Awas! 5 Kesalahan Website Bisnis yang Sering Ditemukan
January 24, 2019
7 Konsep Marketing Mix Agar Omzet Meningkat!
February 8, 2019

Terungkap! 5 Cara Efektif Menghadapi Pelanggan Rewel

Cara efektif menghadapi pelanggan yang rewel bisa menjadi pembelajaran yang baik untuk dilakukan oleh seorang pebisnis. Terkadang kita sebagai pebisnis malah melawan konsumen, padahal ini tidak disarankan. Anda harus sabar-sabar menghadapi pelanggan.

Setiap pebisnis memang harus peka menjadikan pengalaman sebagai pembelajaran yang berharga. Kalau Anda adalah seorang pebisnis, Anda pasti berniat mengembangkan bisnis semaksimal mungkin seiring dengan berjalannya waktu. Banyak hal mengenai bisnis yang harus Anda pahami demi kemajuan bisnis sesuai tujuan Anda.

Konsumen merupakan salah satu aset penting dalam bisnis. Karena konsumen dapat membantu Anda selalu meningkatkan usaha. Rewelnya konsumen bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan pada bisnis Anda

Salah satunya adalah karakteristik pelanggan yang harus Anda hadapi. Pelanggan rewel tentu membuat Anda kesal dan kewalahan. Jangan menyerah dulu, ya. Lakukan beberapa cara efektif berikut ini ketika menghadapi pelanggan yang rewel:

Menempatkan Diri Sebagai Pendengar

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat berhadapan dengan pelanggan rewel adalah menempatkan diri sebagai pendengar. Pada dasarnya, pelanggan ingin kekecewaan atau pendapatnya didengarkan oleh Anda.

Jadi, simaklah omongan pelanggan Anda dengan baik. Agar Anda bisa menangkap poin-poin pentingnya secara akurat. Jangan sampai Anda kehilangan fokus hingga tak dapat menemukan esensi dari hal-hal yang disampaikan pelanggan.

Menjawab Pertanyaan Pelanggan dengan Sabar

Biasanya pelanggan rewel tak hanya ingin didengarkan oleh orang lain. Ada pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan terkait dengan layanan atau produk bisnis Anda. Itulah sebabnya Anda harus berusaha menjawab pertanyaan pelanggan dengan sabar.

Pastikan bahwa Anda dan staf lainnya memiliki product knowledge yang baik tentang bisnis Anda. Sehingga pelanggan yang rewel akan puas setelah mendapatkan penjelasan dari Anda. Berikan penjelasan dengan sabar untuk mempertahankan citra baik di hadapan pelanggan.

Jangan Mengabaikan Pelanggan

Sebaiknya Anda tidak mengabaikan pelanggan hanya karena pelanggan tersebut rewel dan menyebalkan. Pelanggan rewel juga sama seperti pelanggan lainnya. Perlakukanlah pelanggan tersebut dengan baik agar merasa puas dengan bisnis Anda.

Jangan sampai kerewelannya menyebar dan mengakibatkan kerugian bagi Anda. Karena orang lain menganggap bisnis Anda kurang profesional. Bahkan pelanggan rewel bisa menjadi senjata ampuh Anda untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda.

Meminta Kritik dan Saran

Agar pelanggan rewel merasa lebih dihargai, Anda tak perlu segan meminta kritik dan saran yang berkaitan dengan bisnis Anda. Cara ini akan memberikan kesan baik di mata pelanggan. Bukan mustahil pula Anda bisa memperoleh kritik dan saran yang benar-benar bermanfaat. Nanti, Anda bisa memperhatikan kritik dan saran tersebut untuk memperbaiki bisnis Anda.

Memberikan Kompensasi Sederhana

Kalau bisnis Anda memang sudah menyiapkan kompensasi tertentu untuk para pelanggan, cobalah memberikannya kepada pelanggan rewel. Kompensasi tersebut bisa berupa produk gratis, potongan harga, atau penawaran menarik lainnya.

Dengan demikian, pelanggan yang rewel akan merasa dihargai. Kekecewaannya terhadap bisnis Anda pun akan berkurang. Sebab Anda menunjukkan niat baik untuk menyenangkan pelanggan tersebut.

Sudah siap menghadapi pelanggan rewel dengan tips di atas? Jika sudah, Anda harus menyiapkan segalanya dengan baik. Rewelnya pelanggan bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan bisnis Anda.

Untuk urusan pengelolaan laporan keuangan bisnis, Anda tak akan repot lagi bila mengandalkan Accurate Online. Karena Accurate Online adalah software laporan keuangan berbasis cloud yang mudah dioperasikan dan bisa dikelola secara real time.

Anda bisa mengaktifkan berbagai fitur software yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Proses pengelolaan keuangan akan berlangsung secara praktis dan transparan. Teknologi secure encryption-nya akan menjaga keamanan data Anda selama 7 x 24 jam. Risiko pencurian data-data keuangan pun dapat diminimalkan.

Terakhir, jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada pelanggan rewel yang sudah selesai berurusan dengan bisnis Anda. Terima kasih adalah bentuk pelayanan terbaik yang paling sederhana.

Tunjukkan bahwa Anda adalah pebisnis yang profesional dan tahu etika. Semoga Anda tak sering berinteraksi dengan pelanggan rewel yang merepotkan dan menguji kesabaran. Selamat menghadapi pelanggan rewel!