6 Fakta Mengenai Madhang.id, Marketplace Masakan Rumahan Buatan Kaesang
December 19, 2017
Go-Jek Akuisisi 3 Fintech Sekaligus, BI Ketar-Ketir
December 19, 2017

Udah Siap Bikin Laporan Akhir Tahun? Dokumen dan Laporan ini Wajib Disiapkan!

Hanya dua Minggu lagi tahun 2017 berakhir. Bagi sebagain orang ada yang senang menyambut tahun baru, tetapi ada juga yang sedih. Selain kedua hal itu, ada beberapa kalangan yang sedang sibuk-sibuknya mengurusi laporan akhir tahun bagi pekerjaan atau bisnis mereka. Seperti para pemilik usaha dan akuntan.

Menyiapkan laporan akhir tahun berupa laporan keuangan usaha dan perusahaan bukanlah hal yang mudah. Meskipun hal ini telah dilakukan secara rutin setiap tahunnya, bukan berarti dua tiga hari selesai. Bahkan kondisi ini tidak hanya terjadi pada pemula, laporan akhir tahun memang memusingkan bagi para pengusaha pengalaman maupun akuntan senior. Kadang, selama dua minggu para pengusaha dan akuntan sering sekali lembur untuk menyelesaikan laporan akhir tahun mereka.

Sebenarnya apa saja sih yang harus disiapkan untuk mempersiapkan laporan akhir tahun? Jika Anda adalah pengusaha yang baru saja memulai usaha, kadang bingung apa saja yang harus dipersiapkan menjelang akhir tahun ini, baik itu data maupun laporan yang harus dilakukan. Nah berikut beberapa dokumen dan apa saja persiapan yang harus dipersiapkan menjelang akhir tahun.

Dokumen yang Harus Disiapkan

Ada cukup banyak dokumen yang harus Anda siapkan menjelang tutup buku. Dokumen ini harus Anda siapkan sejak bulan pertama tahun berjalan. Sehingga Anda harus membongkar kembali berkas-berkas pada bulan sebelumnya.

Bukti Transaksi

Setiap transaksi harus memiliki bukti, meskipun itu hanya secarcik kertas kusam. Bukti ini akan menjadi laporan yang harus dipersiapkan di akhir tahun. Namun, banyak sekali pengusaha yang mengabaikan untuk menyimpan bukti transaksi ini. Bahkan ada yang hanya dalam hitungan hari bukti transaksi tersebut hilang.

Jika bukti transaksi tidak ada, maka ini akan menyulitkan Anda dalam melakukan penjurnalan. Sehingga Anda harus menyiapkan tempat khusus untuk menyimpan bukti transaksi setiap bulan dari Januari-Desember. Sehingga memudahkan Anda untuk menemukannya.

Kumpulkan Rekening Koran

Jika Anda menggunakan sistem pembayaran dan penggajian karyawan menggunakan transfer bank, maka Anda diwajibkan utnuk mengumpulkan rekening koran setiap bulannya. Rekening koran ini akan menjadi data penting dalam pembuatan laporan keuangan akhir tahun.

Jangan Lupa Jurnal

Setiap catatan transaksi yang pertama kali dilakukan adalah penjurnalan. Jika Anda merupakan pengusaha yang rapih dalam penjurnalan, maka seharusnya Anda tidak akan kesulitan menemukan jurnal bulanan yang Anda miliki. Jurnal ini menjadi alat untuk menganalisis bukti transaksi dan rekening koran sebelum dicatat ke dalam akun.

Menjelang akhir tahun, Anda pun harus kembali mengumpulkan setiap jurnal harian yang dicatat selama satu tahun. Jurnal ini akan menjadi salah satu hal penting yang harus ada dalam laporan akhir tahun.

Buku Besar Harus Kembali Di Buka

Semua pengusaha harus memiliki buku besar, dan buku besar ini akan mencatat setiap perubahan yang terjadi pada akun-akun yang disebabkan oleh transaksi keuangan. Tentunya buku besar pada setiap perusahaan atau usaha berbeda-beda, tergantung pada kekayaan dan keuangan usaha, kegiatan usaha, jumlah transaksi, dan mengenai informasi pada perusahaan.

Ketika menjelang akhir tahun, maka Anda pun harus menyiapkan buku besar yang sudah Anda buat setiap bulannya. Karena setiap bulan, tentunya Anda mengalami perubahan data keuangan, baik itu aktiva, hutang, dan perubahan modal setiap bulannya harus ada dalam buku besar.

Wajib Melihat Neraca

Usai buku besar selesai di analisis dan dirapikan kembali jika ada kesalahan, waktunya Anda memeriksa neraca saldo yang telah dibuat selama satu bulan, dua bulan atau tiga bulanan. Anda harus kembali mengecek catatan saldo debit dan kredit yang ada pada neraca bulanan Anda, apakah keduanya balance atau tidak. Jika tidak balance maka dalam neraca terdapat kesalahan.

Neraca memang wajib menjadi salah satu dokumen yang harus Anda siapkan untuk menggambarkan akun-akun Anda selama satu tahun penuh. Tentunya ini cukup membuat Anda bingung, namun jika Anda setiap bulan mengecek dan menuliskan neraca milik usaha Anda, maka itu akan memudahkan Anda dalam menyiapkan data untuk laporan akhir tahun.

Itulah beberapa hal yang harus Anda persiapkan menjelang tutup tahun. Dari kesemua itu, maka Anda harus membuat sebuah laporan keuangan tahunan. Laporan ini harus diselesaikan sebelum pertengahan bulan baru tahun baru. Dan jika Anda harus melaporkan pajaknya, maka Anda harus teleh menyelesaikan seluruh laporan keuangan sebelum 31 Maret.

Laporan keuangan apa saja yang harus Anda persiapkan untuk menyambut tahun baru. Berikut beberapa laporan wajib Anda siapkan menjelang tutup buku tahunan. Laporan keuangan akhir tahun akan menunjukan kondisi keuangan usaha Anda pada periode tertentu. Ada sekitar empat laporan keuangan yang wajib Anda bikin.

Laporan Neraca

Laporan neraca adalah laporan yang Anda buat untuk memperlihatkan aktiva (harta), kewajiban (hutang), dan modal perusahaan. Di dalam laporan neraca pun harus terpampang jumlah rupiah ketiga hal tersebut. Sehingga akan terlihat berapa neraca keuangan pada tahun ini.

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi merupakan laporan yang berisi jumlah uang yang pernah dikeluarkan selama tahun berjalan dan berapa uang yang masuk dalam tahun berjalan. Data untuk membuat laporan laba rugi ini merupakan laporan yang berasal dari catatan-catatan harian aktivitas usaha. Jika catatan tersebut hilang, maka Anda sulit dalam menentukan apakah kondisi usaha pada tahun berjalan sedang untung atau rugi.

Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal akan menggambarkan mengenai kondisi modal usaha saat ini. Apakah modal usaha Anda mengalami perubahan-perubahan. Atau usaha Anda mendapatkan suntikan modal. Disinilah pentingnya Anda harus membuat sebuah laporan perubahan modal. Sehingga Anda mengetahui tambahan modal, dan perubahan-perubahan modal yang terjadi.

Laporan Arus Kas

Tak boleh tertinggal untuk membuat laporan keuangan akhir tahun adalah laporan arus kas. Laporan arus kas ini akan menggambarkan mengenai arus kas masuk serta arus kas keluar selama satu tahun penuh.

Itulah laporan keuangan yang harus Anda siapkan di akhir tahun. Selain laporan keuangan tersebut, ada satu laporan yang cukup penting dan tak boleh tertinggal untuk Anda laporkan juga. Salah satunya laporan pajak. Setiap usaha wajib melaporkan pajak usahanya.

Laporan Pajak Usaha

Meskipun usaha Anda masih cukup kecil, Anda tetap diharuskan untuk membayar pajak. Namun banyak sekali usaha yang tidak membayar pajaknya karena tidak memiliki pembukuan yang rapih. Padahal pajak usaha yang harus dibayarkan tidak begitu besar bagi UKM yang omzetnya tidak lebih dari Rp 4,8 M dalam setahun, hanya 1% dari total omzet.

Memang sih, bagi sebagian pemilik usaha membuat laporan keuangan usaha sangat meribetkan. Malah bukti transaksi pun jarang dikumpulkan secara baik dan rapih. Jika Anda merasa ribet dalam membuat laporan keuangan tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online (AOL) untuk membuat semua laporan keuangan dan melakukan pencatatan transaksi sejak awal, sehingga tidak akan ada yang terlupakan.

Dengan menggunakan AOL, Anda hanya cukup memasukan data-data transaksi. Anda tidak perlu melakukan buku besar, dan tidak perlu membuat sebuah neraca. Sebab, semua sudah terprogram secara apik di AOL. Tentunya ini akan sangat memudahkan Anda dalam menyusun laporan keuangan dan juga laporan pajak.

Oh iya, jika Anda menggunakan AOL untuk membuat laporan pajak, merupakan pilihan yang sangat tepat. Sebab AOL sudah terintegrasi dengan e-faktur pajak bagi para pemilik usaha di Indonesia. Dengan AOL, maka Anda bisa dengan mudah membuat laporan akhir tahun bagi usaha Anda, baik itu laporan keuangan dan laporan pajak.

Untuk menghasilkan laporan keuangan tahunan yang baik, Anda harus memiliki catatan keuangan yang baik sejak awal tahun. Jika tidak, maka Anda akan sulit dalam menyusun laporan keuangan usaha Anda tersebut. Mulailah mencatat dengan baik untuk menghasilkan laporan yang baik. Selamat Mengerjakan laporan akhir tahun!

AOL Jadi Solusi Untuk Bantu Pajak Tahunan

Iskandar Rumi
Iskandar Rumi
Mantan wartawan yang hijrah menjadi SEO writer & content writer