Sebenarnya tidak ada yang membedakan bisnis yang dilakukan di kota ataupun bisnis di desa. Anggapan tentang bisnis di kota terbilang lebih menjanjikan pun sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Di desa pun, banyak sekali peluang bisnis yang bisa Anda jalani, dan kebanyakan malah memiliki potensi yang menjanjikan dan tentunya menguntungkan.

Bisnis di desa malah seringkali lebih potensial karena umumnya saingan atau kompetitor bisnis di sana masih relatif sedikit. Masyarakat desa pun umumnya mencari kebutuhan mereka di kota karena apa yang mereka butuhkan tidak ditemukan di desa, karena itulah, bila Anda membuka bisnis yang pasti dibutuhkan masyarakat desa, maka ini bisa jadi peluang yang menjanjikan.

Baca Juga: Agrobisnis: Pengertian dan 7 Peluang Usaha yang Mudah Dicoba

Berikut ini adalah beberapa ide usaha paling sukses di desa yang bisa Anda mulai kembangkan:

1. Berjualan pulsa

Berjualan pulsa, mungkin akan sangat laku di desa

Berjualan pulsa di desa adalah salah satu bisnis yang menjanjikan dan bisa memberi untung besar untuk Anda. Apalagi modal untuk memulai usaha ini terbilang tidak besar. Selain itu, bisnis satu inipun bisa menyasar banyak kalangan di semua kelas ekonomi masyarakat. Apalagi setiap orang membutuhkannya, terutama mereka yang memiliki telepon genggam, dan aktif menggunakannya untuk berkomunikasi.

Anda juga bisa membuka bisnis konter pulsa di lokasi yang strategis, cukup bermodalkan etalase kaca, kartu perdana dan juga voucher internet, serta deposit pulsa.

2. Berjualan token listrik

Akses internet dan ATM yang terkadang sulit menjadikan bisnis token listrik atau PPOB menarik

Sama halnya dengan pulsa, token listrik pun jadi produk yang banyak dibutuhkan orang. Terutama mereka yang saat ini menggunakan listrik pra-bayar. Itulah kenapa penjualan token listrik ini bisa dibilang jadi bisnis yang sangat menjanjikan, sekalipun di desa. Bukan hanya itu, bisnis ini pun punya tingkat kerugian yang sangat rendah karena produk yang dijual adalah produk yang dibutuhkan masyarakat kebanyakan.

Untuk menjadi reseller token listrik, Anda hanya perlu mencari distributor token listrik PLN di area Anda.

3. Distributor hasil pertanian

Bisnis di desa dengan menjadi distributor sayuran

Salah satu pekerjaan masyarakat desa umumnya adalah Bertani atau bercocok tanam. Namun untuk membuat perekonomian mereka berputar, hasil pertanian ini tentunya harus didistribusikan dengan benar. Nah, Anda dapat menjadi penghubung atau jembatan antara masyarakat desa dengan para konsumen. Kamu bisa menjadi distributor hasil pertanian masyarakat dengan membantu mereka memasarkan hasil pertanian mereka. Yang harus kamu miliki adalah networking yang luas, agar hasil pertanian ini bisa terdistribusi ke lebih banyak wilayah. Dengan begini kamu juga membantu perekonomian desa.

4. Usaha SPBU mini

SPBU Mini

Mungkin kalau di kota kita akan dengan mudah menemukan SPBU, berbeda dengan di desa. Jarak antara satu tempat pengisian bahan bakar di desa pun umumnya berjauhan. Ini bisa jadi potensi bisnis untuk Anda, dengan membuat tempat pengisian bahan bakar mini. Dengan begitu, masyarakat desa pun bisa lebih mudah menemukan pengisian bahan bakar, dan Anda pun bisa mendapat untung dari menjual produk yang dibutuhkan masyarakat.

Baca Juga: 10 Peluang Bisnis Rumahan Omzet Besar yang Cocok untuk Millenial

5. Toko sembako

Toko Sembako

Kebutuhan orang dalam hal barang-barang sembako bisa dibilang tinggi, sekalipun di desa. Apalagi di desa tidak banyak toko yang menjual sembako secara lengkap. Keterbatasan tersebut bisa Anda jadikan peluang untuk memulai bisnis. Untung yang Anda dapat juga bisa lebih besar, karena minat dan kebutuhan masyarakat yang tinggi.

6. Jasa pangkas rambut

Membuka jasa potong rambut menjadi ide bisnis di desa

Peluang bisnis di desa lainnya yang bisa Anda coba yaitu membuka jasa pangkas rambut. Dengan adanya jasa ini di desa, masyarakat desa tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke kota hanya untuk memotong rambutnya. Anda dapat melakukan bisnis ini dengan fleksibel, seperti membuka tempat pangkas rambut ataupun mobile di mana bila ada permintaan maka Anda bisa mendatangi mereka.

7. Sewa alat pertanian

Sewa alat pertanian menjadi ide bisnis di desa yang menarik

Bila Anda punya cukup banyak budget untuk modal usaha, maka salah satu bisnis yang bisa Anda coba adalah bisnis menyewakan alat pertanian di pedesaan. Target pasarnya tentu sudah jelas yaitu para masyarakat pedesaan yang kegiataannya Bertani, namun terkendala peralatan bagus dan tepat untuk mendukung kerja mereka. Anda bisa hadir untuk memenuhi kebutuhan alat-alat pertanian tersebut dan menjadikannya sebagai sebuah ladang penghasilan.

Baca Juga: Pasti Laris! 12 Ide Bisnis Makanan Kekinian

Itulah beberapa usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan, sekalipun Anda sudah pernah terjun ke dunia bisnis dan ingin mencoba ide bisnis di atas pun tentu tidak ada salahnya. Jangan takut untuk memulai bisnis Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *