Image default
Insight

Wah, 5 Perusahaan Ini Sudah Menerapakan Eco Green Lho. Keren!

Gerakan untuk lebih mencintai lingkungan dan melakukan segala hal dengan mempertimbangkan sesuatu yang dapat ramah pada lingkungan, mungkin jadi salah satu hal yang mulai dipikirkan banyak orang, tidak terkecuali para pemilik perusahaan. Karena hal ini juga lah, sekarang sudah banyak eco-green perusahaan.

Eco-green sendiri diartikan sebagai gerakan berkelanjutan yang ramah lingkungan dan penggunaan energi dari sumber daya yang efektif serta efisien. Sebagai mana dikutip dari Forbes, perusahaan yang menerapkan sistem seperti ini bukan hanya akan mendapatkan reputasi baik di mata publik, namun juga dapat memperoleh profit yang banyak. Hal ini juga lah yang tentu jadi pertimbangan perusahaan-perusahaan untuk mulai menerapkan eco-green.

Deretan Eco Green Perusahaan

1. Unilever

Unilever sebagai Eco Green Perusahaan

Unilever termasuk perusahaan yang tidak asing di berbagai negara, tidak hanya di Indonesia. Perusahaan ini sendiri bergerak di bidang Fast Moving Consumer Goods, di mana mereka memproduksi barang-barang kebutuhan rumah tangga seperti sabun mandi, sampo, bumbu dan juga produk-produk kecantikan.

Perusahaan yang memproduksi kurang lebih 40 brand di Indonesia ini punya kebijakan bernama The Unilever Compass, di mana salah satu tujuan dari kebijakan tersebut adalah menciptakan planet yang lestari. Unilever juga termasuk perusahaan yang mengedepankan sustainability living, dengan cara menciptakan program-program yang dapat mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam memperbaiki lingkungan alam.

Baca Juga: Tips & Trik Jualan Baju Online Zaman Now!

Karena ini juga lah, Unilever telah melakukan beragam kegiatan yang peduli pada lingkungan seperti kampanye #GenerasiPilahPlastik yang dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memilah dan mendaur ulang sampah, pengadaan bank sampah sejak 2015, dan ada pula program pembuatan kamar mandi di seluruh daerah di Indonesia.

2. Adobe

Adobe termasuk dalam Eco Green Perusahaan

Mendengar atau membaca nama perusahaan ini, mungkin bukan hal yang baru lagi bagi banyak orang. Perusahaan yang mengembangkan beragam software ini memiliki kantor pusat di California.

Pada 2014 lalu, Adobe pernah mendapatkan penghargaan dari Newsweek, sebagai perusahaan teknologi yang dianggap paling ramah lingkungan. Adobe memang punya komitmen untuk terus menjaga lingkungan, dengan cara mengurangi penggunaan air pada perusahaan dan juga mengurangi plastik pada kemasan produk mereka.

Langkah ini dilakukan Adobe agar mencapai target zero energy atau menekan penggunaan energi hingga seminimal mungkin di perusahaan mereka. Hal ini pastinya sangat berdampak pada kelestarian lingkungan.

3. IKEA

IKEA

Eco-green perusahaan lainnya juga yang tak kalah terkenal yaitu IKEA. Perusahaan retailer furniture ini ternyata menggunakan bahan kayu untuk furniture mereka yang berasal dari hasil pelestarian hutan. Untuk kebutuhan kapas, IKEA pun hanya menerima kapas yang berasal dari pertanian yang punya kebijakan Better Cotton, yang merupakan kegiatan pertanian yang meminimalisasi penggunaan air serta pestisida.

IKEA juga menggunakan bahan daur ulang pada produk-produk mereka dan mengedepankan prinsip sustainable living yang sangat membantu dalam pelestarian lingkungan.

Baca Juga: Agrobisnis: Pengertian dan 7 Peluang Usaha yang Mudah Dicoba

4. PT Sinar Sosro

PT Sinar Sosro Eco Green Perusahaan dari Indonesia

Dari Indonesia pun ada eco-green perusahaan, yaitu PT Sinar Sosro. Perusahaan ini pun punya program 3K dan RL atau peduli terhadap kualitas, keamanan, kesehatan, dan ramah lingkungan. Hal ini dibuktikan lewat langkah pengolahan limbah mereka yang tidak mengganggu lingkungan sekitar, misalnya ampas teh akan menjadi kompos dalam waktu 1 bulan.

Program tersebut bukan hanya diterapkan di pabrik saja, namun juga mereka pun memiliki program Sekolah Sehat Sosro. Di mana program ini bertujuan untuk mewujudkan lingkungan sekolah bersih, hijau dan juga sehat.

5. The Body Shop

The Body Shop

The Body Shop dikenal sebagai perusahaan yang konsisten dengan green marketing mereka saat mempromosikan produk-produknya. Kosmetik yang di produksi perusahaan ini sudah sangat populer sebagai produk yang terbuat dari bahan alami, tidak menggunakan bahan-bahan dari hewan dan juga cruelty free.

Perusahaan ini pun menyebutkan, dalam situs resmi mereka, bahwa mereka punya tujuan menjaga kelestarian lingkungan serta melindungi habitat yang terancam kepunahan.

Salah satu hal yang menarik dari perusahaan ini dalam hal mendukung pelestarian lingkungan yaitu dengan mengembangkan sustainable packaging.

Lima eco-green perusahaan yang sudah disebutkan di atas memang merupakan perusahaan-perusahaan besar yang sudah terkenal namanya. Pantas saja perusahaan-perusahaan tersebut dicintai oleh masyarakat, karena mereka pun punya kebijakan dan program-program yang memperhatikan lingkungan sekitar.


Agar bisnis Anda dikenal luas dengan cepat, bikin website sekarang dengan jasa pembuatan website dan dapatkan harga spesial khusus hari ini

Related posts

Skill yang Harus kamu Pelajari! Apa itu Mind Mapping dan Cara Membuatnya

Linda Arista

Tips dan Trik Mengelola Inventaris Kantor Agar Lebih Efisien

Linda Arista

7 Tabungan Wajib Yang Anda Harus Dimiliki

admin