Jarang Dilirik, 6 Start Up yang Fokus Menggarap Bidang Pertanian
January 17, 2018
Pembayaran QR Code yang Semakin Digiatkan dan Diminati
January 17, 2018

Apa Keuntungan Jualan via Marketplace Dibandingkan Jualan Di Toko Online Sendiri

Perkembangan bisnis online tak terlepas dari kehadiran marketplace dan toko online serta yang semakin tumbuh setiap harinya. Selalu ada pemain-pemain baru di ranah bisnis online. Bagi kamu yang ingin berbisnis online dan masih bingung ingin bisnis apa? Sebelum memulai bisnis, kamu harus tahu keuntungan berjualan di marketplace dibandingkan di toko online milik sendiri.

Dalam berbisnis kamu pasti ingin mendapatkan keuntungan, untuk bisa berjualan online dan sukses bukanlah hal yang mudah. Karena kamu harus memasang strategi yang tepat, karena tidak mungkin kamu berjualan tanpa strategi. Bisa-bisa gak dapet untung, kamu malah rugi deh.

Nah untuk itu kamu harus tahu apa saja kelebihan berjualan di marketplace dibandingkan dengan jualan di toko online milik kamu sendiri. Sebelum memulai usaha atau jika sudah berjalan, kamu bisa merubah strategi bisnis yang kamu miliki tersebut.

Keuntungan Berjualan Di Marketplace

Tidak Perlu Membangun Website

Ketika kamu berpikir ingin berjualan online di marketplace, kamu tidak perlu lagi memikirkan website yang akan kamu buat. Sebab, kamu tidak memerlukan website lain untuk berjualan di marketplace. Karena marketplace sudah menjadi sebuah website.

Ibarat, marketplace adalah sebuah mall yang sudah menyiapkan kios-kios untuk ditempati oleh pemilik usaha seperti kamu. Berbeda dengan mall, jika di mall kamu harus membayar untuk uang kebersihan maupun listrik. Berbeda di marketplace, kamu tidak perlu membayar. Di marketplace kamu juga disuruh bayar jika kamu ingin mendapatkan keanggotaan premium.

Tidak Perlu Memikirkan Sistem

Ketika kamu ingin memulai bisnis online di marketplace, kamu tidak perlu bingung untuk memikirkan sistem penjualan. Baik itu sistem tampilan produk, sistem komentar, maupun sistem pembayaran. Karena di marketplace semua itu sudah terintegrasi dan kamu cukup menampilkan foto terbaik produk yang akan kamu jual.

Sudah memiliki Pengunjung

Jika kamu membangun website toko online dari awal, tentunya kamu harus mencari pengunjung yang akan datang ke website kamu dan pengunjung membeli produk yang kamu jual di toko online. Mendapatkan pengunjung tidaklah cepat, mungkin dalam satu dua bulan website kamu tidak ada yang mengunjunginya. Terkadang pengunjung yang datang ke toko online kamu, mereka hanya melihat-lihat saja tanpa membelinya.

Bisnis di Toko Online atau Marketplace

Bisnis Toko Online atau marketplace?

Berbeda jika kamu berjualan di marketplace. Di marketplace, mereka sudah memiliki pengunjung dan pengunjung yang datang ke marketplace sudah pasti ingin mencari barang-barang yang mereka butuhkan. Tentunya hal ini akan memudahkan kamu dalam berjualan di marketplace yang sudah memiliki pengunjung cukup banyak. Karena pengunjung di marketplace memang sangat spesifik dan mereka akan mencari barang yang memang ingin mereka miliki.

Meningkatkan Product Awareness

Ketika kamu menjajakan barang dagangan kamu di marketplace, secara tidak langsung sistem algoritma marketplace tersebut akan membantu kamu dalam mereferensikan produk yang kamu jual kepada calon konsumen. Sehingga secara tidak langsung produk yang kamu pasang akan mendapatkan promosi tanpa biaya dari si marketplace itu sendiri. Bukankah itu sangat membantu?

Pembeli Merasa Aman

Keuntungan jualan via marketplace selanjutnya pembeli bisa merasa aman dengan membeli produk yang kamu jual. Berbeda jika kamu berjualan di toko online milik kamu sendiri, meskipun kamu merasa bahwa toko online kamu tidak akan membohongi pembeli, tetapi terkadang banyak pembeli yang belum yakin untuk melakukan pembelian di toko online milik kamu. Dengan berjualan di marketplace secara tidak langsung kamu sudah membangun kepercayaan kepada pembeli untuk membeli barang dagangan kamu. Keuntungan jualan via marketplace memang sulit diprediksi, tetapi peluang mendapatkan konsumen pun cukup besar.

Di Promosikan Secara Cuma-Cuma

Ketika kamu berjualan di marketplace, kamu akan mendapatkan keuntungan jualan via marketplace dengan mendapatkan promosi gratis secara tidak langsung. Karena biasanya marketplace akan memberikan referensi produk ke para pengunjung website mereka dengan produk sejenis. Jika kamu pintar dalam memasang kata-kata maka akan sangat mudah di baca oleh algoritma marketplace.

Tak Perlu Bingung Memilih Jasa Pengiriman

Semua marketplace sudah melakukan kerjasama dengan berbagai vendor pengiriman. Kamu tidak perlu bingung lagi dalam memilih vendor pengiriman. Karena marketplace umumnya sudah bekerjasama dengan berbagai jasa kurir di Indonesia. Jadi kamu tidak perlu lagi merasa bingung dalam memilihnya.

Keuntungan berjualan via marketplace memang sangatlah mudah dibandingkan dengan membangun toko online sendiri. Terlebih jika kamu tidak memiliki modal yang cukup dan tidak begitu paham bagaimana membangun website untuk jualan dan melakukan optimasi website agar memiliki jumlah pengunjung website yang cukup banyak. Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika berjualan online di marketplace.

Dimanapun dan kapanpun

Iskandar Rumi
Iskandar Rumi
Mantan wartawan yang hijrah menjadi SEO writer & content writer