Berbicara soal bisnis pertanian ataupun bercocok tanam, mungkin tidak banyak orang yang tau kalau bisnis ini ternyata sangat menjanjikan dan menguntungkan. Dengan modal yang tidak besar, Anda dapat merasakan untung yang cukup besar dari sana. Untuk anak muda pun, ide bisnis satu ini terbilang mudah untuk dimulai. Bila Anda tertarik untuk ide bisnis pertanian anak muda, maka Anda dapat menyimak isi artikel ini.

Baca Juga: Agrobisnis: Pengertian dan 7 Peluang Usaha yang Mudah Dicoba

Ide Bisnis Pertanian Anak Muda

1. Berjualan tanaman organik

Ide Bisnis Pertanian berjualan tanaman organik

Harga jual tanaman organik memang terbilang lebih mahal dibandingkan biasanya. Namun sebagian orang pun banyak yang mencarinya untuk dijadikan bahan baku asupan sehat sehari-hari mereka. Nah, ini bisa jadi peluang bisnis yang bisa kamu coba mulai dan kembangkan. Kamu bisa menjual tanaman-tanaman organik ini pada ibu rumah tangga, dan berikan harga lebih murah dibanding harga supermarket. Tentunya ini jadi nilai plus dari produk yang kamu tawarkan.

2. Berjualan bibit tanaman

Ide Bisnis Pertanian, Jual Bibit Tanaman

Ide bisnis pertanian anak muda yang bisa kamu coba berikutnya adalah berjualan bibit tanaman. Apalagi sekarang ini banyak orang yang mulai menyukai kegiatan menanam, bukan hanya para orang tua, tapi juga anak muda hingga menularkan hobi ini ke anak-anaknya. Kamu dapat berjualan bibit tanaman yang populer ataupun yang sangat umum, seperti cabai, kentang, kangkung dan lainnya.

3. Berjualan pupuk

Berjualan Pupuk Bisa menjadi ide baik

Berjualan pupuk ternyata juga bisa jadi ide bisnis yang cukup dengan modal kecil, namun akan menghasilkan untung yang terbilang besar. Ini karena harga jual pupuk terbilang cukup tinggi, namun modal pembuatannya yang tidak terlalu mahal. Apalagi bila kamu mengolahnya sendiri, keuntungan yang didapat tentu bisa lebih tinggi. Namun, untuk memulai mengolah sendiri, kamu harus memahami seluk beluk tentang pupuk, agar dapat menghasilkan pupuk yang bagus dan bermanfaat bagi tanaman.

4. Berjualan tanaman hias

Tanaman Hias

Kalau kamu punya hobi berkebun, jangan lupa jadikan tanaman hias sebagai salah satu tanaman yang kamu tanam. Terutama tanaman hias yang sedang populer. Karena, ini bisa jadi salah satu ladang pendapatan, dengan menjual tanaman hias hasil budidayamu. Apalagi orang-orang yang senang mengoleksi tanaman hias, terutama yang sedang populer, tentu akan mencari barang jualanmu ini. Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan produk lain yang lebih lengkap untuk dijual seperti menjual pupuk ataupun bibit.

5. Berjualan obat herbal

Jualan Obat Herbal

Masih banyak orang yang mengandalkan pengobatan herbal untuk menyembuhkan penyakit. Ada pula yang mengonsumsi bahan-bahan herbal untuk tetap menjaga kesehatan tubuhnya. Nah, di sinilah peluang bisnis yang bisa kamu mulai. Kamu bisa mencoba berjualan bahan-bahan obat herbal, yang ternyata harganya bisa dikatakan tidak murah, lho. Untungnya terbilang sangat menjanjikan, namun dengan modal yang tidak terlalu besar. Kamu pun bisa mulai dari halaman rumahmu sendiri, lho.

Keuntungan Berbisnis Pertanian

Kalau kamu terbilang masih ragu untuk memulai bisnis pertanian ini, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan dan meyakinkanmu untuk memulainya:

  • Banyak konsumen. Bisa dibilang hasil produk dari pertanian ataupun perkebunan adalah produk-produk yang banyak dibutuhkan orang, bahkan adalah kebutuhan sehari-hari, mulai dari beras, sayur ataupun buah. Jadi, bisa dikatakan, bisnismu ini tidak akan kehilangan konsumen, asal produk yang kamu jual punya kualitas dan harga yang bersaing.
  • Menghasilkan uang dari hobi. Tidak sedikit orang yang hobi berkebun dan menjadikannya bisnis. Dari situlah ia mendapatkan penghasilan yang mungkin malah tidak sedikit. Suatu hal yang sangat menyenangkan tentunya bila hobi yang kamu miliki pun bisa menghasilkan uang. Betul tidak?
  • Berkontribusi membuka lapangan pekerjaan. Bisnis yang dijalankan di bidang pertanian atau perkebunan umumnya akan melibatkan profesi lain untuk mendukungnya, seperti petani, marketing, kurir dan lainnya. Dengan begitu, kamu bisa sekaligus membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Jadi, mulai sekarang jangan beranggapan bahwa Bertani, bercocok tanam ataupun berkebun hanya dilakukan oleh para orang tua saja. Karena anak muda pun bisa mencobanya, bahkan menggelutinya sebagai bisnis yang menjanjikan.

Baca Juga: 10 Peluang Bisnis Rumahan Omzet Besar yang Cocok untuk Millenial

Bila kamu ingin memulai bisnis pertanian anak muda di atas, pertama-tama cobalah untuk melakukan riset pasar, ketahui kompetitormu, cari tau tentang harga jual produk yang akan kamu jual dan lainnya. Dengan begini, kamu bisa menyiapkan strategi bisnis yang akan kamu lakukan. Sehingga bisnismu bisa lebih berkembang dan pastinya lebih menguntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *