Image default
Bisnis

Mengenal Potensi Kekayaan Alam Indonesia Yang Melimpah

Kekayaan alam Indonesia memang terkenal melimpah ruah. Potensi kekayaan alam ini juga menjadi sumber penghidupan penting bagi masyarakat. Hingga saat ini, sumber daya alam Indonesia telah dikelola secara besar-besaran oleh banyak perusahaan milik pemerintah hingga lembaga asing. Meskipun demikian, ternyata masih ada pula sumber daya alam yang dikelola secara tradisional oleh masyarakat.

Deretan Potensi Kekayaan Alam Indonesia

Lalu, apa saja jenis-jenis potensi kekayaan alam Indonesia yang mampu menghasilkan banyak cuan bagi kas negara dan masyarakat ini? Berikut ulasan selengkapnya untuk kamu!

Minyak Bumi

Potensi Kekayaan Alam Indonesia dari Minyak Bumi

Minyak bumi menjadi salah satu jenis kekayaan alam Indonesia yang paling vital karena pengunaan bahan bakar minyak masih mendominasi di antara semua jenis sumber alam lainnya.

Hingga hari ini, hampir segala jenis transportasi dan mesin pabrik menggunakan minyak bumi. Karena termasuk ke dalam sumber daya alam yang tidak dapat perbaharui maka minyak bumi menjadi sumber daya alam yang harus dimanfaatkan sebijak mungkin.

Pertambangan minyak bumi di tanah air sendiri dikelola langsung oleh Pertamina yang merupakan perusahaan milik negara. Adapun beberapa perusahaan asing yang bekerja sama sekaligus berbagi hasil dengan Pertamina di antaranya seperti Caltex, Esso dan Japan Oil.

Baca Juga: 4 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Eropa

Gas Alam

Indonesia juga dikenal memiliki potensi Gas Alam melimpah

Kekayaan alam Indonesia selanjutnya yang juga tidak bisa lepas dari kebutuhan masyarakat sehari-hari ialah tambang gas alam. Hasil olahan gas alam ini kemudian diproduksi menjadi LPG atau Liquid Petroleum Gas dan LNG atau Liquid Natural Gas.

Beberapa daerah penghasil gas utama di tanah air berada di wilayah pengeboran minyak Arun di Aceh, pengeboran gas alam Badak di Bontang serta pusat pengeboran minyak di area Kepulauan Natuna.

Batu Bara

Batubara menjadi salah satu potensi Kekayaan Alam Indonesia

Batu bara bisa dibilang menjadi sumber daya Indonesia yang sangat melimpah ruah. Tak heran jika banyak negara-negara besar seperti Rusia, Korea Selatan hingga negara-negara tetangga melakukan import batu bara dari Indonesia.

Pulau Kalimantan dan Sumatera menjadi wilayah penghasil batu bara terbesar di tanah air. Batu bara sendiri terbentuk dari berbagai jenis tanaman yang telah menjadi fosil selama berjuta-juta tahun di dalam perut bumi. Semakin tua usia batu bara tersebut maka kualitas karbon yang dihasilkan pun akan semakin tinggi.

Emas

Emas

Emas menjadi kekayaan alam Indonesia yang ditangani oleh PN Aneka Tambang. Selain dikelola oleh perusahaan milik negara, banyak kalangan masyarakat yang juga mengelola emas secara tradisional. Namun, mengingat tingginya kasus kecelakaan akibat kurangnya perlindungan dan pengetahuan warga soal proses penambangan emas ini, pemerintah pun mulai membatasi masyarakat dalam melakukan pendulangan emas.

Beberapa wilayah di tanah air yang termasuk penghasil emas terbesar di antaranya ialah Papua, Aceh, Bengkalis, Sambas, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Wow, Ternyata Ini Dia 5 Tambang Emas Terbesar Di Indonesia

Timah

Timah

Timah termasuk sumber daya alam yang sering dimanfaatkan dalam proses pembuatan kaleng, huruf cetak, tube, kertas timah dan lain-lainnya. Tambang timah terbesar yang ada di tanah air terletak di pulau Singkep dan di area lepas pantai Kepulauan Bangka Belitung.

Adapun hasil tambang timah yang berada di darat disebut sebagai timah primer. Sedangkan, timah yang berada di lepas pantai disebut dengan timah sekunder. Indonesia sendiri terkenal sebagai salah satu penghasil timah sekunder terbesar di dunia.

Aspal Alam

Aspal Alam masuk deretan potensi Kekayaan Alam Indonesia

Aspal merupakan jenis cairan kental yang terdiri atas kumpulan senyawa hidrokarbon. Pemanfaatan aspal banyak digunakan dalam proses pembuatan jalan raya di mana aspal tersebut berfungsi dalam mengikat material batu dan juga pasir.

Potensi aspal alam yang paling tinggi terdapat di sekitar pulau Buton dan disebut-sebut sebagai penghasil aspal alam terbesar di dunia dengan kualitas yang paling bagus.

Batu Permata

Batu Permata

Salah satu batu permata yang paling banyak ditemukan di tanah air ialah intan. Kekayaan alam Indonesia yang satu ini juga dikelola langsung oleh PN Aneka Tambang. Adapun pusat penggalian intan berada di wilayah simpang empat dekat area Martapura. Selain intan, beberapa jenis batu permata yang banyak ditemukan di wilayah Martapura di antaranya ialah berupa berlian, zamrud, ruby dan juga safir.

Selain dikelola PN Aneka Tambang, proses pendulangan intan juga masih banyak dilakukan secara tradisional oleh warga di sekitar wilayah Cempaka Banjar Baru.

Kekayaan alam Indonesia pada dasarnya tak hanya terbatas dari ketujuh jenis sumber daya alam yang telah dijelaskan lewat artikel ini. Lebih dari itu, Indonesia masih menyimpan banyak sekali potensi kekayaan alam lainnya, sebut saja nikel, belerang, marmer, perak, biji besi dan masih banyak lagi.


Agar bisnis Anda dikenal luas dengan cepat, bikin website sekarang dengan jasa pembuatan website dan dapatkan harga spesial khusus hari ini

Related posts

Pengertian Revenue dan Perbedaannya dengan Income Untuk Bisnis

Arif Darmaji

11 Tips dan Trik Memulai Bisnis Fashion

Tak Hanya Berpenghasilan dari Dunia Entertainment, Ini Dia 6 Perusahaan Milik Artis