Hanifa Ambadar, Founder Female Daily dengan Penghasilan Miliaran Rupiah
April 21, 2017
Jadi Womenpreneur itu Gampang! Baca Tipsnya di Sini
April 25, 2017

Cantik, Pintar, Sukses; Daftar Boss Perempuan di Indonesia

Sebuah riset yang dilakukan Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 2013 melahirkan sebuah hasil yang mengejutkan. Isi riset tersebut menmbuktikan bahwa pada Investor memiliki kecenderungan untuk lebih yakin pada bisnis yang dipimpin oleh seorang pria ketimbang wanita, meskipun bisnis yang dijalankan memiliki bidang yang serupa.

Namun data lain yang serupa berasal dari TechCrunch melaporkan, bahwa di Amerika Serikat 10 persen startup yang mendapat pendanaan di 2014 dipimpin oleh seorang wanita. Angka tersebut meningkat jika dibandingkan tahun 2013, yang hanya sekitar lima persen.

Dalam memperingati hari Kartini, Accurate Online peduli dengan perkembangan dan kemajuan yang terjadi pada dunia wanita di berbagai bidang. Berikut daftar  tokoh entrepreneur wanita di Indonesia yang telah menjadi contoh cemerlang dengan membangun startup di kategori yang bervariasi;

Hanifa Ambadar – Founder FemaleDaily.com

Source: The It Girl

Hanifa Ambadar menjalankan media online Female Daily yang mulanya berawal dari blog fashion personal pada tahun 2005. Kini FemaleDaily tumbuh menjadi salah satu perusahaan besar yang mengedepankan dunia perempuan.

Tidak hanya itu, kini Female Daily memiliki komunitas kuat dan forum yang aktif. Para anggotanya dapat menulis ulasan sebuah produk dan berpartisipasi di forum diskusi. Perusahaan yang mendapat pendanaan sejumlah USD 1 juta (sekitar Rp 13 miliar) ini memiliki pandangan unik bagi wanita yang aktif di dunia online, hal ini lah yang membantu Hanifa menjaring banyak klien yang ingin beriklan dan juga membuat dirinya menjadi konsultan yang banyak dicari.

Catherine Hindra Sutjahyo – CEO AlfaCart

Source: CewekBanget.id

Mengawali karier sebagai konsultan di McKinsey Singapura, lalu sempat memipin perusahaan Zalora, kini wanita berusia 33 tahun tersebut mempunyai mimpi besar, yakni membuat e-commerce menjadi solusi agar konsumen memiliki akses terhadap produk retail dengan cara yang lebih mudah, harga bersaing, juga berkualitas. “Strategi tersebut telah kami uji coba (pilot) mulai bulan ini. Ke depannya, para pengguna akan bisa berbelanja online di toko-toko kelontong di sekitar mereka,” jelas Catherine Hindra Sutjahyo

 

Cynthia Tenggara – Berrykitchen

Source: DailySocial

BerryKitchen merupakan perusahaan yang yang menyajikan layanan delivery katering yang mengantarkan makan siang kepada pelanggan yang sebagian besar merupakan pekerja kantoran. Sang founder, Cynthia Tenggara, sebelumnya bekerja di Groupon Indonesia, sehingga ia telah familier dengan perkembangan bisnis teknologi. Pada bulan Maret 2014, Berrykitchen mendapat pendanaan dari angel investment asal Indonesia yang khusus mendanai startup yang dipimpin oleh wanita. Dalam durasi setahun berikutnya, BerryKitchen mendapatkan pendanaan lain yang berasal dari East Ventures.

 

Veronika Linardi – CO-Founder & CEO Qerja

Source: Source: Indonesia Tatler

Veronika Linardi merupakan wanita dibalik website ppencari lowongan pekerjaan Qerja. Para pencari kerja dan karyawan berbagi informasi gaji secara anonim – topik yang jarang dibahas secara terbuka. Platform yang dimiliki oleh Qerja tersebut terinsipirasi dengan model bisnis yang diterapkan di AS.

Pada awal bulan Maret 2015, Qerja mendapat suntikan dana sebesar delapan digit dari SB ISAT Fund, sebuah joint venture milik SoftBank dan Indosat. Tentunya, para VC percaya bahwa Veronika dapat membawa Qerja ke level selanjutnya. Veronika memiliki banyak pengalaman di bidang SDM. Ia juga telah memimpin perusahaan perekrutan kerja miliknya yang bernama Linardi Associates sejak 2006.

 

Diajeng Lestari –Founder HijUp

Source: Youtube Sarah Sechan

Ide bisnis sering kali muncul dan berawal dari beberapa kejadian yang tidak terduga. Hal ini lah yang terjadi pada Diajeng Lestari, pendiri dari HijUp.com. Sebelum merintis HijUp.com, perempuan yang akrab disapa Ajeng ini adalah karyawan sebuah perusahaan internasional. Sebagai seorang muslimah yang aktif, istri dari Founder Bukalapak Achmad Zaky ini  mengaku kesulitan mencari baju muslim untuk bekerja. Maka dari itu, tercetuslah konsep HijUp merupakan sebuah online mall yang mewadahi desainer-desainer fashion muslim di Indonesia dan menyasar para perempuan muslimah yang ingin berbelanja.

 

Nabilah Alsagoff – COO Doku

Source: Doku

Nabilah merupakan Founder dan COO dari website Doku. Melalui Doku, ia membangun platform untuk menghadapi persoalan rumit dalam pembayaran online di Indonesia. Doku telah melayani nama besar seperti Air Asia dan Sinar Mas. Nabilah juga telah mendalami ranah bisnis ini dalam durasi waktu yang lama. Ia mulai memikirkan tentang bisnis e-payment saat tahum 2002, waktu ia masih menjadi konsultan bagi Kementerian Pariwisata Indonesia yang saat itu ingin membangun portal yang dapat membantu mengembalikan industri pariwisata Bali setelah peristiwa bom di pulau tersebut.

 

Accurate Online selalu berharap agar perempuan tetap berjuang dalam berbagai bidang seperti pendidikan, bahkan kemandirian secara finansial karena sosok perempuan merupakan tombak dari suatu negara. Oleh karena itu, Accurate Online berusaha membantu perempuan dalam berbisnis agar memudahkan sistem keuangan pada bisnis yang dijalankan perempuan Indonesia dengan sistem cloud yang membuat pendataan menjadi lebih prakatis dan otomatis. Kelebihan lain dari Accurate Online adalah fitur-fitur tambahan seperti eksport transaksi PPN ke E-faktur tanpa perlu menginput satu-per satu data pada program E-Faktur, dan lain-lain.

 

mm
admin
Lorem Ipsum Share a little biographical information to fill out your profile. This may be shown publicly.