Berusia Dibawah 50 Tahun! 3 Sosok Pengusaha Muda Indonesia yang Bisnisnya Cemerlang di 2017
December 19, 2017
Udah Siap Bikin Laporan Akhir Tahun? Dokumen dan Laporan ini Wajib Disiapkan!
December 19, 2017

6 Fakta Mengenai Madhang.id, Marketplace Masakan Rumahan Buatan Kaesang

Apa yang Anda lakukan ketika ada yang menantang Anda untuk mendirikan sebuah bisnis? Apakah Anda akan menerima tantangan tersebut, atau Anda malah berkeluh bahwa hal tersebut tidak mungkin Anda lakukan. Tetapi berbeda dengan putra bungsu orang nomor satu di Indonesia, Kaesang Pangarep yang ditantang oleh ayahnya, Joko Widodo untuk mencari cara agar memajukan UMKM di Indonesia.

Tantangan yang diberikan oleh sang ayah pun akhirnya dijawab oleh Kaesang, meskipun ia mendirikan sebuah bisnis dengan bekerja sama dengan mahasiswa universitas di Semarang. Apa sih yang dibangun oleh Kaesang?

Kaesang sebenarnya sudah memiliki beberapa bisnis yang ditekuninya. Bisnis tersebut terdiri dari kuliner dan juga bisnis clothing. Yakni clothing dengan merk Sang Javas yang identik dengan kecebong. Selain itu, Kaesang memiliki bisnis lain di bidang kuliner yang sedang hits, yakni pisang nugget dengan nama produk Sang Pisang.

Bisnis Kaesang Untuk Menjawab Tantangan Ayahnya

Pesatnya perkembangan bisnis digital di Indonesia menjadi lirikan Kaesang untuk menjawab tantangan sang ayah. Ayahnya menantang Kaesang agar ia bisa membangun bisnis yang dapat memajukan bisnis UKM di Indonesia. Pertumbuhan UKM di Indonesia memang bertumbuh cukup pesat, namun banyak UMKM di Indonesia yang belum memanfaatkan dunia digital untuk melebarkan sayap bisnis mereka.

Yah memang sangat jarang sekali, seorang anak menerima tantangan bisnis dari sang ayah. Namun Kaesang tidak demikian. Ia malah menjawab tantangan tersebut dengan bijak dan senang hati. Bahkan Kaesang mencari partner untuk bersama-sama membangun bisnis tersebut.

Kolaborasi antara Bisnis Rumahan dan Start Up

Untuk menjawab pertanyaan sang ayah, Kaesang akhirnya mendirikan start up yang fokus untuk menjualkan masakan rumahan yang di produksi oleh ibu-ibu. Start Up ini bisa diakses melalui aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store.

Mengapa Kaesang memilih masakan rumahan? Menurut Kaesang, masakan rumahan lebih digemari dibandingkan dengan makanan yang berasal dari luar negeri. Pasalnya, makanan rumahan lebih digemari karena kualitas kesehatannya terjamin, dibandingkan dengan makanan fast food.

Hal ini lah yang membuat Kaesang memilih membangun Madhang.id bersama-sama dengan mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Jawa Tengah.

Ingin Membantu Ibu Rumah Tangga Mendapatkan Penghasilan

Madhang membantu ibu rumah tangga

Membantu ibu rumah tangga memiliki penghasilan

Apa yang dilakukan oleh putra bungsu Jokowi ini patut diacungi jempol. Sebab, ia memiliki niat yang cukup mulia. Yakni dengan membantu ibu-ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaan agar memiliki pendapatan, dengan menjual masakan yang dibuatnya melalui aplikasi Madhang.id.

Dengan menyasar para ibu-ibu atau para anggota PKK, Kaesang ingin ibu-ibu tidak hanya menggosip saja, apa lagi jika mereka harus menyebarkan berita hoax menggunakan smartphonenya. Dengan memiliki smartphone, ibu-ibu bisa mengolah resep makanan yang ia miliki dan dijual kembali untuk tambahan uang jajan bagi anak-anaknya.

Untuk tahap awal, aplikasi Madhang.id belum akan disebar keluar dari kota Semarang. Karena pada tahap awal, aplikasi ini hanya di mulai dari kota Semarang. Belum dicoba untuk kota-kota lainnya. Namun jika antusias di kota lain begitu tinggi, maka aplikasi ini akan dicoba untuk hadir di kota lain.

Sudah Didampingi Telkom

Aplikasi Madhang buatan Kaesang bersama mahasiswa Udinus ini sudah mendapatkan pendampingan bersama dengan tim Telkom. Tim Telkom sudah mengunjungi Udinus dan sudah menjalin nota kesepahaman terkait dengan pendampingan Madhang. Pihak Telkom akan membantu untuk pengembangan digitalisasi serta smart bussiness.

Memiliki Fitur Pembayaran

Dalam pengembangan kedepannya, Madhang akan memiliki sistem pembayaran dengan sistem cash atau uang elektronik dengan nama Madhang Pay (mangpi). Diharapkan dengan pola yang dimiliki, Madhang bisa semakin diminati oleh para ibu-ibu dan masyarakat luas.

Menjadi Marketplace

Madhang menjadi marketplace masakan rumahan

Menjadi marketplace masakan rumahan. foto: 10best.com

Madhang.id akan menjadi Marketplace yang menyediakan berbagai jenis masakan rumahan. Situs ini akan menjadi tempat ibu rumah tangga untuk menjajakan masakan yang ia buat. Karena berbentuk Marketplace, Madhang.id bisa dicoba oleh para pedagang kaki lima yang ingin ikut andil dalam berjualan.

Madhang.id diperuntukan bagi mereka yang ingin mencicipi masakan rumahan. Apa lagi, masakan yang dibuat merupakan masakan hasil kreasi dari para ibu-ibu dengan sistem pre order. Bagi para penjual, sebelum menjual masakan di Madhang.id bisa melakukan upload foto masakan yang akan dijual.

Itulah beberapa fakta tentang Madhang.id, aplikasi marketplace masakan rumahan yang didirikan oleh Kaesang Pangarep sebagai jawaban dari ayahnya. Meskipun ide ini adalah milik, Kaesang, tetapi untuk posisi CEO dipegang oleh Maulana Bayu Samudra. Sedangkan Kaesang sendiri mengisi posisi marketing.

Pelajaran dari Kaesang, ketika mendapatkan sebuah tantangan untuk mendirikan sebuah bisnis. Maka Anda harus mencobanya, jangan pernah mengatakan ‘tidak bisa’ padahal Anda sendiri belum mencoba. Tak perlu takut gagal, gagal adalah sebuah pelajaran berharga. Jika Anda mendapatkan kegagalan satu kali, maka Anda harus terus mencoba hingga keberhasilan menghampiri Anda.

Apa bila Anda mendapatkan tantangan, maka cobalah untuk menerima tantangan tersebut. Jangan pernah takut untuk mencoba. Karena kegagalan yang sesungguhnya adalah takut dalam mencoba tantangan. Jadi jangan takut mencoba, dan teruslah belajar untuk meningkatkan skill Anda.

 

AOL Solusi Pembukuan Usaha

Iskandar Rumi
Iskandar Rumi
Mantan wartawan yang hijrah menjadi SEO writer & content writer