Image default
Insight

Skill yang Harus kamu Pelajari! Apa itu Mind Mapping dan Cara Membuatnya

Mind mapping adalah alat berpikir kreatif, yang sudah digunakan sejak abad ke 3 sebelum masehi. Skill yang bisa kamu gunakan pada hampir seluruh aspek kehidupan, terutama dalam memecahkan sebuah kasus. Namun apakah kamu tahu apa itu mind mapping dan bagaimana cara membuatnya? Simak artikel ini untuk mempelajari skill unik ini.

Apa itu Mind Mapping

mengenal apa itu mind mapping
Sumber by Pexels

Secara garis besar mind mapping adalah sebuah alat visual untuk membantu menyusun informasi, membantu Anda menganalisis dengan lebih baik, dan menghasilkan ide-ide baru. Informasi akan dijabarkan dalam dalam peta pikiran yang disusun menyerupai rangka yang terstruktur

Pada dasarnya mind mapping adalah cerminan dari cara kerja otak, yang dijabarkan dalam bentuk visual berupa tulisan dan gambar. Jadi pada dasarnya mind mapping digunakan untuk memecah sebuah ide menjadi substansi terkecil, guna menemukan pemikiran baru atau pemecahan masalah dari sudut pandang yang lain.

Baca Juga: 9 Cara Mencapai Kepuasan Kerja Karyawan untuk Kemajuan Perusahaan

Skill mind mapping ini sangat berguna pada aspek kehidupan, seperti seni, menulis, edukasi, kedokteran, struktur bangunan, bisnis dan masih banyak lagi. Hal ini sangat mungkin terjadi karena mind mapping dapat membantu memecahkan masalah, pasalnya skill ini akan mengasah pola pikir lebih kritis.

Tujuan Mind Mapping

Setelah kamu mengetahui apa itu mind mapping, kini kamu harus tahu tujuan dan penggunaan dibuatnya peta pemikiran ini. Berikut beberapa diantaranya:

  • Brainstorming: Membantu lebih fokus dan stimulasi kreatifitas.
  • Problem Solving: Membantu memecahkan masalah dengan solusi terbaik.
  • Decision Making: Menentukan pilihan, kebijakan, strategi, dan keputusan terbaik.
  • Notes Taking: Merangsang daya ingat saat melakukan pencatatan.
  • Presentation: Membantu mengorganisir materi public speaking.
  • Project Management: Menemukan rencana dan meningkatkan produktivitas pengerjaan project.
  • Accelerate Studying: Membatu sinkronisasi otak lebih cepat saat belajar.
  • Identification: Meningkatkan identifikasi masalah pada sebuah kasus

Bagaimana Cara Membuat Mind Mapping

Cara membuat mind mapping
Sumber by Pexels

Untuk bisa lebih efektif dalam membuat mind mapping, Anda bisa menggunakan cara di bawah ini:

1. Menentukan Premis

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan premis/topik/akar/keyword masalah, premis ini yang nantinya akan dipecah dalam beberapa sub topik. Premis adalah hal paling umum dalam artian luas, gunana adalah untuk dapat memecah premis dalam beberapa lini.

2. Tambahkan Garis Cabang dari Premis

Langkah berikutnya adalah menambahkan abang dari premis yang Anda bahas, garis cabang ini adalah segala sesuatu yang menjadi pecahan dari premis tersebut. Misal premis yang ingin kamu bahas adalah buku, maka cabang yang bisa kamu pecah bisa jadi harga, warna, jenis, tebal, maupun kondisi.

3. Uraikan Cabang menjadi Sub Topik yang Lebih Spesifik

Berkutnya adalah menguraikan cabang menjadi subtopik yang lebih spesifik, jika diasumsikan sebuah kasus maka subtopik ini bisa lebih mengerucut ke arah solusi. Dimana solusi tersebut pastinya ada beberapa opsi, tergantung seberaa banyak kamu mebuat percabagan.

Contohnya adalah pada kasus buku tadi kau punya cabang kondisi, dari kondisi ini bisa kamu pecah menjadi lebih spesifik lagi. Misalkan dari kondisi menjadi baru, bekas, kotor, robek, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Pentingnya Memiliki Kemampuan Inisiatif dalam Dunia Kerja

4. Temukan Solusi

Langkah memecah sub topik, bisa kamu lakukan lebih dari sekali. Maksudnya adalah dari sebuah sub topik spesifik, kamu masih bisa membuat sub topik lebih spesifik. Pada proses ini biasanya asumsi akan mulai muncul. Dari kumpulan asumsi tersebut kam bisa merumuskan solusi terbaik.

Misal kita lanjutkan contoh yang sebelumnya, dari premis buku kamu menemukan caang kondisi, lalu kamu pecah dan menemukan kotor. Dari subtopik kotor ini, masih  bisa kamu pecah jadi beberapa asumsi lagi. Seperti contoh jatuh dari meja, kejatuhan kotoran cicak, ketumpahan air dan sebagainya.

Nah dari asumsi tersebut kamu bisa merumuskan sebuah solusi dari satu sub topik tersebut. Kita ambil contoh kamu memiliki beberapa solusi, solusi dari banyak solusi ternyata yang paling logis yang kamu pilih adalah solusi kedua. 

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa mind mapping adalah skill yang patut anda pelajari. Pasalnya dengan memahami apa itu mind mapping, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Terutama dalam merangsang berpikir kritis dan kepekaan dalam memecahkan masalah.

Related posts

Wah, 5 Perusahaan Ini Sudah Menerapakan Eco Green Lho. Keren!

Apa Itu Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis serta Fungsinya

Linda Arista

Cara Mudah Manage Uang Agar Hidup Lebih Tenang

Rostina Alimuddin