Miris! Tutup Seluruh Lapak, Clarks Akan Hengkang dari Indonesia
February 1, 2018
Daftar Cara Cari Uang Tambahan yang Mudah Dilakukan untuk Pekerja Kantoran dan Pengangguran
February 5, 2018

Alasan Kenapa Harus Jadi Pengusaha Daripada Menjadi PNS atau Pegawai Swasta? 6 Kenikmatan Ini Akan Didapatkan

Menjadi seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil) memang menjadi pilihan para generasi milenial yang sudah bekerja atau belum bekerja sama sekali. Mereka menganggap bahwa menjadi PNS hidupnya sudah terjamin dan sejahtera. Tetapi tahukah kalian, bahwa ada pekerjaan lain yang bisa membuat hidup kalian lebih sejahtera. Yaitu pebisnis atau pengusaha, nah berikut alasan kenapa harus jadi pengusaha daripada PNS atau pegawai swasta.

Melamar kerja menjadi seorang PNS menjadi cita-cita banyak orang. Hal itu terbukti dari jumlah pelamar PNS ketika lowongan kerja sebagai PNS di buka. Seperti pada tahun lalu, ketika pemerintah membuka lowongan PNS secara besar-besaran. Jumlah pendaftarnya mencapai 1. 117.943 orang padahal pemerintah hanya menyediakan 17.928 formasi di 60 Kementerian dan Lembaga.

Jumlah tersebut membuktikan bahwa masyarakat Indonesia masih lebih senang untuk menjadi seorang PNS dibandingkan menjadi seorang pengusaha. Padahal jumlah pengusaha di Indonesia masih amat sedikit. Dan peluang untuk membuka usaha masih sangat besar.

Buat kalian yang gagal dalam seleksi penerimaan PNS di tahun 2017 kemarin, jangan berkecil hati dan bersedih. Karena kamu bisa mendapatkan pendapatan seperti PNS bahkan lebih jika kalian menjadi pengusaha. Karena pendapatan pengusaha tidak ada batasnya loh. Buktinya banyak sekali orang-orang saat ini ingin menjadi pengusaha. Mengapa?

Berikut Beberapa Alasan Kenapa Harus Jadi Pengusaha daripada PNS atau Pegawai Swasta

Bisa Menggali Potensi Diri

Jika kamu hanya bekerja di perusahaan orang lain, tentunya kamu tidak bisa mengeluarkan banyak potensi yang ada dalam diri kamu. Dan pendapatan yang kamu peroleh hanya segitu-gitu saja. Bagi seorang yang memiliki jiwa menjadi seorang pengusaha, hal tersebut akan membuat dirinya bosan. Apa lagi jika pendapatannya hanya segitu-gitu saja.

Berbeda ketika Anda menjadi pengusaha, Anda bisa mendapat gaji melebihi apa yang ingin kalian dapatkan. Karena ketika Anda menjadi pengusaha Anda berpotensi mendapatkan penghasilan tanpa batas. Meskipun pada tahun pertama Anda harus merugi, tetapi jika konsisten menjalankannya Anda bisa mendapatkan penghasilan berkali-kali lipat daripada pendapatan sebagai PNS. Itulah alasan kenapa harus jadi pengusaha.

Pendapatan Tiada Batasnya

Alasan kenapa harus jadi pengusaha daripada jadi PNS atau pegawai swasta adalah memiliki pendapatan yang tanpa batas. Tidak percaya? Coba saja kalian tengok kekayaan para miliarder di Indonesia. Berapa kekayaan mereka? Apakah mereka seorang pegawai atau pengusaha? Coba adakah pegawai yang kaya? Ada, tapi kekayaan mereka tidak seperti kekayaan menjadi seorang pengusaha. Karena untuk menjadi pengusaha, Anda akan memiliki jumlah kekayaan yang luar biasa.

Memiliki Otoritas

Ketika Anda terjun menjadi pengusaha, Anda sepenuhnya yang mengatur bagaimana jalannya bisnis. Namun, bukan berarti Anda tidak mau mendengarkan kritik dan saran yang diberikan oleh orang lain kepada Anda.

Ketika Anda menjadi seorang PNS atau pegawai di perusahaan swasta, keputusan yang diambil bukan hanya keputusan Anda. Lalu, Anda tidak bisa mengeluarkan segala potensi yang ada pada diri kamu. Selain itu, Anda pun bisa mengambil keputusan sendiri tanpa harus ada yang mengugatnya.

Selain itu, ketika Anda menjadi seorang pengusaha. Anda bisa mengatur jam kerja Anda sendiri. Berbeda ketika Anda mencoba untuk menjadi seorang PNS atau pegawai swasta, Anda tidak boleh mengatur jam kerja Anda. Anda harus bekerja selama 8 jam. Belum lagi perjalanan dari rumah ke kantor yang bisa ditempuh selama 3 jam. Bukankah itu melelahkan?

Waktu

Siapa sih yang tidak ingin memiliki waktu yang cukup banyak bersama keluarga? Apa lagi jika bisnis yang dijalankan di mulai dari rumah, Anda bisa mengembangkannya bersama dengan keluarga. Sehingga memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga dibandingkan dengan bos yang menjengkelkan di kantor.

Alasan kenapa harus jadi pengusaha daripada menjadi PNS atau pegawai swasta Anda akan memiliki banyak waktu bersama keluarga. Karena Anda tidak harus berada diluar rumah selama 12 jam lebih (waktu perjalanan ke kantor dan waktu kerja di kantor). Tapi cukup dengan waktu tiga hingga 4 jam fokus mengurus bisnis, maka Anda pun bisa kembali menghabiskan waktu bersama keluarga.

Bisa Liburan Kapan Aja

Yah, ketika bisnis yang Anda jalankan sudah berkembang pesat, dan pendapatan dari bisnis cukup banyak. Maka sisihkanlah sedikit keuntungan untuk menjadi dana liburan bersama keluarga. Ketika Anda menjadi pengusaha, Anda bisa liburan kapan aja semau Anda. Karena tidak akan ada yang melarang dan tidak perlu takut untuk kehilangan pekerjaan karena adanya pekerjaan yang ditinggal.

Alasan kenapa harus jadi pengusaha, bisa liburan terus bareng keluarga

Dengan menjadi pengusaha, Anda bisa berlibur di waktu-waktu yang orang lain jarang untuk berlibur. Karena biasanya orang-orang akan berlibur ketika masa cuti panjang, seperti saat lebaran atau saat tahun baru. Tetapi ketika Anda menjadi pengusaha, Anda tidak perlu menunggu kedua waktu tersebut untuk liburan. Anda bisa liburan kapan aja dan pastinya Anda bisa berlibur tanpa kena macet.

Bisa Jadi Bos

Alasan kenapa harus jadi pengusaha daripada menjadi PNS atau pegawai swasta, karena Anda akan menjadi bos di perusahaan yang Anda bangun sendiri. Karena Anda yang akan mengatur seluruhnya. Baik itu mengambil keputusan, mengatur keuangan, dan membuat tampilan produk sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Lima kenikmatan tersebut hanya bisa Anda dapatkan ketika Anda menjadi seorang pengusaha. Untuk itu, mengapa Anda harus menjadi pengusaha. Karena Anda akan menikmati kelima kenikmatan tersebut. Alasan kenapa harus jadi pengusaha daripada menjadi PNS atau pegawai swasta, karena Anda akan menikmati kelima kenikmatan yang jarang orang lain dapatkan.

Dimanapun dan kapanpun

Iskandar Rumi
Iskandar Rumi
Mantan wartawan yang hijrah menjadi SEO writer & content writer