Temukan Cara Melawan Virus WannaCry di Sini
May 15, 2017
Jangan Sampai Seperti Mereka yang Kena Virus WannaCry
May 16, 2017

Cek Apa Komputer Anda Berisiko Terserang WannaCry

Sejumlah serangan terjadi pada perangkat komputer yang ada di dunia, termasuk Indonesia. Serangan tersebut berasal dari sebuah virus bernama WannaCry atau biasa juga disebut Wanna Decryptor atau wcry. Virus ini masuk dalam kategori berbahaya dan menjadi masalah internasional karena serangannya yang masif dan hampir serentak pada berbagai tempat belahan dunia.

Seperti yang dikutip pada situs CNN, sejumlah pakar teknologi informasi memperingatkan bahwa ancaman serangan virus ransomware Wannacry masih mengintai dan amat mungkin terjadi lagi dalam waktu dekat. Lalu bagaimana cara kita memproteksi perangkat komputer kita? Simak pembahasan rinci mengenai virus tersebut di bawah ini:

Ransomware WannaCry merupakan virus yang tersistem untuk mengunci otomatis semua berkas komputer yang diserang dan baru dapat Anda akses kembali setelah uang tebusan dibayar. Hal ini tentunya bukanlah hal baru dalam teknologi informasi. Namun, menurut badan kepolisian Eropa atau Europol serangan sedahsyat virus Wannacry tersebut belum pernah terjadi sebelumnya.

Europol memperkirakan terdapat lebih dari 200.000 korban virus Wannacry yang tersebar di 150 negara. Jumlah tersebut sangat mungkin untuk meningkat setelah khalayak dunia menghidupkan komputer mereka pada Senin dan belum memutakhirkan sistem keamanan mereka.

 

BACA JUGA !
[mkd_post_layout_four number_of_posts=”4″ column_number=”4″ category_id=”0″ author_id=”0″ title_tag=”h5″ display_date=”no” display_category=”no” display_pagination=”no” extra_class_name=”baca_juga” tag_slug=”Virus, WannaCry”]

 

Lalu, Apa komputer Anda berisiko terserang virus Wannacry?

Virus Wannacry hanya berdampak pada komputer yang memiliki sistem operasional Windows. Jika seseorang tidak memutakhirkan perangkat Windows yang dimilikinya dan tidak berhati-hati saat membuka, membaca email, maka risiko yang dihasilkan untuk terserang virus WannaCry semakin besar pula.

Lalu, untuk meminimalisasi risiko tersebut, Anda dapat memutakhirkan atau mengupdate atau mengganti sistem operasional, menggunakan firewall, memperbarui perangkat anti-virus, dan selalu bersikap waspada saat menerima pesan email yang tidak jelas berasal dari mana.

Tidak lupa pula untuk Anda menduplikasi data dan menyimpannya pada tempat lain agar saat terjadi sesuatu pada data di komputer, Anda tidak khawatir akan kehilangan data-data penting tersebut, sehingga Anda juga tidak perlu membayar uang tebusan saat terpapar virus.

Virus Wannacry yang heboh dibicarakan publik tersebut bekerja secara masif dan menyebar pada berbagai jaringan komputer dengan otomatis. Hal ini jelas berbeda dengan kebanyakan virus lainnya yang menyebar secara manual dengan mengandalkan tipuan sehingga pengguna komputer mengklik tautan pada email.

Begitu Wannacry menembus jaringan komputer, virus itu akan memburu jaringan lainnya yang rentan. Ini sebabnya virus tersebut dapat menyebar secara cepat.

Mengapa banyak masyarakat yang rentan terhadap WannaCry?

Pada Maret lalu, Microsoft merilis pemutakhiran gratis untuk menambal kelemahan yang diincar ransomware. Namun, badan intelijen Amerika Serikat ternyata menemukan kelemahan lainnya dan menyimpan informasi itu dalam sistem komputer mereka.

Informasi itu belakangan bocor dan dimanfaatkan oleh para peretas dan saat kebocoran terjadi, sejumlah pakar teknologi informasi memprediksi peretas akan menciptakan virus ransomware, dan dugaan mereka ternyata benar.

Awalnya, banyak dari pakar menduga bahwa kebanyakan korban memakai sistem operasional Windows XP yang tak lagi disokong Microsoft. Akan tetapi, Alan Woodward selaku pakar keamanan siber memperlihatkan statistik terkini yang menunjukkan pengguna Windows XP sejatinya sangat kecil.

Segera perbarui perangkat Anti-Virus Anda karena serangan ini dapat terjadi pada siapa saja. Jangan lupa bagi Anda pelaku bisnis untuk segera mengamankan data-data keuangan dengan menggunakan perangkat lunak Accurate Online. Accurate Online, selain menjadi andalan banyak pelaku bisnis hingga terpilih sebagai Top Brand Indonesia ini memiliki fitur-fitur unggulan untuk memproteksi data keuangan secara otomatis dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab (hackers). Selain itu, Accurate Online juga memiliki kelebihan-kelebihan lain seperti Ekport transaksi PPN ke E-faktur tanpa perlu input satu-per satu data pada program E-Faktur, dan keuntungan-keuntungan lain. Kunjungi www.solusiUKM.com untuk tahu penawaran-penawaran lengkapnya.

mm
admin
Lorem Ipsum Share a little biographical information to fill out your profile. This may be shown publicly.