Kerjasama pada dasarnya dapat diartikan sebagai bentuk usaha bersama yang dilakukan oleh individu ataupun kelompok dalam rangka mencapai tujuan bersama. Kerjasama sendiri bisa terwujud jika terdapat relasi antara individu dan juga kelompok. Kedua belah pihak ini harus memiliki tujuan yang sama sehingga tujuan yang hendak dicapaipun bisa terwujud secara maksimal. Ada banyak manfaat kerjasama dalam bisnis yang bisa diperoleh.

Banyak pebisnis saat ini yang merasakan manfaat dari kerjasama dibandingkan harus bersaing dengan kompetitor. Dibandingkan harus saling bersaing dan membuang-buang banyak waktu dan pikiran tentu akan lebih baik untuk saling melengkapi. Tentu saja kerjasama adalah  salah satu solusi terbaik dari setiap permasalahan dunia bisnis. Untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu kerjasama dan manfaatnya maka silahkan menyimak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Kumpulan Ide Bisnis Rumahan Dengan Penghasilan Tinggi

Pengertian Kerjasama

Sebelum melangkah lebih jauh maka ada baiknya untuk mengetahui pengertian kerjasama terlebih dahulu dari para ahlinya. Berikut adalah penjelasannya untuk kalian.

  • Jafar Hafsah menyebutkan bahwa kerjasama merupakan istilah kemitraan yang berarti sebuah strategi bisnis yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih dalam jangka waktu tertentu untuk mendapatkan keuntungan bersama dengan melaksanakan prinsis saling membutuhkan dan saling membesarkan.
  • Kusnadi menyatakan bahwa kerjasama dilakukan oleh dua orang atau lebih dalam melakukan aktifitas bersama. Aktifitas tersebut dikerjakan secara terpadu yang diarahkan untuk mencapai target tertentu.
  • Zainuddin memandang kerjasama sebagai bentuk kepedulian satu orang atau satu pihak dengan pihak yang lain dan tercermin dari kegiatan menguntungkan yang dilakukan serta melaksanakan prinsip saling percaya dan menghargai.

Manfaat Kerjasama Dalam Bisnis

1. Memudahkan Mencapai Tujuan

Dalam dunia bisnis diperlukan yang namanya keterampilan. Tentu dalam setiap perusahaan memiliki individu dengan skill yang berbeda-beda pula. Oleh sebab itu diperlukan yang namanya kerjasama tim untuk saling melengkapi sehingga tujuan yang diinginkan pun dapat dicapai.

2. Melatih Keberanian Pengambilan Risiko

Kerjasama juga akan melatih kepercayaan diri saat mengambil sebuah keputusan. Tentu jika hanya seorang diri kita akan kesulitan untuk menghadapi resiko tersebut. Namun, dengan bekerjasama maka kita pun akan lebih berani untuk melangkah. Rekan dan tim yang kita miliki akan menjadi supporter terbaik dalam mengambil keputusan tersebut.

3. Mengurangi Stres

Keadaan stress hanya akan mempengaruhi kinerja yang dilakukan. Saat stress pikiran pun menjadi kacau dan tidak tenang sehingga terjadilah banyak kesalahan dalam pekerjaan. Melakukan kerjasama tim menjadi salah satu penghambat stress karena kita memiliki orang-orang yang mau membantu dan mendukung pekerjaan yang kita lakukan. Bayangkan jika menyelesaikan hanya seorang diri, tentu hal ini malah membuat pikiran semakin tambah stress.

4. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Manfaat kerjasama lainnya ialah kita juga mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Dengan memiliki tim maka kita secara langsung belajar dari mereka untuk memiliki kemampuan komunikasi yang bagus. Karena kita hidup sebagai mahluk sosial tentu kemampuan komunikasi di dalam tim maupun dalam skala yang besar adalah hal yang sangat penting.

5. Kerjasama Mendatangkan Ide Besar

Dalam bisnis dibutuhkan yang namanya ide ataupun inovasi. Untuk mendatangkan ide besar diperlukan diskusi dan saling berbagi dengan rekan dan juga tim. Meskipun kita adalah orang yang cerdas akan tetapi masukan dan juga ide dari orang lain juga sangat berpengaruh terhadap langkah bisnis yang akan diambil selanjutnya. Inilah pentingnya kerjasama dalam mencapai tujuan bersama.

Jenis-Jenis Kerjasama

1. Bagi Hasil

Bagi hasil adalah sistem kerjasama dalam bentuk yang paling sederhana. Biasanya dilakukan oleh para pelaku bisnis kecil dengan cara mengajak rekan atau keluarga untuk menjadi mitra. Adapun sistem bagi hasil ini akan diatur sesuai dengan kesepakatan yang dilakukan sebelumnya.

2. Membuat Peluang Usaha

Manfaat kerjasama dalam bisnis juga bisa menciptakan peluang usaha atau dikenal dengan istilah Business Opportunity. Jenis kerjasama yang satu ini akan menawarkan keuntungan pada orang lain yang menjalankan usaha tersebut. Sebut saja seorang penjual makanan yang mengajak orang lain untuk bekerjasama dengan cara membantu menjualkan makanannya.

3. Build, Operate, and Transfer (BOT)

BOT atau Build, Operate and Transfer adalah jenis kerjasama yang digunakan pada bisnis properti pada umumnya. Sistem yang satu ini juga mengandalkan kemampuan orang-orang dalam melakukan lobi pada pemilik tanah untuk diajak bekerjasama.

4. Joint Venture

Kemudian, jenis kerjasama selanjutnya disebut dengan Joint Venture. Joint Venture merupakan sistem patungan yang pada umumnya dilakukan oleh beberapa pihak. Pembagian resiko dalam jenis kerjasama yang satu ini termasuk menguntungkan dalam dunia bisnis.  Berikut adalah beberapa keuntungan dari Joint Venture.

  • Mendapatkan modal dari asing
  • Memiliki lebih banyak pengalaman karena mempelajari sistem manajemennya
  • Mampu menembus pasar mancanegara
  • Akses pihak asing menembus sumber lokal menjadi lebih mudah
  • Kerjasama dengan mitra lokal akan lebih mudah menjangkau skala domestik

5. Merger

Jenis kerjasama yang terakhir ialah merger. Merger dapat diartikan sebagai proses penggabungan dengan melibatkan dua perusahaan atau lebih yang kemudian melahirkan perusahaan baru. Merger juga bisa disebut sebagai akusisi sebuah perusahaan untu dikembangkan. Salah satu contoh bentuk merger yang bisa dilihat saat ini ialah penggabungan Tokopedia dan Gojek yang kemudian menjadi satu perusahaan GoTo.

Dengan melakukan merger maka pihak kompetitor bisa menciptakan perusahaan baru yang lebih kuat dalam menghadapi dunia pasar. Adapun tujuan dari merger ialah untuk memperbesar modal dan mengembangkan jalur produksi. Tentu merger sangat menguntungkan kedua pihak yang melakukan kerjasama.

Cara untuk Membina KerjaSama

Untuk membina kerjasama pada dasarnya tidaklah sulit. Semuanya akan jauh lebih mudah ketika kita memiliki tujuan yang sama dengan pihak yang diajak untuk melakukan kerjasama. Oleh sebab itu ada banyak kegagalan dalam bisnis karena pihak yang diajak kerjasama justru membelok. Nah, untuk memiliki kerjasama tim yang baik maka beberapa tips berikut mungkin akan membantu.

  • Tentukan tujuan bersama dalam kerjasama
  • Berikan hal menarik dari profil kalian atau perusahaan agar pihak lain tertarik melakukan kerjasama
  • Berikanlah kesan yang positif dan jangan melebih-lebihkan. Jangan berlebih-lebihan karena hanya akan merusak citra di depan pihak yang akan diajak kerjasama
  • Tunjukkanlah kualitas dibandingkan kuantitas
  • Pendapat atau opini setiap orang berbeda-beda oleh sebab itu saling menghargailah. Jangan membanding-bandingkan tim atau perusahaan lain dengan mitra kalian saat ini. Fokuslah pada tujuan awal kalian saat menjalin kerjasama
  • Karena melakukan kerjasama dengan pihak lain maka cobalah untuk lebih mengenal mitra kalian
  • Tawarkanlah bantuan kepada rekan atau mitra bisnis. Sebagai tim tentu harus memberikan bantuan yang sesuai dengan kesanggupan yang kalian miliki.

Tidak bisa dipungkiri jika pengaruh kerjasama dalam sebuah bisnis sangat berpengaruh untuk membesarkan perusahaan. Sudah banyak perusahaan yang saat ini menjadi besar dan sukses karena mengetahui betul tentang manfaat kerjasama dalam dunia bisnis. Selain mendapatkan link baru, kerjasama juga membuka peluang usaha dan keuntungan yang cukup besar untuk kedua pihak yang melakukan kerjasama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *