9 Trik Ampuh untuk Jadi pengusaha Muda Sukses
March 6, 2018
Punya Rencana Dirikan Start Up? 7 Kiat untuk Membangun Start Up dari Nol
March 9, 2018

Mau Jadi Freelance Bergaji Tinggi? 8 Posisi Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu yang Mau Punya Penghasilan Besar Meskipun Hanya Freelance

Freelancer identik hanya sebagai pekerjaan dengan penghasilan kecil, disebabkan oleh seorang freelance tampak keliatan seperti pengangguran yang bekerja kalau ada panggilan saja dengan penghasilan rendah. Kini, pekerjaan seorang freelance tidak lagi identik dengan penghasilan kecil loh. Di era digital dan perkembangan perusahaan rintisan seperti Start Up, para freelance  bisa memperoleh bayaran tinggi. Mau tahu daftar freelance bergaji tinggi?

Di negara-negara besar, profesi freelance banyak digeluti, mereka yang tidak menyukai bekerja dengan jam kantor atau ingin memiliki pekerjaan yang fleksibel lebih memilih untuk bekerja sebagai freelance dibandingkan bekerja kantoran.

Posisi freelance umumnya dilakukan oleh para mahasiswa atau pegawai yang ingin memiliki penghasilan tambahan. Kadang pekerja freelance selalu dianggap sebelah mata, namun jika kamu bisa menunjukan kemampuan maksimal yang kamu miliki, kamu akan tetap dipandang seperti pegawai pada umumnya. Nah berikut beberapa daftar pekerja freelance bergaji tinggi yang bisa kamu coba.

Translator

Pekerjaan translator saat ini banyak sekali dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Baik perusahaan besar, maupun perusahaan rintisan. Apabila kamu memiliki kemampuan berbahasa asing yang cukup mumpuni, kamu bisa mencoba untuk melamar pada posisi yang satu ini. Ada yang mengatakan bahwa bayaran seorang translator bisa mencapai Rp 300-500 ribu per harinya. Bahkan kalau kamu sudah memiliki jam terbang yang banyak, bayaran kamu bisa lebih tinggi dari itu loh.

Android Developers

Seiring meningkatnya pengguna smarphone di Indonesia maupun di dunia, membuat pekerjaan sebagai seorang android developers sangat dibutuhkan. Terutama oleh perusahaan-perusahaan rintisan maupun perusahaan berbasis teknologi yang ingin memiliki aplikasi android, untuk membangunnya mereka membutuhkan seorang android developers.

Posisi Android developers merupakan salah satu posisi yang memiliki penghasilan besar, meskipun hanya sekedar freelance saja. Jika sudah memiliki banyak pengalaman, setiap satu pekerjaan bisa dibayar dengan bayaran hingga Rp 10 juta per pekerjaan yang dilakukan. Jadi bayaran kamu bukan hanya dibayar perbulan, namun akan dibayar per pekerjaan.

Fotographer

Kata siapa pekerjaan freelance fotographer itu bergaji kecil. Tidak loh, saat ini pekerjaan seorang fotographer bisa memiliki penghasilan yang cukup tinggi meskipun hanya freelance saja. Apa lagi memasuki tahun politik seperti di tahun 2018 hingga 2019 pasti banyak para calon kepala daerah maupun calon legislatif yang mencari fotographer lepas untuk mendokumentasikan kegiatan mereka. Bisa jadi peluang kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan ni.

Kamu yang memiliki kamera dan kemampuan dalam fotografi, bisa mencoba untuk mencari lowongan fotographer freelance. Bayarannya cukup tinggi loh, bahkan banyak fotographer yang dibayar per event. Jadi cukup wajar jika fotographer freelance menjadi pekerjaan freelance bergaji tinggi yang harus kamu coba.

Penulis Lepas

Selain fotographer, perusahaan-perusahaan rintisan kini membutuhkan para penulis untuk mengisi artikel-artikel di website mereka. Biasanya, mencari penulis tidaklah mudah sehingga tidak sedikit perusahaan yang menggunakan jasa penulis freelance. Bayarannya pun lumayan loh, kamu bisa dibayar dengan harga yang cukup tinggi meskipun kamu hanya bekerja sebagai freelance. Banyak sekali yang telah sukses menjadi penulis freelance dan mereka memiliki penghasilan yang cukup besar. Para penulis freelance ini umumnya mengisi posisi content writer maupun copy writer.

Sosial Media

Selain websitenya yang harus update, para pemilik perusahaan rintisan pun menginginkan agar sosial media mereka tetap bisa aktif. Saat ini suatu produk agar bisa memiliki tanggapan dari konsumen, mereka harus memiliki akun sosial media.

Umumnya para sosial media freelance menjawab keluhan kepada konsumen, serta melakukan update-update informasi terbaru mengenai produk-produk atau layanan terbaru. Social media freelance bergaji tinggi loh. Bahkan kalo sudah berpengalaman kamu bisa dibayar lebih besar loh, di beberapa negara pekerjaan freelance sosial media bisa dibayar hingga US$ 21 loh atau setara Rp 270 ribu per jamnya.

Website Developers dan Programmer

Meskipun kedua profesi di atas berbeda, namun kebutuhan akan kedua posisi tersebut sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan rintisan maupun perusahaan yang berbasis teknologi. Meskipun banyak dibutuhkan, namun orang-orang yang memiliki kemampuan tinggi dalam mengelola dan membangun website memiliki bayaran yang cukup tinggi.

Kalau kamu memiliki kemampuan dalam mengelola dan membangun website maka kamu bisa mencari lowongan untuk mengisi posisi yang satu ini. Apa lagi freelance website developers dan programmer sangat dicari, bahkan ada para freelance yang memiliki klien-klien besar. Jadi gak usah takut lagi untuk menjadi freelance.

Graphic Design

Seorang yang memiliki jiwa seni dan kemampuan membuat design logo, gambar untuk website dan berbagai hal berkaitan dengan desain bisa menjadi pekerjaan dengan penghasilan yang cukup tinggi, meskipun hanya dijalankan sebagai freelance.

Banyak loh orang-orang design yang hanya memanfaatkan pekerjaannya sebagai freelance, namun bayaran mereka cukup untuk hidup selama satu bulan bahkan lebih. Jadi graphic design bisa menjadi freelance bergaji tinggi yang bisa kamu coba.

Accurate Digital Partner

Freelance bergaji tinggi selanjutnya sebagai Accurate Digital Partner (ADP). Apa itu ADP? ADP merupakan affiliate marketers produk Accurate Online. Yakni produk software pembukuan yang sangat dibutuhkan oleh para pemilik usaha, terutama pemilik UKM di Indonesia.

Saat ini jumlah ADP sudah ada 2000 orang dengan penghasilan bulanan cukup tinggi. Minimal ketika kamu berhasil menjual satu produk, kamu bisa mendapatkan Rp 400 ribu. Bahkan ada ADP yang mendapatkan fee hingga Rp 30 juta perbulan, padahal ini pekerjaan bisa dilakukan dengan cara freelance atau tanpa jam kantor.

Angka ini memang cukup fantastis. Apa lagi kebutuhan akan software keuangan akan sangat dibutuhkan oleh pemilik usaha di Indonesia yang ingin memiliki pembukuan yang rapih, dan mudah dalam melaporkan serta menyusun laporan pajak mereka.

Selain kamu bisa mendapatkan uang, kamu juga bisa menolong para UKM untuk bisa mengatur keuangan menjadi lebih rapih dan mudah dalam membuat laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Tunggu apa lagi, segera daftarkan diri kamu untuk menjadi ADP dan dapatkan penghasilan hingga Rp 30 juta setiap bulannya.

Cukup banyak peluang pekerjaan freelance bergaji tinggi yang bisa kamu coba. Asalkan kamu merasa mampu dan mau banyak belajar maka kamu bisa menjadi seorang freelance yang memiliki bayaran yang besar dan mungkin bisa untuk membayar uang kuliah kamu. Ayo segera jadi freelance agar bisa punya penghasilan tambahan.

Iskandar Rumi
Iskandar Rumi
Mantan wartawan yang hijrah menjadi SEO writer & content writer