Mudahnya Membayar Pajak UMKM dengan Aplikasi Accurate Online
September 25, 2018
6 Manfaat Kenaikan Nilai Tukar Dollar yang Jarang Diketahui Banyak Pebisnis!
September 28, 2018

Mau Punya Usaha Party Planner? 7 Poin yang Harus Dipahami!

Usaha party planner menjadi usaha yang sudah tidak asing untuk didengar. Party planner ditujukan untuk orang-orang yang tidak sempat menyiapkan segala keperluan acara yang akan dibuat. Cukup banyak orang yang sudah menggeluti usaha yang satu ini, kalau Anda baru pemula dan menyukai dunia ini, Anda wajib tahu memulai usaha party planner.

Terkadang orang-orang menyewa jasa party planner adalah mereka yang tidak mau ribet. Hanya dengan membayar dan memberikan gambaran bagaimana acara yang inginkan, pengelola jasa party planner akan menyesuaikan dengan konsep acara sesuai permintaan Anda.

Namun, bagi Anda yang ingin terjun ke usaha jasa party planner mungkin usaha ini akan menjadi usaha yang menyenangkan, karena Anda akan menjadi bagian penting untuk kebahagiaan seseorang.

Misalnya saja, saat membuat persiapan untuk pesta pertunangan, tentunya Anda akan merasa senang melihat dekorasi yang Anda dan tim persiapkan membuat klien Anda puas dengan hasilnya.  Usaha jasa yang memperoleh keuntungan dari kebahagiaan seseorang ini memerlukan beberapa persiapan khusus. Apa saja? berikut adalah beberapa tips yang harus Anda miliki & siapkan untuk menggeluti bisnis party planner.

Miliki pengalaman

Memulai sebuah usaha adalah kewajiban bagi Anda. Anda wajib untuk memiliki pengalaman, termasuk dalam memulai usaha party planner. Hal ini wajib Anda miliki, jangan menganggap membuat acara itu hal mudah. Jika Anda belum memiliki pengalaman Anda bisa mengikuti pelatihan event organizer terlebih dahulu.

Atau jika Anda tidak ingin menggeluarkan budget, Anda bisa bekerja terlebih dahulu di jasa party planner yang sudah berpengalaman. Dengan begitu Anda akan memiliki pengetahuan bagaimana cara mengelola suatu acara agar sesuai dengan permintaan penyewa jasa. Dengan begitu pastinya penyewa jasa akan mengapresiasi hasil kerja Anda.

Bangun Tim yang solid dalam Usaha Party Planner

Membuat acara adalah kerja tim. Dengan adanya tim Anda dapat berdiskusi bagaimana caranya agar acara yang Anda buat sesuai dengan permintaan klien. Karena hal yang sangat mustahil jika membuat sebuah acara hanya dijalankan satu orang, setidaknya Anda membutuhkan penanggung jawab acara, perlengkapan, konsumsi, dan pengatur dana.

Semakin besar acara, semakin kompleks kebutuhannya. Tim yang solid bisa memunculkan ide-ide brilian, selain itu tim yang solid juga menghadirkan suasana kerja yang menyenangkan. Sehingga akan membuat klien Anda puas dengan pekerjaan tim Anda. Ini akan menjadi portofolio yang bagus untuk Anda.

Siapkan Modal

Modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha ini bergantung pada cara Anda menjalankan bisnis. Jika pelanggan membayar di muka, sudah pasti jumlah dana yang dibutuhkan untuk mempersiapkan keperluan acara sedikit.

Namun jika pelanggan membayar separuh dari harga yang sudah disepakati atau membayar setelah acara selesai, Anda harus siapkan dana yang lebih dalam. Hal ini dapat Anda rundingkan bersama tim sebelum berdiskusi Bersama klien Anda.

Tetapi umumnya, penyedia jasa party planner selalu meminta DP 50 % setelah perjanjian kerjasama sama dengan klien sudah dipersiapkan dengan benar. Memulai usaha party planner bahkan bisa tanpa menggeluarkan modal pribadi loh.

Kembangkan kreativitas

Kembangkan kreativitas yang Anda miliki, karena pelanggan yang akan Anda hadapi berbeda-beda, agar tidak monoton Anda harus mempersiapkan ide-ide briliant sehingga calon pelanggan tertarik pada usaha jasa party planner Anda. Atau Anda juga bisa mencari referensi dari berbagai sumber. Bahkan Anda bisa dengan berkunjung ke acara-acara yang dijalankan oleh kompetitor Anda.

Perbanyak relasi

Untuk membuat acara Anda harus memiliki banyak relasi agar Anda mendapat kemudahan dalam memperoleh barang-barang yang diperlukan. Sebelum membuat acara, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mencatat daftar supplier yang sesuai, bahan baku yang Anda butuhkan dalam menyiapkan Acara harus sesuai dengan apa yang diminta oleh klien.

Dengan memiliki relasi Anda tidak perlu lagi mencari perlengkapan yang diperlukan dengan sulit. Hal ini tentunya penting agar persiapan acara yang akan Anda buat menjadi mudah dan cepat. Relasi juga memungkinkan Anda mendapat lebih banyak pelanggan, selain itu relasi juga dapat mempromosikan usaha jasa party planner Anda.

Tak hanya itu, kualitas acara yang Anda buat merupakan  cara yang ampuh untuk melipatgandakan relasi, tidak mustahil setelah relasi Anda melihat hasil kerja yang Anda buat mereka Akan menyarankan usaha party planner Anda jika ada yang membutuhkan.

Kesabaran Menjadi Hal Penting dalam Memulai Usaha Party Planner

Dalam memulai usaha party planner Anda harus memiliki kesabaran. Sabar merupakan modal mutlak untuk usaha ini. Bisa jadi pelanggan Anda marah-marah karena suatu hal, usahakan meminimalisir kesalahan dengan selalu berkordinasi dengan pelanggan.

Walaupun terkadang pelanggan meminta hal-hal yang merepotkan tetapi dengan kesabaran semua akan terlewati. Hindari perdebatan yang tidak perlu bersama tim, karena hal ini akan membuang-buang waktu sehingga pekerjaan Anda semakin terhambat.

Demikian tips untuk Anda yang tertarik membuat usaha party planner semoga tips yang diberikan dapat membantu Anda dalam memulai usaha party planner. Ketika Anda memulai usaha party planner Anda juga tidak boleh melupakan pencatatan keuangan dan pembukuan dari usaha Anda.

Jangan Lupain Pembukuan

Apa pentingnya? Yah pentingnya pencatatan ini Anda bisa mengetahui berapa total pengeluaran yang Anda keluarkan selama acara. Apakah sudah sesuai dengan bayaran dari klien, dan pembayaran kepada supplier dan tim sudah sesuai.

Sekarang, sebagai pengusaha pemula party planner dan sebelum memulai usaha party planner, Anda harus sudah menyiapkan sistem keuangan yang baik dan sesuai dengan bisnis Anda. Sekarang Anda bisa menyiapkan sistem keuangan yang mudah, efektif, dan efisien yakni dengan Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi pembukuan yang cocok digunakan untuk segala jenis usaha baik usaha retail, dan juga jasa. Dengan bantuan Accurate Online Anda bisa dengan mudah menentukan harga jasa Anda. Termasuk Anda bisa dengan mudah menghitung pajak Anda dengan fitur integrasi pajak yang ada pada Accurate Online. Tunggu apa lagi? Yuk coba Accurate Online sekarang, gratis 30 hari!