Image default
Career

Pentingnya Memiliki Kemampuan Inisiatif dalam Dunia Kerja

Dalam dunia pekerjaan, memiliki kemampuan inisiatif merupakan salah satu hal yang cukup penting. Hal ini sejalan dengan kebutuhan setiap perusahaan yang menginginkan ide-ide brilian serta tindakan tepat dari karyawannya tanpa diminta atau diperintah terlebih dahulu. dengan kata lain, inisiatif berarti karyawan harus cekatan dan aktif. Karyawan dengan cara kerja seperti itulah yang akan dihargai dengan gaji besar.

Pada dasarnya semua orang bisa memiliki kemampuan tersebut jika mau belajar dan berusaha. Kemampuan ini juga termasuk salah satu kemampuan yang bisa dilatih. Misalnya, dengan cara aktif saat sesi tanya jawab bersama para karyawan lain, berani dalam menyampaikan ide-ide yang dimiliki, serta membiasakan diri bekerja tanpa harus diperintah terlebih dahulu. Untuk memahami lebih lanjut mengenai kemampuan tersebut, simak deskripsi lebih lengkap berikut ini.

Pengertian

Kemampuan Inisiatif yang perlu dilakukan saat bekerja

Kemampuan inisiatif merupakan kemampuan memutuskan dan melakukan sesuatu yang benar tanpa harus diberi tahu serta mampu menemukan apa yang seharusnya dikerjakan terhadap sesuatu yang ada di sekitar. Orang yang memiliki kemampuan tersebut adalah seseorang yang tidak akan pernah berhenti belajar dan terus berusaha untuk mengembangkan dirinya.

Baca Juga: Calon Karyawan & Karyawan Harus Tahu Apa Itu Kesehatan Kerja

Ketika seorang inisiator menemukan kesempatan dalam kesulitannya, maka kesempatan itu segera diambil dan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memecahkan hal-hal yang sedang diurusinya. Bahkan dengan inisiatif yang tinggi, seseorang mampu menemukan permasalahan dan kesulitan yang tersirat serta juga mampu memutuskan solusi dari permasalahan tersebut. Orang dengan sifat inisiatif dapat dipastikan bahwa produktivitas kerjanya akan meningkat, dan biasanya orang dengan kepribadian seperti itu banyak disukai oleh lingkungan disekitarnya.

Pentingnya Memiliki Inisiatif dalam Bekerja

Sangat perlu memiliki inisiatif dalam dunia kerja

Terdapat beberapa alasan mengapa kemampuan insiatif ini sangat penting dalam dunia pekerjaan. Alasan yang pertama adalah kemampuan ini dapat memudahkan seseorang dalam bekerja. Saat terjebak dalam suatu kondisi, orang yang memiliki inisiatif tinggi akan selalu berusaha untuk keluar. Misalnya saat mendapatkan suatu proyek yang tak dimengerti, maka seseorang tersebut akan aktif bertanya dan mencari tahu secara detail mengenai informasi proyek tersebut. Dengan begitu pekerjaan akan lebih mudah daripada seseorang yang tidak mempunyai inisiatif.

Orang dengan inisiatif tinggi akan dicap oleh atasan bahwa orang tersebut memiliki kualitas yang mumpuni dari setiap inisiatif yang dieksekusi dengan baik. Dengan begitu orang dengan inisiatif tinggi berpotensi untuk mendapatkan promosi jabatan dari perusahaan tempatnya bekerja. Berarti dapat disimpulkan bahwa alasan yang kedua adalah kemampuan inisiatif dapat membuat seseorang memiliki peluang dalam meningkatkan karir atau jabatannya.

Orang dengan inisiatif tinggi akan disukai oleh rekan kerja dan atasannya merupakan alasan terakhir mengapa skill ini sangat penting. Sebab orang dengan skill ini akan selalu berusaha untuk mencari ide-ide terbaiknya dalam suatu proyek dan selalu mengerjakan pekerjaannya dengan seefisien mungkin. Tidak hanya itu, orang dengan inisiatif tinggi akan berusaha untuk mencari jalan keluar dari setiap masalah, dan itulah yang disukai oleh rekan kerja bahkan atasan.

Cara Meningkatkan Skill Inisiatif

Meningkatkan skill Inisiatif yang bisa dilakukan

Ada banyak cara untuk meningkatkan kemampuan inisiatif. Cara pertama dan merupakan hal dasar yang harus dilakukan jika ingin meningkatkan sifat inisiatif adalah membangun rasa percaya diri. Dengan adanya rasa percaya diri akan memudahkan seseorang menyampaikan ide-ide terbaiknya. Serta dalam menyampaikan pendapat yang menurutnya benar. Mempunyai skill inisiatif namun malu untuk mengungkapkan pendapat, maka skill yang dimiliki akan sia-sia.

Cara yang kedua adalah dengan mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan. Dalam dunia kerja, tantangan biasanya datang secara tak terduga. Maka sangat penting untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi dan menyelesaikan tantangan tersebut. Hal tersebut juga dapat dikatakan sebagai skill inisiatif. Dengan adanya tantangan juga dapat memacu seseorang untuk berpikir kritis.

Cara yang terakhir adalah dengan membuat rencana karir. Berdasarkan suatu penelitian menjelaskan bahwa rencana karir yang panjang cenderung memiliki inisiatif yang tinggi. Oleh karena itu, memiliki tujuan karir yang jelas akan membantu seseorang dalam meningkatkan inisiatif secara pribadi. Apalagi saat akan mengambil keputusan untuk mewujudkannya.

Baca Juga: Manager Adalah: Pengertian, Peranan dan Tugas Manager

Memiliki kemampuan inisiatif tidak hanya mempermudah seseorang dalam bidang pekerjaan, namun juga dapat mempermudah dalam semua bidang kehidupan. Kemampuan tersebut membantu seseorang dalam berbagai situasi.

Related posts

Manager Adalah: Pengertian, Peranan dan Tugas Manager

Tugas Digital Marketing, Pembagian Kerja dan Kemampuan yang Perlu Dikuasai

Risma Mualifa

Calon Karyawan & Karyawan Harus Tahu Apa Itu Kesehatan Kerja

Isthar Pelle

Leave a Comment