Bingung Cara Daftar ‘Wirausaha Pemula’? Sekarang Sudah Bisa Lewat Online!
May 19, 2017
Jangan Remehkan Ide Bisnis Simple Ini! Yuk Cobain!
May 26, 2017

Tren ‘Kue Artis’, Jadi Ancaman UKM?

Memasuki bulan Ramadhan, banyak dari masyarakat yang tidak ingin kehilangan momen antusiasme konsumen dengan ikut menyemarakkan bulan ini, salah satu caranya adalah dengan berbisnis. Jenis bisnis yang ikut digemari pada bulan puasa adalah bisnis kue yang tentunya sering dikonsumsi masyarakat pada bulan Ramadhan. Hal ini pula yang dilakukan oleh banyak public figure Indonesia yang tidak ingin ketinggalan momen Ramadhan dengan ikut berjualan beraneka ragam kue, seperti contohnya artis Malang Strudel milik Teuku Wisnu, Gigieatcake milik Nagita Slavina, Makuta Bandung milik Laudya Chintya Bella, dan lain-lain.

Dengan maraknya tren bisnis kuliner di kalangan para artis yang berada pada daerah-daerah Indonesia dan menggunakan branding sebagai makanan khas daerah tersebut, rupanya membuat berbagai dampak, salah satunya pada UKM-UKM yang telah lebih dahulu berdiri. UKM-UKM tersebut mengalami ketakutan jika bisnis artis akan mematikan bisnis UKM yang telah mereka bangun.

Shireen Sungkar, sebagai artis tanah air menepik anggapan tersebut. Ia menganggap bahwa bisnisnya tidak hanya mengedapankan produk milik suaminya Teuku Wisnu yang bernama Malang Strudel, melainkan juga produk lain yang berasal dari UKM-UKM lokal Malang lainnya. Pada toko yang ia miliki di Malang, Shireen Sungkar ikut merangkul UKM yang belum memiliki tempat berjualan.

“Kalau main ke Malang Strudle, itu ada UKM-UKM yang kita ambil. Jadi bukan jualan-jualan kita saja. Dan UKM itu khusus di kota itu saja, misal di Malang kan tokonya Wisnu sudah besar dan banyak UKM di malang ada yang kesulitan punya toko sendiri itu kita rangkul,” jelas Shireen terkait masalah tersebut.

 

BACA JUGA !
[mkd_post_layout_four number_of_posts=”4″ column_number=”4″ category_id=”0″ author_id=”0″ title_tag=”h5″ display_date=”no” display_category=”no” display_pagination=”no” extra_class_name=”baca_juga” tag_slug=”Bisnis, Kue, Kuliner, Peluang Bisnis, Peluang Usaha, UKM”]

Hal yang serupa pula yang berusaha ditepis oleh artis Indonesia, Indra Bekti dengan bisnis kuliner yang dimiliki bernama Kue Sultana Cirebon. Ia menepis bahwa bisnis yang dimiliki artis dengan branding kue khas daerah tersebut akan mematikan UKM-UKM lokal.

“Tidak dong, ini tidak mematikan. Bukan apa-apa, kok ada yang baru bukannya di-support? Kita ini jual di daerah-daerah malah untuk memajukan. Akhirnya oleh-olehnya khas yang lain juga dibeli nggak cuma punya kita. Lalu meningkatkan pendapatan daerah, orang di sekitar terbantu juga, jadi jangan dibilang mematikan. Kita saling support,” terangnya untuk menepis anggapan tersebut.

Pada lain sisi, destinasi wisata kuliner milik public figure Bondan Winarno yang bernama Eat Republic di kawasan Central Business District (CBD) South City di Jalan Raya Pondok Cabe, Tangerang Selatan, yang dilaunching April 2015 bangkrut dan tak beroperasi lagi sejak Oktober 2016 lalu. Padahal tempat kuliner tersebut diklaim menjadi yang terbesar di Jabodetabek dan dimiliki oleh orang terkenal Indonesia.

Pelajaran yang dapat dipetik adalah, siapapun bisnis yang sedang baru didirikan tidak akan mengganggu UKM yang telah didirikan dahulu, selama bisnis UKM tersebut memiliki fondasi yang kokoh. Bagaimana cara membangun fondasi yang kokoh tersebut adalah dengan membangun branding yang kuat, inovasi terus menerus, mengontrol kualitas, dan hal-hal lain yang membuat konsumen menjadi loyal pada produk Anda.

Anda juga harus memperhatikan pengaturan bisnis Anda secara internal agar trik-trik di atas dapat pula berjalan dengan lancar, salah satu faktor krusial adalah pengelolaan data keuangan yang sering kali dianggap remeh oleh UKM-UKM lokal Indonesia. Accurate Online, sebagai software keuangan Indonesia berpredikat Top Brand menjadi solusi pengaturan rumitnya data pembukuan bisnis Anda. Dengan sistem yang telah berbasis cloud sehingga akan memudahkan Anda untuk mengakses dan juga mengontrol bisnis di mana saja dan kapan saja. Selain itu, fitur-fitur unggulan yang dimiliki oleh Accurate Online adalah pembuatan slip gaji, PPH21 Online, pencatatan transaksi dalam berbagai mata uang asing sekaligus mampu untuk menghitung otomatis laba/rugi selisih Kurs. Kunjungi www.SolusiUKM.com untuk mendapatkan potongan harga selama masa Ramadhan. Buruaaaan, selagi persediaan masih ada! :mrgreen:  :mrgreen:  :mrgreen:

mm
admin
Lorem Ipsum Share a little biographical information to fill out your profile. This may be shown publicly.