Image default
Bisnis

Strategi Promosi yang Ampuh untuk Kembangkan Bisnis

Sekarang ini sudah banyak berbagai macam usaha yang dapat dijalankan. Menjalankan suatu usaha perlu disertai dengan tahap promosi. Promosi merupakan upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengonsumsinya. Untuk tujuan kenaikan angka penjualan barang maupun jasa, diperlukan strategi promosi yang jitu dan tepat sasaran. Berikut berbagai strategi dalam promosi yang dapat diandalkan.

1. Menentukan Target Pasar

Strategi Promosi efektif dengan melakukan riset pasar

Sebelum melakukan berbagai strategi promosi, hal pertama yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha adalah menentukan produk yang dijual ini akan ditujukan pada kalangan mana. Hal ini menjadi salah satu tahap yang sangat penting dalam menjalankan suatu usaha. Karena menetukan target pasar dapat menentukan langkah teknis selanjutnya. Setiap kalangan target pasar memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang berbeda pula.

Baca Juga: 5 Bisnis Menguntungkan yang Bisa Di Coba Para Newbie

2. Memberikan Potongan Harga

Strategi promosi dengan diskon

Memberikan potongan harga adalah langkah awal promosi yang brilian. Adanya progam memberikan potongan harga akan membuat produk atau jasa yang ditawarkan banyak dilirik oleh konsumen. Karena saat ini potongan harga atau sering disebut diskon menjadi buronan para konsumen. Apalagi kalangan ibu-ibu dan anak muda. Memang, mendapat potongan harga merupakan suatu kesenangan tersendiri.

3. Membuat Brosur yang Menarik

Buat brosur atau katalog menarik

Strategi promosi melalui brosur menjadi alternatif tepat bagi para pelaku usaha untuk mengenalkan produk unggulannya kepada masyarakat luas. Biasanya brosur memuat isi berupa tulisan dan gambar yang dikemas dengan desain menarik, sehingga berhasil memikat calon konsumen. Meskipun terbilang cara kuno, namun penggunaan brosur untuk media promosi masih sangat efektif. Selain biaya produksi brosur yang cukup murah, dengan adanya brosur mampu menjabarkan produk atau jasa yang ditawarkan secara detail.

4. Pemasaran melalui Sosmed

Jangan lupakan untuk promosi melalui Sosmed

Dengan berkembangnya iptek di dunia membuat sosial media menjadi salah satu sarana untuk kegiatan promosi. Fitur yang tersedia pada sosial media saat ini sangat lengkap dan canggih sehingga mendukung berjalannya kegiatan promosi produk atau jasa. Hal ini dapat mempermudah para produsen maupun distributor untuk mempromosikan usaha mereka. Menggunakan media sosial untuk promosi dapat memperluas jangkauan pasar. Karena pengguna sosial media tidak hanya dalam negeri saja tapi seluruh dunia.

5. Membuat Video Promosi dengan Youtube

Manfaatkan Channel Youtube

Pasti semua orang tidak asing dengan kata Youtube. Aplikasi satu ini tidak hanya sebagai media sosial untuk membuat konten, namun Youtube juga menjadi wadah yang tepat untuk strategi promosi. Dengan menggunakan video akan membuat konsumen lebih tertarik daripada menggunakan teks. Hal ini karena video dapat mendeskripsikan suatu produk atau jasa yang ditawarkan dengan lebih rinci serta dilengkapi dengan gambar yang meyakinkan dan real.

Baca Juga: Pengertian, Manfaat dan Elemen Penting Dalam Bisnis Model Canvas

6. Penjualan Menggunakan Marketplace

Jualan di Marketplace pun efektif

Munculnya marketplace merupakan salah satu hasil dari berkembangnya iptek dan internet. Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali marketplace. Pemasaran produk menggunakan marketplace juga tak kalah efisien dari cara lainnya. Dengan adanya marketplace tidak hanya penjual saja yang mendapat kemudahan, tapi para konsumen pun juga lebih mudah jika ingin berbelanja. Melalui marketplace, kegiatan jual-beli lebih terjamin dan aman.

7. Membuat Website

Strategi promosi menggunakan website

Tidak hanya sosial media, membuat website juga menjadi strategi promosi yang cocok untuk memasarkan barang maupun jasa. Menggunakan website bertujuan supaya suatu usaha yang digeluti lebih dikenal banyak orang dan bisa dicari di mesin pencari seperti Google. Saat ini kebanyakan orang mencari apa yang dibutuhkan melalui Google. Hal ini bisa dimanfaatkan para produsen dan distributor dalam upaya meningkatkan kenaikan angka penjualan suatu produk atau jasa.

8. Endorsement Selebgram

Bisa juga promosi dengan endorsement

Saat ini Instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat. Di Instagram, semua orang dapat mencari followers dengan mudah. Orang dengan followers banyak di Instagram biasanya menjadi pusat perhatian. Istilah kekinian utuk orang tersebut adalah selebgram atau selebriti Instagram. Endorsement melalui selebgram ini menjadi salah satu alternatif promosi yang dapat diandalkan. Jika ingin endorsement bisa menghubungi selebgram melalui direct message atau melalui management masing-masing untuk menawarka kerjasama.

Banyaknya strategi promosi saat ini menjadikan para pelaku usaha lebih mudah dalam menawarkan produk atau jasa. Namun menentukan suatu strategi untuk promosi perlu pemikiran yang matang. Hal ini karena promosi yang dilakukan akan menentukan angka penjualan.

Related posts

5 Bisnis Menguntungkan yang Bisa Di Coba Para Newbie

Rostina Alimuddin

7 Ide bisnis rumahan Untuk Anak Millenial

Rostina Alimuddin

Ini Dia Penjelasan Pentingnya Komunikasi Bisnis. Wajib Tau!

Leave a Comment