6 Crazy Rich Indonesia yang Bisa Jadi Inspirasi!
September 18, 2018
5 Tips Mengelola Arus Kas Untuk UKM Secara Tepat dan Cepat!
September 24, 2018

6 Keuntungan yang Akan Diraih Saat Merintis Bisnis di Usia Muda

Tak pernah ada kata terlalu dini untuk memulai bisnis. Justru Anda harus memulai bisnis secepat mungkin agar bisa segera meraih kesuksesan. Memang tak ada salahnya mengawali karier sebagai seorang karyawan. Namun, jangan lupa mewujudkan cita-cita untuk memiliki bisnis sendiri.

Zaman sekarang banyak yang merasa bahwa pendapatan jangan hanya dari gaji. Namun, harus bisa memiliki penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang terus meningkat setiap tahunnya. Apa lagi jika usia masih muda bahkan masih fresh graduate, sepertinya berbisnis menjadi satu jalan yang tepat untuk mendapatkan uang.

Ketika usia kamu masih muda, Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan dari berbisnis di usia muda. Anda bisa memperoleh enam keuntungan berikut ini bila merintis bisnis di usia muda:

Masih Mempunyai Banyak Energi

Bukan rahasia lagi bahwa ketahanan fisik seseorang cenderung terus menurun seiring dengan bertambahnya usia. Bila Anda merintis bisnis sejak masih muda, Anda punya banyak energi untuk mengurus bisnis Anda maksimal. Kendala kesehatan tak akan menghalangi Anda untuk memajukan bisnis. Bahkan, energi yang besar membuat Anda mampu merintis bisnis sambil menekuni pekerjaan utama.

Belum Memiliki Beban Finansial yang Besar

Ketika masih muda, biasanya orang tidak memiliki beban finansial yang besar. Terutama jika Anda belum berkeluarga. Beban untuk membiayai kehidupan keluarga tak akan membuat Anda ragu mengambil keputusan finansial yang besar. Anda bisa memaksimalkan penggunaan tabungan untuk merintis bisnis yang Anda inginkan. Rencana bisnis pun dapat dijalankan sesuai ekspektasi Anda.

Mudah Mempelajari Teknologi Baru

Seiring bertambahnya usia, biasanya seseorang akan semakin kesulitan mempelajari teknologi baru. Hal tersebut bisa menghambat pengembangan bisnis secara keseluruhan. Karena bidang bisnis modern menuntut Anda untuk peka terhadap perkembangan teknologi. Ketika masih muda, mayoritas orang lebih terbuka terhadap perubahan teknologi. Sehingga teknologi mutakhir bisa diaplikasikan demi perkembangan bisnis.

Salah satu teknologi penting yang harus dikuasai pebisnis modern adalah software pembukuan. Kini, Anda bisa mengandalkan Accurate Online untuk mengatur urusan finansial bisnis secara praktis. Accurate Online bukan hanya cocok bagi pebisnis muda, melainkan juga mudah digunakan oleh para pebisnis senior.

Sistem software yang canggih dan mudah diintegrasikan dengan aplikasi lain, bahkan bisa dintegrasikan ke e-commerce ke tiga marketplace besar di Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee akan mempermudah proses transaksi pada marketplace.

Anda bisa membuat laporan keuangan, mengurus pajak, menghitung persediaan barang, dan menyelesaikan urusan lainnya secara mudah dengan mengandalkan Accurate Online. Pengelolaan keuangan bisnis akan berlangsung secara transparan tanpa menyita banyak waktu Anda.

Kesempatan Besar untuk Membangun Banyak Relasi

Salah satu hal yang tak boleh luput dari perhatian pebisnis adalah relasi. Seorang pebisnis sukses biasanya memiliki banyak relasi dengan sesama pebisnis dan pihak-pihak lainnya. Ketika Anda merintis bisnis selagi muda, Anda berkesempatan membangun banyak relasi dari kalangan teman sekolah, rekan kerja, dan kenalan-kenalan dekat lainnya.

Jalinan relasi bisnis tersebut akan memberikan banyak pengetahuan baru bagi Anda. Bukan mustahil bila Anda mendapatkan peluang bisnis yang lebih besar dari jalinan relasi yang Anda miliki. Kesempatan ini tak boleh Anda sia-siakan!

Tak Mudah Menyerah Saat Mengalami Kegagalan

Anak muda yang mengalami kegagalan masih punya banyak waktu untuk memperbaiki diri. Termasuk ketika mengalami kegagalan dalam bisnis. Ada proses panjang yang harus dilewati untuk menjadi seorang pebisnis sukses. Jika gagal di usia muda, Anda masih punya kesempatan mengumpulkan uang dan merintis bidang bisnis lainnya. Belajar dari kegagalan akan membuat Anda menjadi semakin matang dan cermat.

Bisa Meraih Kemerdekaan Finansial di Usia Senja

Sukses merintis bisnis di usia muda akan membuka peluang besar untuk meraih kemerdekaan finansial di usia senja. Sebab Anda punya kesempatan menabung dan berinvestasi sedini mungkin. Kalau Anda pandai mengelola finansial ketika berbisnis, kemungkinan besar Anda bisa meraup keuntungan besar dengan jumlah yang terus meningkat. Selain digunakan untuk mengembangkan bisnis, keuntungan tersebut juga dapat menunjang kemerdekaan finansial Anda secara stabil.

Jadi, enam alasan tersebut pasti membuat Anda semakin yakin merintis bisnis di usia muda, kan?

Jangan tunda lagi rencana bisnis Anda. Mari menggeluti bidang bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda mulai sekarang!