Image default
Bisnis

5 Potensi Bisnis di Tasikmalaya yang Menjanjikan Era New Normal

Jika sekarang ini kamu sedang mencari potensi bisnis yang menjanjikan di Tasikmalaya, berarti kamu harus menghadapi berbagai tantangan untuk memenuhi segala kebutuhan yang lebih besar agar bisa memulai. Apalag di saat pandemi seperti sekarang, kamu pasti akan dihadapkan pada bayang-bayang betapa sulitnya memulai usaha dan risiko kerugian.

Maka dari itu, kamu perlu memulai usaha yang berpotensi besar bisa berkembang maksimal dengan memanfaatkan sumber daya alam dari suatu daerah. Termasuk jika kamu ingin membuka usaha baru di Tasikmalaya, kamu bisnis yang kamu mulai harus mempertimbangkan segala sumber daya yang ada di wilayah tersebut.

Potensi Bisnis di Tasikmalaya Saat Pandemi

Kota Tasikmalaya merupakan wilayah yang cocok buat kamu yang ingin menjalankan bisnis. Lantas, bisnis apa saja yang memiliki prospek besar untuk tumbuh di Tasikmalaya?

1. Bisnis Kerajinan Bambu

Bisnis kerajinan bambu - potensi bisnis di tasikmalaya
Source by Limakilo

Salah satu potensi bisnis di Tasikmalaya yang menjanjikan dan patut untuk kamu coba adalah bisnis kerajinan bambu. Di Tasikmalaya, sentra kerajinan bambu biasanya berada di daerah pedesaan atau pinggiran, misalnya Desa Cigadog, Bungur Sari, Cisayong, Kampung Pasir Angin, dan sekitarnya.

Untuk memulai bisnis di sektor kreatif ini memang tidak mudah, namun dengan strategi bisnis yang bagus, kamu bisa berkesempatan untuk bertahan di tengah persaingan. Pertama, susun rencana bisnis yang matang terkait pemilihan lokasi, produk, target pasar, dan sebagainya. Bila perlu, sewa jasa konsultasi bisnis untuk membantu kamu menyusun perencanaan tersebut.

Baca Juga: Technopreneurship Adalah Peluang Bisnis Era Digital, Cek Informasi Selengkapnya di Sini!

Kemudian tentukan budget untuk pembelian bahan baku bambu yang berkualitas, sewa tempat, dan lain sebagainya. lalu, bentuk tim yang terdiri dari pengrajin bambu, bagian administrasi, dan lain-lain. Jangan lupa jalankan strategi promosi yang sesuai dengan target pasar.

Ada banyak olahan dari bambu yang unik, menarik, dan bernilai jual tinggi. Sebut saja angklung, bingkai cermin, bingkai foto, boneka bambu, lampu hias, dan masih banyak lagi.

2. Bisnis Jasa Travel Online

bisnis jasa travel - potensi bisnis di tasikmalaya
Source by Travel Xtrans

Sebagaimana yang kamu tahu bahwa industri pariwisata kini sudah mulai pulih sejak pandemi dua tahun lalu, sehingga banyak pula tempat wisata yang buka. Hal ini memicu masyarakat untuk bisa kembali menjelajah dan berwisata setelah lama tinggal di rumah. Kamu bisa memanfaatkan potensi bisnis di Tasikmalaya ini untuk membuka usaha sendiri.

Di Tasikmalaya sendiri terdapat banyak spot wisata yang populer dan cocok dikunjungi, terutama saat libur panjang. Dengan memanfaatkan peluang ini, kamu bisa meraup keuntungan yang lumayan.

3. Bisnis Sewa Mobil

Bisnis j=sewa mobil - potensi bisnis di tasikmalaya
Source by Pexels

Selain membuka usaha travel online, bisnis sewa mobil juga tak kalah menguntungkan. Seperti yang tadi disebutkan, bahwa pariwisata merupakan salah satu sumber daya di Tasikmalaya yang menjanjikan. Maka dari itu, bisnis sewa mobil sangat dibutuhkan dan ramai pesanan, entah itu untuk kebutuhan bisnis atau berwisata di Tasikmalaya.

4. Bisnis Bordir

bisnis bordir - potensi bisnsi di tasikmalaya
Source by Enterpreneur – Bisnis.com

Selain kerajinan bambu, Tasikmalaya juga dikenal sebagai wilayah yang memproduksi aneka bordir berkualitas. Bahkan bagi wisatawan atau orang yang berkunjung ke Tasikmalaya, kurang afdol rasanya jika tak membeli produk kreatif ini. Nah, manfaatkan kesempatan ini untuk mencoba potensi bisnis di Tasikmalaya yang satu ini.

Terlebih lagi, jumlah pesaing di sektor perdagangan bordir di Tasikmalaya masih sedikit menjadikan potensi bisnis ini terbilang sangat penjanjikan. Sebagai generasi muda, kamu bisa mulai bisnis bordir kamu sendiri dengan menciptakan tren yang kekinian serta memanfaatkan inovasi teknologi sebagai strategi pemasaran baru yang lebih efektif.

5. Bisnis Kuliner

bisnis kuliner - potensi bisnis di tasikmalaya
Source by Pexels

Bisnis kuliner memang memiliki prospek menjanjikan hampir di semua wilayah, termasuk Tasikmalaya yang notabenenya kaya akan destinasi wisata. Bagi orang yang berlibur ke suatu daerah, tentu tak lengkap rasanya jika tak berwisata kuliner dengan mencicipi hidangan-hidangan khas daerah tersebut.

Di Tasikmalaya sendiri, ada beberapa makanan dan jajanan khas yang bisa kamu masukkan ke menu dan dijamin mampu menarik minat konsumen. Di antaranya, bubur khas tasik, nasi cikur, soto tasik, sale pisang tasik, sambal goang, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dan meraup keuntungan yang lumayan.

Baca Juga: Kenali Aspek Pemasaran Berikut Dalam Menjalankan Bisnis

Itulah 5 potensi bisnis di Tasikmalaya yang patut untuk kamu coba. Tertarikkah untuk memulai salah satu dari bisnis di atas?

Related posts

Pentingnya Penilaian Pasar dan Manfaatnya untuk Bisnis

Linda Arista

Strategi Promosi yang Ampuh untuk Kembangkan Bisnis

Risma Mualifa

Bisnis yang Menguntungkan; Bermodal Kecil dan Memiliki Potensi Menjanjikan