Image default
Bisnis

7 Aspek Kelayakan Bisnis, Pebisnis Wajib Tahu!

Aspek kelayakan bisnis adalah bagian yang wajib diketahui oleh para pelaku usaha terutama untuk pebisnis pemula. Saat Anda berencana mendirikan sebuah bisnis maka diperlukan aspek-aspek yang akan membantu Anda mengembangkan bisnis.

Aspek dalam kelayakan bisnis ini juga bisa menjadi panduan atau pedoman saat Anda baru merintis sebuah usaha. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang ke arah mana bisnis Anda ini akan berjalan.

7 Aspek Kelayakan Bisnis

Aspek Manajemen

Aspek manajemen memuat berbagai hal yang berkaitan tentang manajemen perusahaan atau bisnis seperti ketersediaan SDM. Kehadiran SDM di dalam perusahaan nantinya akan dianalisis oleh lembaga keuangan lewat struktur organisasi dan job description perusahaan.

Aspek manajemen pada dasarnya memiliki cakupan yang sangat luas. Pasalnya, di dalam perusahaan terdiri atas berbagai macam divisi seperti operasional perusahaan atau divisi finansial perusahaan. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan analisis yang tepat dan akurat demi kelayakan bisnis yang akan dijalankan.

Baca Juga: Apa Itu Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis serta Fungsinya

Aspek Pasar dan Pemasaran

Aspek kelayakan bisnis selanjutnya ialah aspek pasar dan pemasaran. Dengan memahami bagian ini maka Anda pun sebagai pengusaha akan lebih mendalami strategi pemasaran yang sebaiknya dijalankan. Penting untuk menjalankan strategi pemasaran yang efektif di tengah pangsa pasar yang semakin kompetitif.

Tak hanya itu saja, aspek pemasaran juga akan membantu Anda mengetahui segmen atau target bisnis. Secara tidak langsung Anda pun sudah bisa mendapatkan gambaran mengenai seberapa besar potensi keuntungan yang akan didapatkan dari pemasaran bisnis yang dijalankan.

Secara keseluruhan, aspek pemasaran akan membantu Anda dalam beberapa hal seperti potensi pasar, jumlah konsumen, daya beli masyarakat hingga bagaimana kondisi persaingan yang sedang berlangsung pada jenis industri tersebut.

Aspek Teknis dan Operasi

Saat ingin mengembangkan bisnis maka Anda juga wajib mempertimbangkan aspek teknis dan operasi. Perhatikanlah lokasi perusahaan, tata letak perusahaan, gambaran produk yang akan dipasarkan, proses produksi dan beberapa aspek penting lainnya.

Hal ini penting untuk Anda ketahui demi kelancaran bisnis Anda ke depannya. Lokasi yang tidak strategis hingga gambaran produk yang kurang menarik bisa menjadi faktor utama kerugian di dalam perusahaan.

Aspek Keuangan

Aspek kelayakan bisnis
Menganalisis keuangan bisnis

Aspek keuangan termasuk hal yang krusial dalam menjalankan sebuah bisnis. Bagaimanapun juga, modal bisnis adalah hal yang wajib dimiliki oleh setiap pelaku usaha. Tanpa modal yang cukup, akan sulit bagi Anda untuk membangun bisnis. Kondisi finansial perusahaan juga menjadi barometer apakah bisnis yang tengah dijalankan bisa bertahan atau malah berhenti di tengah jalan.

Melakukan penganggaran harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum membuka usaha. Jika Anda ingin memiliki bisnis yang berjalan dengan lancar atau sukses maka cobalah untuk mengelola keuangan perusahaan semaksimal mungkin. Pengelolaan keuangan yang baik juga menjadi ciri sebuah perusahaan yang sehat.

Aspek Sumber Daya Manusia (SDM)

Jangan mengabaikan kehadiran sumber daya manusia di dalam sebuah perusahaan. Kelancaran bisnis atau perusahaan bagaimanapun juga tetap bergantung pada karyawan atau pekerja. Hubungan yang baik antara manajer dan karyawan juga sangat mempengaruhi keberlangsungan bisnis di kemudian hari.

Aspek Lingkungan

Aspek lingkungan sendiri berkaitan erat dengan dampak dari usaha yang dijalankan. Apakah bisnis yang dirintis mengakibatkan pencemaran lingkungan atau tidak. Perusahaan yang merusak lingkungan tentu akan merugikan masyarakat sekitarnya.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Strategis, Tujuan, Tahapan dan Manfaat Dalam Bisnis

Aspek Hukum Atau Legalitas

Sebuah perusahaan juga perlu memiliki aspek hukum atau legalitas. Oleh sebab itu, saat ingin merintis sebuah bisnis maka pastikan dulu aspek hukum atau legalitas di dalamnya. Perusahaan yang didirikan tanpa dasar hukum yang sah bisa dinyatakan illegal dan tentu akan merugikan perusahaan ke depannya.

Aspek hukum atau legalitas yang dimaksud ialah berupa izin lokasi usaha, surat daftar usaha milik Anda, NPWP, akta pendirian usaha yang Anda jalankan lewat notaris, SIUP atau surat izin perdagangan dan beberapa dokumen hukum penting lainnya.

Secara umum, aspek kelayakan bisnis menjadi bagian vital saat memulai sebuah bisnis atau usaha. Tanpa adanya panduan dalam merintis sebuah bisnis maka sama saja Anda terjun ke medan perang tanpa membawa senjata sama sekali. Oleh sebab itu, penting bagi para pebisnis pemula untuk memahami dengan baik setiap aspek yang berkaitan dengan dunia bisnis ini.


Agar bisnis Anda dikenal luas dengan cepat, bikin website sekarang dengan jasa pembuatan website dan dapatkan harga spesial khusus hari ini

Related posts

Kiat Menjalankan Industri Kreatif yang Sukses

Ayu Lusiani

Manajemen Strategi: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya Untuk Bisnis

12 Peluang Bisnis Menjanjikan di 2021 untuk Semua Kalangan

Rostina Alimuddin