Image default
Bisnis

10 Tips Memulai Bisnis Properti Untuk Pemula Tanpa Modal Besar

Sedang mencari peluang bisnis? Bisnis properti bisa jadi salah satu pilihan yang bisa Anda coba. Bisnis satu ini terbilang menjanjikan, bahkan dengan modal yang tidak perlu besar. Selain itu, bisnis properti juga bisa dijalankan oleh setiap kalangan, dengan beragam latar Pendidikan ataupun pekerjaan. Mau tahu tips memulai bisnis properti? Simak artikel ini sampai selesai.

Baca Juga: Agrobisnis: Pengertian dan 7 Peluang Usaha yang Mudah Dicoba

Bila Anda sedang berkeinginan memulai bisnis properti dengan modal yang tidak besar, Anda bisa mencoba tips berikut ini.

1. Melakukan riset

Coba mulai setiap bisnis dengan melakukan riset pasar terlebih dulu. Riset pasar ini sangat penting untuk memastikan bahwa Anda membeli dengan harga yang masuk akal. Jadi, Langkah ini perlu dilakukan sebelum Anda memutuskan mengambil suatu properti untuk dijual kembali. Selain itu, pastikan untuk memikirkan kembali harga, lokasi, sarana, prasarana, kebutuhan pasar, dan faktor eksternal yang mungkin berdampak pada nilai properti.

2. Bekerjasama dengan pengembang properti

Bekerjasama dengan Developer untuk memulai bisnis properti
Source: Tribunnews.com

Ketika melakukan kerjasama dengan developer properti, Anda perlu untuk mengumpulkan informasi penting berkaitan dengan properti, seperti lokasi, harga promosi, diskon dan beragam penawaran menarik lain. Tanyakan pula detail pr operti yang ditawarkan seperti luas bangunan dan gaya properti, sehingga Anda akan lebih mudah mempromosikannya. Anda juga harus tau jumlah komisi yang Anda dapatkan dari penjualan tersebut.

3. Mulai dari properti yang dimiliki

Tidak melulu harus mempunyai modal besar untuk memulai. Mulai bisnis dari hal yang paling kecil dengan modal yang minim pun bisa dilakukan dari properti yang Anda miliki. Anda bisa mencoba membuat bisnis kost-an di rumah sendiri, menyewakan lahan untuk usaha, dan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa tetap memulai bisnis properti ini.

4. Mencari calon penjual dan pembeli dari lingkungan sekitar Anda

Apabila Anda baru mencoba untuk menjadi agen properti, maka Anda bisa memulainya dari lingkungan tempat tinggal dan pertemanan Anda. Anda bisa melakukan riset, properti mana yang ingin dijual oleh pemiliknya, catat nomor yang tertera, dan tawarkan kerjasama untuk membantu menjual properti tersebut. Kemudian, Anda bisa menawarkan properti tersebut pada orang-orang di lingkungan Anda, sekaligus membangun branding diri Anda sebagai agen properti.

5. Membantu menjual/menyewakan properti orang lain

Anda bisa menawarkan properti orang lain yang ingin dijual atau disewakan, dan bertindak sebagai makelar. Jadi, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari margin harga yang ditetapkan pada harga rumah. Upayakan juga untuk memperbanyak kenalan dan belajar cara berkomunikasi yang baik agar orang pun tertarik dengan yang Anda tawarkan.

6. Mengikuti investasi properti

Sekarang ini, Anda bisa ikut berinvestasi properti dengan cara kolektif. Ada banyak platform yang menyediakan wadah bagi pemilik properti dan juga investor. Untuk sistemnya, kurang lebih hamper menyerupai saham konvensional, di mana Anda dapat membeli beberapa persen saham properti tersebut. Nantinya, keuntungannya bisa didapat dari penyewaan ataupun penjualan kembali properti.

7. Memanfaatkan internet

Tips berbisnis properti selanjutnya adalah memanfaatkan internet dengan membuat situs makelar properti. Anda bisa mengisi situs ini dengan properti yang Anda tawarkan beserta harga dan deskripsinya. Situs ini pun membuat Anda jadi lebih terlihat professional. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan internet untuk menjual properti di marketplace, website, media sosial, blog ataupun forum jual beli.

8. Selalu cek perubahan harga

Dari waktu ke waktu, harga properti cenderung berubah, bahkan meningkat. Untuk itu, pastikan Anda selalu update mengenai harga dan rajin-rajin mengunjungi situs properti atau berita yang berkaitan dengan properti. Agar Anda tau berapa persen kenaikan harga dan apa penyebabnya.

Baca Juga: 8 Bisnis Anak Muda Paling Populer dengan Hasil Menjanjikan

9. Memahami hukum

Melakukan bisnis ini, Anda harus paham pada hukum terutama yang berkaitan dengan surat-surat tanah. Dengan begitu, Anda akan tau solusi yang bisa dilakukan bila menghadapi suatu masalah. Anda bisa mempelajari perihal hukum ini dari situs terpercaya ataupun buku.

10. Belajar analisis

Anda wajib memiliki kemampuan analisis yang tajam terutama yang berkaitan dengan properti. Kemampuan ini sebenarnya bisa diasah bila Anda rajin membaca berita dan terbiasa menjual properti dengan sistem makelar.

Nah, itu dia 10 tips memulai bisnis properti bagi pemula dengan modal yang tidak perlu besar. Untuk bisa sukses dalam bisnis ini, dibutuhkan ketekunan dan kemauan untuk terus belajar. Anda juga harus peka pada setiap hal yang berkaitan dengan properti.

Related posts

7 Cara Bisnis Online Ini Penting untuk Dimaksimalkan Agar Berhasil Meraup Untung Besar

Risma Mualifa

Ide Bisnis Pertanian Anak Muda yang Menguntungkan. Tertarik Mencoba?

Ini Dia Penjelasan Pentingnya Komunikasi Bisnis. Wajib Tau!

Leave a Comment