Inilah 5 Tips untuk Memulai Bisnis Fashion Bagi Pemula Agar Cepat Sukses
August 24, 2018
5 Manfaat Digital Marketing Agar Bisnis Makin Laris Manis
August 30, 2018

7 Ide Usaha yang Cocok Dijalankan di Lingkungan Perumahan Baru

Usaha tak selalu identik dengan skala besar dan butuh banyak modal. Anda bisa merintis usaha dari hal-hal yang sederhana. Bahkan, lingkungan perumahan baru yang masih cukup sepi cocok dimanfaatkan untuk berwirausaha.

Mengapa bisnis di lingkungan perumahan baru sangat menguntungkan?

Tentu saja karena Anda belum memiliki banyak saingan di permukiman yang masih terbilang sepi. Jadi, Anda tak perlu ragu mewujudkan satu dari tujuh ide bisnis ini bila sekarang Anda tinggal di lingkungan perumahan baru:

Toko Kelontong

Para tetangga Anda tak akan kerepotan membeli barang-barang kebutuhan bila ada toko kelontong yang jaraknya dekat. Apalagi jika belum ada minimarket di sekitar permukiman tersebut. Anda bisa memanfaatkan momen untuk membuka toko kelontong. Siapkanlah berbagai barang kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan, kosmetik, produk pembersih, dan peralatan rumah tangga lainnya.

Toko Bahan Bangunan

Lingkungan perumahan baru juga identik dengan aktivitas membangun rumah. Mungkin banyak tetangga Anda yang berniat merenovasi rumah sebelum menempatinya. Jadi, membuka toko bahan bangunan merupakan ide yang cemerlang. Meskipun modalnya terbilang besar, Break Event Point (BEP) atau balik modal dalam bisnis ini relatif cepat.

Agen Gas Elpiji dan Air Isi Ulang

Bisnis agen gas elpiji dan air isi ulang juga memiliki omset besar. Terutama bila Anda merintisnya di lingkungan perumahan baru yang minim saluran air. Nanti, tetangga Anda tak perlu repot-repot membeli gas elpiji dan air isi ulang. Karena Anda bisa menyiapkan layanan pesan antar yang praktis.

Loket Pembayaran Kredit dan Tagihan

Jika belum ada minimarket atau fasilitas umum lainnya di sekitar perumahan baru, bisnis loket pembayaran juga tak kalah menguntungkan. Orang-orang yang ingin membayar tagihan listrik, air, telepon, atau angsuran kredit jadi tak perlu repot-repot pergi ke tempat yang jauh. Meskipun keuntungannya per transaksi relatif kecil, Anda bisa mengumpulkan total keuntungan besar bila sudah memiliki banyak pelanggan.

Apotek

Jangan menyia-nyiakan kemampuan Anda sebagai seorang apoteker. Tinggal di lingkungan perumahan baru adalah momen yang tepat untuk merintis bisnis apotek. Agar tetangga dan orang-orang yang tinggal di sekitar permukiman tersebut tidak kesulitan menebus resep dokter. Di samping itu, apotek juga kerap diandalkan untuk membeli vitamin, drugstore product, dan alat-alat kesehatan.

Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner adalah salah satu bidang bisnis yang tak pernah sepi peminat. Lingkungan perumahan baru yang sepi membuat bisnis kuliner Anda minim saingan. Jadi, Anda bebas berkreasi dengan aneka menu lezat yang harganya terjangkau. Variasi masakan ala rumahan atau menu ala Padang merupakan ide yang tepat. Karena jenis makanan tersebut biasanya disukai semua orang dan menjadi kebutuhan sehari-hari. Bukan mustahil bila nanti bisnis kuliner Anda berkembang menjadi jauh lebih besar jika sudah memiliki banyak pelanggan.

Bengkel

Jumlah pengguna kendaraan bermotor yang terus meningkat adalah peluang emas untuk merintis bisnis bengkel. Anda bisa membuka bengkel motor atau mobil sesuai kemampuan. Promosi bengkel biasanya bisa berlangsung dari mulut ke mulut bila banyak pelanggan yang puas dengan pelayanan Anda. Bisnis bengkel reparasi juga berpotensi besar untuk dikembangkan menjadi bengkel modifikasi.

Urusan keuangan bisnis kecil-kecilan memang bisa dikelola secara konvensional. Namun, Anda harus menyiapkan sistem pengelolaan keuangan yang lebih teratur bila bisnis Anda berkembang pesat. Anda bisa mempercayakan pengelolaan pencatatan keuangan dengan menggunakan software Accurate Lite. Karena software Accurate online memiliki berbagai fitur pengelolaan keuangan sederhana dan mudah digunakan oleh pemilik bisnis kecil seperti bisnis-bisnis yang telah disebutkan di atas.

Accurate Lite, merupakan aplikasi sederhana yang khusus bisa digunakan pada telepon genggam Anda. Jadi jika Anda ingin itung pembukuan usaha Anda, tak perlu Anda harus melakukannya di komputer. Cukup dari genggaman Anda, pembukuan Anda pun ada dalam genggaman.

Proses pengelolaan penjualan, pembelian, biaya, kas/bank, stok dan laporan bisnis akan semakin sistematis dan terarah dengan Accurate Lite. Anda pun bisa memberlakukan prinsip efisiensi modal pada bisnis tersebut. Sekarang mari siapkan modal dan perencanaan agar bisa segera merintis bisnis di lingkungan perumahan Anda yang baru.