dimulai. Apalagi Google Meet juga bisa langsung Anda akses melalui web browser.

Anda dapat berlangganan GSuite untuk membuat Google Meet Anda bisa melakukan conference tanpa batas durasi tertentu. Google Meet bisa jadi pilihan bila Anda merupakan pekerja yang pekerjaannya lebih banyak menggunakan produk dari Google, seperti Google Calendars, Gmail dan lainnya.

2. Zoom

Zoom Aplikasi Video Conference yang Cukup Populer selama Pandemi

Zoom merupakan aplikasi yang mungkin paling banyak digunakan, bukan hanya oleh para pekerja, namun juga anak sekolah dan lainnya. Aplikasi video conference gratis dan juga berbayar ini bisa mengadakan conference dengan partisipan hingga 1.000 orang.

Bukan hanya menyediakan video conference saja, tapi Zoom juga dapat melakukan audio conference, live chat, merekam meeting, dan juga webinars. Zoom juga memberikan fitur screen sharing serta akses kontrol keyboard ataupun mouse pengguna lain.

Ada tingkatan harga yang diberikan Zoom, dengan kelebihan yang berbeda-beda. Zoom Free dapat Anda gunakan dengan batas waktu melakukan panggilan hingga 40 menit dengan jumlah partisipan hingga 100 orang. Zoom Pro, dengan harga USD 14,99 per bulan untuk per meeting host, dapat Anda gunakan terutama untuk tim kecil.

Ada juga Zoom Business, dengan banderol harga USD 19,99 per bulan untuk per meeting host, yang memiliki fasilitas berupa fitur branding perusahaan, dukungan layanan spesial dan juga transkrip meeting. Dan yang terakhir, Zoom Enterprise, dengan harga yang sama dengan Zoom Business.

Zoom berbayar ini dapat memberikan Anda akses panggilan tanpa batas waktu dengan jumlah partisipan maksimal 1.000 orang.

3. Cisco Webex

Aplikasi Video Conference Cisco Webex

Bila Anda mencari platform meeting selain Zoom, Anda dapat mencoba Cisco Webex ini. Layanannya bisa Anda gunakan gratis ataupun berbayar. Tapi, meskipun Anda gunakan yang gratis, sistem keamanan platform satu ini paling juara, dan fitur yang diberikan pun sangat bermanfaat.

Anda bisa menggunakan Cisco Webex untuk meeting secara online, berkomunikasi via pesan, berbagi file serta media dan juga dapat Cisco Webex dapat terhubung dengan cloud storage.

Selama melakukan meeting, Anda tetap bisa berbagi file dan juga screen sharing. Keamanan dalam berbagi file ataupun percakapan pun sangat terjamin dengan adanya multilayer security. Segala percakapan dan perpindahan data lainnya akan dienkripsi dengan end-to-end encryption. Dengan kata lain, percakapan dan berbagi data Anda tetap aman dan terjaga dari disadap pihak lain.

Layanan conference ini bisa digunakan dengan maksimal partisipan sebanyak 100 orang. Ada juga akses remote ke pengguna lain dengan aplikasi satu ini.

4. Microsoft Teams

Microsoft juga punya Aplikasi Meeting Online loh

Anda pasti sudah pernah mendengar tentang aplikasi Skype for Business yang juga bisa memberi layanan untuk video conference. Microsoft Teams ini merupakan pembaharuan dari aplikasi tersebut.

Pembaharuan ini juga memberikan adanya penambahan fitur-fitur yang pastinya mendukung layanan video conference yang mereka tawarkan, seperti penambahan jumlah kapasitas dan juga dapat terintegrasinya aplikasi ini dengan Microsoft Office 365. Dengan begitu, pengguna dapat langsung membagikan dan juga mengakses seluruh aplikasi dalam Microsoft Office 365, bila diperlukan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat melakukan conference dengan partisipan hingga 250 orang. Ada fitur private chat ataupun group chat, fitur screen sharing dan juga bisa merekam video meeting dengan subtitle.

Baca Juga: Ketahui Dulu Strategy Digital Marketing Ini Sebelum Berbisnis Digital

Aplikasi video conference terbaik di atas bisa Anda gunakan secara gratis ataupun berbayar untuk mendukung kemudahan berkomunikasi dengan tim dalam pekerjaan Anda, sekalipun jarak memisahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *