7 Siasat Mengatur Keuangan Usaha, Point 4 Wajib Dilakukan!
June 12, 2018

6 Kiat Agar Akun Instagram Bisnis Anda Sukses untuk Branding

Instagram saat ini menjadi media sosial yang digandrungi oleh brand, influencer hingga masyarakat luas. Dengan kemudahan dan tampilan yang sangat user friendly membuat Instagram saat ini menjadi incaran para pemilik brand untuk membangun dan mengembangkan produk.

Namun, jika dijadikan sebagai media untuk bisnis, tidak mudah mengelola Instagram untuk dijadikan satu cara media promosi bagi bisnis Anda. Anda harus menggunakan kiat-kiat sederhana untuk bisa mendapatkan banyak followers hingga mendapatkan banyak penjualan dari Instagram.

Tips Sederhana Memanfaatkan Instagram untuk Bisnis

Tentukan Tema dan Warna

Masalah visual pada konten-konten yang akan Anda upload di Instagram bisnis haruslah menggambarkan sebuah ciri khas tersendiri. Tentukanlah tema yang sesuai dan konsisten dengan brand Anda. Ketika Anda memposting, maka tema tersebut haruslah ada dalam setiap postingan.

Begitupun pada filter, ketika Anda akan memposting sebuah foto usahakan filter yang digunakan adalah filter yang sama. Jangan selalu membeda-bedakan filter pada foto yang Anda posting. Dengan filter yang selalu sama, ini akan menjadi style sendiri bagi tampilan produk Anda.

Subjek yang Akan Di Posting

Subjek konten yang akan Anda posting tentunya haruslah menyesuaikan dengan brand yang Anda jual. Jangan sampai, konten pada akun Instagram bisnis Anda memiliki berbagai macam postingan dan postingan tersebut tidak sesuai dengan brand atau produk Anda.

Jika Anda memiliki sebuah cafe, tentunya yang Anda posting adalah foto-foto suasana cafe Anda serta menu-menu yang akan Anda tawarkan kepada calon-calon customer milik Anda. Kalau Anda berjualan spare parts kendaraan, tentunya foto-foto spare parts kendaraanlah yang Anda posting.

Namun tidak ada salahnya sekali-kali Anda memposting sesuatu yang tidak berkaitan dengan bisnis Anda, misal foto ucapan hari raya atau kata-kata motivasi yang bisa menarik audien Anda tentunya.

Jangan Anggap Remeh Caption

Instagram bisnis bukan hanya sekedar visual yang menarik saja. Meskipun visual sudah menarik, Anda tetap harus menyiapkan caption yang menarik untuk memikat audien yang akan jadi calon pembeli Anda. Caption yang baik pada Instagram haruslah menyisipkan kalimat-kalimat copywriter yang baik juga.

Manfaatkan Fitur Instagram Story

Instagrams Story menjadi salah fitur yang cukup diminati oleh para pengguna Instagram. Untuk mengenalkan produk maupun brand, jangan menyia-nyiakan fitur yang bagus ini. Karena hampir semua pengguna Instagram saat ini lebih sering melihat instagram story dibandingkan harus selalu scroll ke bawah untuk melihat-lihat gambar. Buatlah konten yang kreatif dan membuat takjub para audien Anda.

Jangan Lupa Hashtag

Selain caption, hashtag sangat penting untuk digunakan oleh produk dan brand Anda. Tak perlu menjadikan nama usaha Anda sebagai hashtag, tapi buatlah hashtag yang menggambarkan produk atau brand Anda. Sehingga membuat customer Anda membuat hashtag yang sama dengan Anda.

Hashtag pada instagram memiliki beberapa fungsi, salah satunya untuk meningkatkan engagement pada calon-calon customer Anda. Selain itu, hashtag menjadi satu cara yang memudahkan pelanggan untuk mencari konten pada brand yang Anda miliki.

Membuat Jadwal Waktu Posting

Waktu ini sangat penting. Dengan berbagai postingan yang Anda tampilkan pada Instagram bisnis milik Anda, engagement menjadi tujuan akhir Anda pada Instagram bisnis. Selain itu, dengan waktu posting yang tepat bisa menjadi salah satu cara agar Anda bisa mendapatkan konsumen yang tepat. Cobalah lakukan beberapa penelitian dengan mencari tahu kapan waktu ideal untuk Anda melakukan postingan. Apakah saat pagi hari, siang hari, sore ataupun malam. Coba bandingkan waktu kapan yang menghasilkan cukup banyak engagement dan pembelian.

Apakah Anda sudah memiliki akun bisnis di Instagram? Jangan salah, akun bisnis bukan sekedar menceritakan profil usaha Anda seperti layaknya akun pribadi. Umumnya, pemilik usaha hanya membuatkan akun pribadi namun mengisinya dengan konten-konten usahanya.

Tentu saja hal tersebut tidak salah, namun beralih dari jenis akun pribadi ke akun bisnis akan lebih tepat dan menguntungkan usaha Anda.

Membuat Akun Instagram Bisnis

Di Instagram, Anda dapat memiliki akun bisnis dengan fitur dan dukungan yang lebih keren. Bukan hanya keren, fitur-fitur tersebut memudahkan bisnis Anda berkembang, misalnya dukungan untuk beriklan langsung ke target pasar. Beda dengan akun biasa!

Penasaran? Mari membuat akun bisnis dan melihat sendiri fitur yang diberikan Instagram untuk para pemilik usaha.

Berikut ini Antijobless.com telah menyiapkan tutorial membuat akun bisnis di Instagram untuk Anda. Yuk, simak!

  1. Pastikan Anda telah memiliki hal-hal berikut ini:
    1. Aplikasi Instagram di smartphone Anda
    2. Akun Instagram usaha Anda yang akan dijadikan akun bisnis
    3. Akun Facebook usaha Anda yang telah memiliki fanpage
  2. Buka aplikasi Instagram, lalu masuk ke dalam akun usaha Anda.
  3. Masuk ke Setting. Caranya, tampilkan profil dengan mengklik icon foto akun Anda di kanan bawah. Kemudian klik icon tiga titik di sudut kanan atas untuk mengakses Pengaturan.
  4. Pilih Switch to Business Account untuk mendaftarkan akun usaha Anda sebagai akun bisnis.
  5. Instagram akan menampilkan ucapan selamat datang untuk Anda. Klik Continue untuk melanjutkan.
  6. Tautkan akun Facebook usaha Anda dengan akun Instagram ini. Klik Choose Page untuk menghubungkan dan ikuti panduan selanjutnya.
  7. Pilih kategori yang sesuai dengan usaha Anda. Contohnya, jika usaha Anda memproduksi produk atau menawarkan jasa, pilih Product/Service. Jika usaha Anda menjual produk tertentu, pilih Shopping & Retail.
  8. Masukkan data-data kontak usaha Anda. Jangan khawatir, data ini akan ditampilkan dalam bentuk tombol di halaman profil Instagram untuk memudahkan pengguna lain menghubungi Anda. Jika usaha Anda hanya berupa bisnis online yang tidak memiliki toko fisik, tidak apa-apa. Kosongkan kolom Address dan isikan email serta nomor telepon saja.

Selesai! Akun Anda sudah berubah menjadi akun bisnis. Mudah dan cepat, bukan? Kini, perhatikan perbedaan yang diberikan Instagram untuk akun bisnis.

  1. Di halaman profil, kini tersedia keterangan kategori usaha di bawah nama usaha Anda. Informasi ini memudahkan pengguna mengetahui apakah bisnis Anda adalah yang mereka butuhkan.
  2. Sebelum menampilkan foto, tersedia tombol kontak bisnis. Semua informasi email, nomor telepon, dan alamat telah disediakan dengan tampilan yang mudah dan cepat diakses. Tombol-tombol kontak ini memudahkan pengguna Instagram dan calon pelanggan menghubungi usaha Anda. Memudahkan pengguna menghubungi Anda adalah cara terbaik untuk membangun relasi, bukan?
  3. Di bagian atas, terdapat icon Insight untuk analisa perkembangan akun Instagram.
  4. Di bawah jumlah posting, kini terdapat tombol Promote yang memudahkan Anda beriklan melalui Sponsored Ads di Instagram.

Nah, demikian tutorial membuat akun bisnis di Instagram yang Antijobless.com sajikan khusus untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Imaniar Hanifa
Imaniar Hanifa
Blogger Contributor